Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 16

Thread: Teknik mancing nila lobang

  1. hampala's Avatar
    hampala is offline Hampala Hunter hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute
    Real Name
    Soni / Adi Wisaksono
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Magelang
    Posts
    4,598

    Teknik mancing nila lobang

    Ini saya nemu thread yg bagus di milis ikan Mas...
    ini layak dikembangkan juga karena termasuk lure fishing.. he3...
    Mas Bst ama Mas Satryo juga anggota ff juga.. kalo mau tanya2 ama mereka aja..

    From: "Satryo Widiarto" <satryo.widiarto@xxx.co.id>

    Berhubung banyak yang nanya soal cara mancing mujair pake styrofoam ini saya kasih postingan mas bst dan mas sulis mengenai mancing mujair lobang. Selamat Menikmati

    Mas BST
    Mancing Mujair Lobang
    Teorinya gini: ikan mujaer kalau sudah agak besar kan perlu bertelur atau minimal membuat sarang atau lebih betahlah gitu berdiam di rumah daripada keluyuran di jalanan (nanti dikira ABG lagi). Nah, biasanya mereka bikin sarang dengan cara membuat lobang dengan cara memindahkan tanah atau sampah di lumpur. Mereka juga biasanya udah segan makan makanan cepat saji seperti lumut atau cacing (udah banyak pengetahuan soalnya). Nah menjadi tugas kita sebagai pemancing untuk menaklukannya, kan? Oleh karena itu, salah satu caranya adalah menggodanya atau mengotori sarangnya dengan barang yang mencolok, yaitu umpan. Makanya dipakai umpan gabus (sterofoam) berbentuk bulat kecil sebesar upilnya Wira. Di samping warna putihnya mencolok, benda ini yang sudah ditancapkan di ujung kail juga cenderung akan mengganggu gerak dan kebersihan sarang ikan. Makanya ikan tertarik untuk membersihkannya. Dia hanya akan menggigit sebentar lalu memindahkan cepat2 ke luar lobang. Waktunya hanya hitungan detik, pada saat pelampung naik, kita harus gentak. Nah itu biasanya kena di mulutnya.
    Cara mencari lobang adalah seperti kita kalau di laut me"lot" tandes. Pake pelampung panjang, kita jajaki dan telusuri yg mana lobangnya. Kalau tiba2 anjlok dan naik lagi ketika kita tarik dikit, maka itulah dia tandesnya nila. Di situlah kita taruh kail yg sudah ditancap gabus di ujungnya. Kalau kebetulan di situ ada ikannya, biasanya cepat di makan. Tapi kalau lagi enggak ada, tunggu aja mungkin nanti dia masuk sarang. Atau cari sarang lain.
    Sarang bisa juga dibikin dengan teknik tertentu. (Yang ini harus lewat praktek, gak bisa ditulis). Lobang bikinan saya berhasil dimasuki ikan setelah beberapa kali uji coba bikin sarang, dan sekarang saya seperti punya kolam pribadi yang sewaktu-waktu saya lapar bisa mampir untuk ambil ikan nila alami yang rasanya sangat lezat.
    Demikian alkisah saya, semoga berguna bagi anak cucu...amien.
    Masih ada soal teknik rangkai kailnya....tapi lain kali aja kali ya? Kebanyakan entar Wira bosen...dan diban pula nanti.
    Bst

    Dari Mas Sulis
    Mancing Lobang adalah istilah mancing ikan mujair tepat di domain-nya. Mujair atau Nila dewasa terbiasa membuat sarang berupa lobang di dasar empang, yang gunanya untuk perkawinan dan memijah. Sarang ini oleh si jantan selalu dibersihkan dari segala kotoran dengan cara menggoser-goser badannya guna menyingkirkan kotoran, akibat sering di bersihkan tempat-nya otomatis menjadi lebih dalam dari sekitarnya. Inilah yg di sebut lobang.
    Cara mancing, mencari terlebih dulu lobang-lobang tersebut di perairan yang dihuni oleh mujair/nila. Untungnya ikan ini lebih memilih daerah tepian yang agak dangkal dengan kerimbunan tanaman air.
    Joran yang dipakai joran tegeg tanpa ril dan kenur sepanjang joran saja. dengan rangkaian seperti mancing ikan mas ber-pelampung, model pelampung boleh bulat atau model bulu dengan pemberat sebesar kedele. Mata kail rangkai 2 atau 3. Kalau bisa cari mata kail model jangkar payung spt yg dipakai pemancing baronang. Atau cari yang dibuat khusus untuk mancing lobang, dulu banyak dijual di tirtaloka pluit yg sekarang jadi mega mall, rangkai kail khusus ini bisa dibuat sendiri, dengan sbb:
    -Ikat pancing ukuran besar no 5 atau 6 menggunakan kenur yg sangat kaku. Bikin 4 ikatan. +-20cm
    -cari pemberat berlubang model bulat atau kerucut seukuran bemper Galatama.
    -buat keratan berbentuk X atau + pada satu sisi pemberat, untuk kerucut buat di bagian bawah. dan lubang timah adalah pusat keratan dan perlu diperbesar.
    -masukkan kenur pengikat kail pada lubang, buat panjang kenur dr mata kail ke timah menjadi max 5 cm saja dan simpulkan pada kili-kili
    -masing-masing kenur pengikat masukkan pada jalur keratan tadi dan pepatkan pakai tang atau di ketok spy arah ikatan pancing tetap keluar dan mata pancing mengarah ke atas membentuk jangkar 4 mata
    Mancing lubang tidak memerlukan umpan. Mula2 setel pelampung sepanjang kedalaman rata-rata. tenggelamkan secara perlahan ke perairan. Lihat posisi pelampungnya, pindahkan ke kanan atau kiri atau mendekat, perhatikan bila pelampung tiba-tiba tenggelam lebih dalam. bila lubangnya berpenghuni, maka si mujair akan berusaha menyingkirkan rangkai kail yang memasuki sarangnya hal ini membuat pelampung bergerak-gerak dan tinggal kecermatan pemancing dalam menggentak jorannya.
    Mudah-mudahan membantu yah....

    Regards
    Satryo Widiarto

    ini foto2 hasil perolehan Mas Bst



    Soni
    dian_wiryatmo@yahoo.co.id
    08562910578
    ym id : super_hampala

    When there is water.... there will be fish....



  2. roel's Avatar
    roel is offline RegularFishy roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future
    Real Name
    rully
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Bogor
    Posts
    2,699

    wah...emang manteeff mas soni, mujaer lobang pasti gede" gak ada yg kecil, dan tarikan nya juga kesana-kesini kalo dah kena, jangan lupa kalo nemu lubang trus masih gak di senggol" ma ikan nya kemungkinan lubang nya kotor jd gak ada yg mau masuk ikannya, coba turun dulu bersih-bersih lubang tsb, tunggu 15 menit-an, pelampung nya pasti naek ke atas atau ngegeletak dan langsung gentak.........strikee.....

  3. hampala's Avatar
    hampala is offline Hampala Hunter hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute
    Real Name
    Soni / Adi Wisaksono
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Magelang
    Posts
    4,598

    Quote Originally Posted by roel View Post
    wah...emang manteeff mas soni, mujaer lobang pasti gede" gak ada yg kecil, dan tarikan nya juga kesana-kesini kalo dah kena, jangan lupa kalo nemu lubang trus masih gak di senggol" ma ikan nya kemungkinan lubang nya kotor jd gak ada yg mau masuk ikannya, coba turun dulu bersih-bersih lubang tsb, tunggu 15 menit-an, pelampung nya pasti naek ke atas atau ngegeletak dan langsung gentak.........strikee.....

    biasa ukuran berapa kiloan sih ?? rekor Anda berapa kilo ??
    Soni
    dian_wiryatmo@yahoo.co.id
    08562910578
    ym id : super_hampala

    When there is water.... there will be fish....



  4. candra's Avatar
    candra is offline ArchAngler candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future
    Real Name
    Candra ArchAngler Son
    Join Date
    Jun 2005
    Location
    Bandung
    Posts
    2,863

    Kalau di alam spt waduk2 besar kemungkinan sangat sulit menerapkan teknik ini mas, kemungkinan kita harus turun dulu menyisir tepian air untuk mencari2 lubangnya. apalagi biasanya di waduk banyak tumbuhan terendam air, keder mas

  5. roel's Avatar
    roel is offline RegularFishy roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future
    Real Name
    rully
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Bogor
    Posts
    2,699

    Quote Originally Posted by hampala View Post
    biasa ukuran berapa kiloan sih ?? rekor Anda berapa kilo ??

    saya pernah dapet ikan mujaer paling besar sekitar +/- 6 kiloan mas soni, kondisi bukan di empang piaraan, di empang yg gak ke urus banyak eceng gondok nya, dan lempar nya gak jauh cuman semeter.

  6. vespa_77's Avatar
    vespa_77 is offline RegularFishy vespa_77 is on a distinguished road
    Real Name
    Nazar Andrian
    Join Date
    Aug 2006
    Location
    tambun-bekasi
    Posts
    40

    dimana bos lokasi mujaer 6 kg ? wah boleh tuh infonya
    ada lokasi alam yang banyak ikan mujair / nila babonnya yg lain gak?

  7. M-BEI's Avatar
    M-BEI is offline RegularFishy M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future
    Real Name
    Ki Demang Suraksomino
    Join Date
    Dec 2005
    Location
    Jakarta
    Posts
    5,474

    Boleh nambahin?

    Dari mancing lobang ini ikan rata-rata 1 kg ke atas, anggora FF ini pernah ada yg mancing lobang di cipondoh aka islah, dan saya pernah ngobrol sama pembuat pelampung ini yg notabene pioneer mancing lobang di cipondoh. Gampang2 susah memang, perlu kesabaran.

    Untuk kang candra, di waduk WGM yg merupakan waduk terluas di pulau jawa banyak di huni nila jumbo, dan ukuran lobangnya rata2 1 meter lebih, dan banyak sodara dan rekan saya mendapatkan ikan ini di WGM. Yang perlu di perhatikan adalah kita harus sudah tau seluk beluk waduk yg akan kita jadikan target, kapan pasang dan kapan surut, dimana sering terdapat spot .....

    Nah kalau mo sekali2 manen nila sama mas bst yang ajak aja beliau ke situ di daerah depok, itu pun kalau beliau masih mancing..... huahahahahahah...
    Ki Demang Nglarastenan,
    Menikmati mimpi dalam buaian rembulan Indonesia Raya
    http://nglarastenan.wordpress.com/

  8. roel's Avatar
    roel is offline RegularFishy roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future
    Real Name
    rully
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Bogor
    Posts
    2,699

    Quote Originally Posted by vespa_77 View Post
    dimana bos lokasi mujaer 6 kg ? wah boleh tuh infonya
    ada lokasi alam yang banyak ikan mujair / nila babonnya yg lain gak?

    sebulan yg lalu pernah di samperin lagi, cuman debit air nya agak surut bos. dasar nya ampir kliatan dan ikan babon nya gak tau deh pada kemana ngumpet di bawah enceng gondok kali ya. mungkin sempet kering air nya karena musim panas kmrn. kalo mau coba silahkan aja lokasi nya ada di daerah jonggol, kalo dah ada yg pernah makan di RM. jatinunggal terus aja ke arah bendungan, sebelum bendungan sebelah kiri ada lokasi rumah makan atau apalah tadinya yg terbengkalai dan ada empang nya.lokasi nya lumayan enak kok, banyak pohon kelapa tinggal nyuruh anak" tolong ambilin buat nemenin mancing. tadi nya target nya juga bukan mancing mujaer bos, mau mancing gabus. iseng" cari lobang eh dapet gede.....

  9. hampala's Avatar
    hampala is offline Hampala Hunter hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute
    Real Name
    Soni / Adi Wisaksono
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Magelang
    Posts
    4,598

    Quote Originally Posted by roel View Post
    saya pernah dapet ikan mujaer paling besar sekitar +/- 6 kiloan mas soni, kondisi bukan di empang piaraan, di empang yg gak ke urus banyak eceng gondok nya, dan lempar nya gak jauh cuman semeter.
    wah 6kg ?? segede apaan tuh ?? gurami aja yg 3 kg aja udah gede banget.. ikan segitu buat apaan ?? digoreng gak abis2 tuh.. he3..
    Soni
    dian_wiryatmo@yahoo.co.id
    08562910578
    ym id : super_hampala

    When there is water.... there will be fish....



  10. hampala's Avatar
    hampala is offline Hampala Hunter hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute
    Real Name
    Soni / Adi Wisaksono
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Magelang
    Posts
    4,598

    Quote Originally Posted by candra View Post
    Kalau di alam spt waduk2 besar kemungkinan sangat sulit menerapkan teknik ini mas, kemungkinan kita harus turun dulu menyisir tepian air untuk mencari2 lubangnya. apalagi biasanya di waduk banyak tumbuhan terendam air, keder mas
    Saya punya ide... kan Wadaslintang surutnya cepat sekali.. nah sarang2 yg seperti bekas pendaratan UFO itu dikasih tanda aja pake kayu atau apaan.. nah kalo pas pasang.. kan tinggal nyari2 tanda itu aja... tp yah nyobanya kapan2.. lebih enak hunting hampala.. ha3..
    Soni
    dian_wiryatmo@yahoo.co.id
    08562910578
    ym id : super_hampala

    When there is water.... there will be fish....



Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Teknik Mancing dan Karakter Ikan
    By ridwanrusmana in forum FishyTrick
    Replies: 4
    Last Post: 06-10-2006, 11:37
  2. Teknik mancing cumi
    By Djo in forum FishySquid
    Replies: 21
    Last Post: 20-06-2006, 18:56
  3. Mancing Nila
    By ridwan in forum FishyWild
    Replies: 6
    Last Post: 27-04-2006, 16:48
  4. Teknik Mancing Di Sanghyang
    By k1llingt1m3 in forum FishyTrick
    Replies: 2
    Last Post: 30-11-2005, 14:54
  5. Teknik mancing di Sendang Biru
    By mobie in forum FishyTrick
    Replies: 12
    Last Post: 26-07-2005, 08:40

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts