Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast
Results 1 to 10 of 24

Thread: umpan nila air payau

  1. flyfishing6874's Avatar
    flyfishing6874 is offline RegularFishy flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough
    Real Name
    L-din arhanandhita
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    jember - jawa timur
    Posts
    151

    umpan nila air payau

    mohon pencerahannya para master....
    saya anggota baru nih... seneng bisa gabung ... di muara sungai di daerah gending probolinggo banyak banget ikan nila (luberan dari tambak sekitarnya) ukurannya gede2 1 ampe 2 kiloan . tapi sulitnya minta ampun klo dipancing. dari cacing, pelet dan lumut bahkkan udang udah dicobak ..tetep memble ..minta saran om.... biyasanya saya mancing pake pelampung..
    Last edited by sigit_susilo; 20-04-2011 at 19:31. Reason: edit judul

  2. flyfishing6874's Avatar
    flyfishing6874 is offline RegularFishy flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough
    Real Name
    L-din arhanandhita
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    jember - jawa timur
    Posts
    151

    maap judulnya kliru yang bener " umpan nila air payau " .....

  3. Rm_jaki's Avatar
    Rm_jaki is offline RegularFishy Rm_jaki is on a distinguished road
    Real Name
    antonius jeki
    Join Date
    May 2010
    Location
    yogyakarta
    Posts
    180

    kayanya kalo saya mancing nila pake cacing merah dah jos dehh..apalagi di sian2 hari panas panas...

    ato coba peletnya di campurin tepung panir..siapa tau joss..hehe..salam.

  4. tulang-gober's Avatar
    tulang-gober is offline RegularFishy tulang-gober is on a distinguished road
    Real Name
    Agus Monang
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Sukamara - Kalimantan Tengah
    Posts
    133

    Ikut nyimak ya..
    0857 5237 9270

  5. bahtiar2010's Avatar
    bahtiar2010 is offline RegularFishy bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of
    Real Name
    bahtiar efendi
    Join Date
    Jun 2010
    Location
    gresik
    Posts
    941

    Maaf, sebenarnya.. umpan cacing bener kata mas Jaki.. cacing uda amat jos buat ikan muajir dan nila terutama yang berada di payau dan sungai.. mungkin panjengan caranya aja yg kurang pas... say pernah mengalami hal seperti itu tp sekarang sudah g lagi.. dimn ada mujaer dan nila dstu ikannya nyankut pancing... terlepas hasilnya besar atau kecil lho ya... coba kaloupun pakai pelampung jangan pancing tunggal.. pakai pancing kumis dengan 2 atau tiga rangkaian yang jarakanya gak renggang, kira antar kumis lebarya sejengkal... pakai pancing kecil saja cari yang bentuknya pipih dan tipis.. (pasti tajam).. trus timahnya jangan besar kalo sebesar kedelai kebesaran.. coba pakai ukuran pluru senapan angin 41/2 mm.. itu uda cukup... mancingnya jangan ditengah amat deket2 dengan rumputan pinggiran dikit... semoga mancing kali ini beruntung... dan ditunggu reportnya...

    cara ini saya lakukan dan terbukti manjur dilokasi mnapun di daerah saya... di payau di paret di telaga.. manjur.... boleh dicoba mas.. semoga bisa membantu..

    salam gentak dr gresik.. dan salam kenal..

  6. shenx is offline RegularFishy shenx is on a distinguished road
    Real Name
    coni
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    bantul
    Posts
    21

    klo kata temenku make umpan rumput kalanja (suket kolonjono nggo pakan sapi) untuk mancing nila
    jorannya panjang 3 meteran biar nilanya ga liat orang yg mancing
    rangkaian pake pelampung biasa. pake 2 pancing dipasang diujung rumputnya
    itu kata temenku. tp lom nyoba karna lom musim disini

  7. badrun is offline ProbationFishy badrun is on a distinguished road
    Real Name
    Yonny Widya
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    jakarta utara
    Posts
    2

    buat beberapa lobang berdiameter kira2 30 cm... biasanya nila suka tempat seperti itu. Pake umpan dasar aja selain lumut. Umpan cacing atau pelet, bahkan bisa juga pake gabus.. ini alternatif terakhir jika cara lainnya gak bisa om..

    salam kenal..

  8. innoth's Avatar
    innoth is offline RegularFishy innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute
    Real Name
    -= andrie =-
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Bueitenzorg..Paris van Java
    Posts
    3,475

    coba pake serangga yg kira2 ada di sekitar ..
    misal seraru..

    Tapi kunci nya kalo menurut saya yg niubie ini, mancing di area luas, mending ngumpulin ikan nya dulu om..
    coba di bom pake pelet+dedak..

    Mudah2an kalo udah ngumpul, pake cacing jg mau..
    -= www.mixobsession.blogspot.com =-

  9. bmoer's Avatar
    bmoer is offline RegularFishy bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute
    Real Name
    bara
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,329

    Quote Originally Posted by flyfishing6874 View Post
    mohon pencerahannya para master....
    saya anggota baru nih... seneng bisa gabung ... di muara sungai di daerah gending probolinggo banyak banget ikan nila (luberan dari tambak sekitarnya) ukurannya gede2 1 ampe 2 kiloan . tapi sulitnya minta ampun klo dipancing. dari cacing, pelet dan lumut bahkkan udang udah dicobak ..tetep memble ..minta saran om.... biyasanya saya mancing pake pelampung..
    Muara sungainya arusnya deras ngga pak...?, Kalau deras biasanya ikan nila ada di bagian yang arusnya ngga deras, seperti di pinggir-pinggir atau tempat air berputar karena tertahan tumpukan sampah atau akar-akar pohon. Dan biasanya juga bukan di tempat yang terlalu dalam. Memang mancing ikan nila di sungai berarus ngga semudah di danau atau di rawa. Kalau umpannya cacing dan lumut sudah cukup , cuma mungkin bisa di coba pake cacinya yang badannya lunak seperti cacing merah atau cacing sampah, dan pasang di kailnya ( kail dan senar ikatnya jangan besar-besar yang halus tapi kuat, kail no. 6 atau 7 ) . di ujungnya saja, jadi di biarkan sisa cacingnya menjulur dan bisa bergerak-gerak . Semoga berhasil pak.....salam.

  10. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,077

    kalo daerah muara coba pakai cacing laut (yg ada kaki2nya)

    seraru yg di kata oleh kang innoth itu adalah laron.....

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast

Similar Threads

  1. Umpan Jitu Bawal Galatama Air Tawar
    By cavalleras in forum FishyBait
    Replies: 11
    Last Post: 16-02-2011, 12:52
  2. Tanya Umpan Mujaer Nila
    By Lucky Man in forum FishyBait
    Replies: 8
    Last Post: 26-10-2010, 11:56
  3. Umpan Mancing Nila Apaan?
    By ssanjaya in forum FishyPond
    Replies: 46
    Last Post: 26-08-2007, 09:36
  4. Lumut sawah untuk umpan Nila
    By candra in forum FishyWild
    Replies: 26
    Last Post: 19-06-2006, 16:01
  5. UMPAN BUATAN SPECIAL AIR TAWAR ????
    By metzad in forum FishyPond
    Replies: 4
    Last Post: 21-01-2006, 02:06

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts