Closed Thread
Page 1 of 6
1 2 3 4 5 6 LastLast
Results 1 to 10 of 53

Thread: Umpan Jitu Untuk IKan Patin

  1. wellyxaverius's Avatar
    wellyxaverius is offline RegularFishy wellyxaverius is on a distinguished road
    Real Name
    welly
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    PASURUAN
    Posts
    7

    Umpan Jitu Untuk IKan Patin

    Salam Kenal semuanya,

    Dah sebulan nih nongkrongin forum ini, huebat elmu tambah buanyak .....
    mau sharing ni ama para suhu umpan untuk mancing ikan patin yang jitu khususnya untuk mancing di danau/alam liar, dan apa bisa pake teknik casting mengingat ni danau dalam banget pas air tinggi gini di pinggirnya kedalam bisa 7m dan banyak ganggang liar.
    tempatnya di grati pasuruan deket PLTU grati, kebetulan deket banget ama rumah mertua jadi dah 3 bulan ini mancing tiap hari sabtu, setiap mancing pulang dengan tangan hampa udah gonta-ganti ramuan umpan sampe kulit jadi gelap 3 minggu lalu beruntung naikin 1ekor (lucky I thing) pake umpan pellet ditumbuk ama minyak ikan, tapi setelah itu kosong lagi pas dapet itu pun kayaknya giliran ikannya yang apes, orang2 di sekitar milih mancing mujair yang gedenya bisa 1kiloan seekor pake lumut ato cacing karena udah nyerah patin susah banget di pancing nya
    Attached Images

  2. martinez's Avatar
    martinez is offline RegularFishy martinez will become famous soon enough
    Real Name
    martin
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    dJakarta , indonesiazzzz
    Posts
    285

    coba pake Roti tawar pak dikasih kuning telor bebek sama terasi udang sedikit.
    udah gt campurin sama pelet deh...
    regards


    Martin

  3. candra's Avatar
    candra is offline ArchAngler candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future
    Real Name
    Candra ArchAngler Son
    Join Date
    Jun 2005
    Location
    Bandung
    Posts
    2,863

    Saya pernah menggunakan umpan tombro yang wangi, dicampur santan dan ikan tongkol, hasilnya cukup memuaskan, walaupun memang patin agak susah dapetnya.
    ikan ini sangat aktif pak, sepertinya ga pernah berenti bergerak, ada juga yang menggunakan pelampung besar yg dilempar ke arah terlihatnya tenggakan patin.

  4. wellyxaverius's Avatar
    wellyxaverius is offline RegularFishy wellyxaverius is on a distinguished road
    Real Name
    welly
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    PASURUAN
    Posts
    7

    Thanks pak untuk responya minggu ini saya coba ramuanya .....

  5. dery_damn is offline RegularFishy dery_damn is on a distinguished road
    Real Name
    Jusuf Darmawanto
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Bekasi
    Posts
    56

    Quote Originally Posted by martinez View Post
    coba pake Roti tawar pak dikasih kuning telor bebek sama terasi udang sedikit.
    udah gt campurin sama pelet deh...
    Bung martinez, boleh tahu ukuran takaran bahan-bahan tersebut ?, Trims

  6. wellyxaverius's Avatar
    wellyxaverius is offline RegularFishy wellyxaverius is on a distinguished road
    Real Name
    welly
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    PASURUAN
    Posts
    7

    Pak Martinus,

    ramuan dah dicoba hari ini, tapi gak sukses apa salah komposisinya ya ?
    atau waktu mancingnya yang kurang pas, soalnya hari ini berangkat mancingnnya agak sore ....


    thanks

  7. Harjonos's Avatar
    Harjonos is offline RegularFishy Harjonos is a name known to all Harjonos is a name known to all Harjonos is a name known to all Harjonos is a name known to all Harjonos is a name known to all Harjonos is a name known to all
    Real Name
    Harjono Soesilo
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    902

    Quote Originally Posted by wellyxaverius View Post
    Pak Martinus,

    ramuan dah dicoba hari ini, tapi gak sukses apa salah komposisinya ya ?
    atau waktu mancingnya yang kurang pas, soalnya hari ini berangkat mancingnnya agak sore ....


    thanks
    Coba mancingnya pagi hari antara jam 6 - 7 pagi, saya pernah mancing ikan patin yang sulit dipancing, sampai nginep sangking penasaran, pagi hari baru mau makan. Umpan pakai pelet biasa, nggak dicampur apa - apa. Cuma bisa naikin 3 ekor, karena waktu makannya sangat singkat, setelah itu nggak makan lagi.

  8. candra's Avatar
    candra is offline ArchAngler candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future
    Real Name
    Candra ArchAngler Son
    Join Date
    Jun 2005
    Location
    Bandung
    Posts
    2,863

    Ikan patin menurut teman saya katanya lebih aktif mencari makan pada malam hari, dan dia sudah membuktikannya sendiri, hanya saja dia mancingnya di sekitar kolongan jaring terapung di cirata, mancingnya dengan cara kail digantung di kedalaman 2-5mtr.
    Kalau di alam bisa dicoba dgn menggunakan pelampung dan diberi mata bom spt cara mancing galatama, dan atau sebelumnya coba di chumming dgn pelet apung dulu supaya patinnya lebih terangsang nafsu makannya.

  9. martinez's Avatar
    martinez is offline RegularFishy martinez will become famous soon enough
    Real Name
    martin
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    dJakarta , indonesiazzzz
    Posts
    285

    Quote Originally Posted by wellyxaverius View Post
    Pak Martinus,

    ramuan dah dicoba hari ini, tapi gak sukses apa salah komposisinya ya ?
    atau waktu mancingnya yang kurang pas, soalnya hari ini berangkat mancingnnya agak sore ....


    thanks
    Waduh memang susah seh mancing patin tapi biasanya saya cuma pake itu doang. selain itu ikan patin itu suka pindah2 dah geraknya aktif jadi harus mencari tempat yang agak dalam / hampir sama dengan ikan mas
    selain itu penggunaan umpan / pakan ikan biasanya disesuaikan dengan dalamnya kolam contoh dalam kolam 5 meter kalau bisa gunakan pancing glosor karena patin itu ikan dasar
    regards


    Martin

  10. maynardhutagaol is offline RegularFishy maynardhutagaol is on a distinguished road
    Real Name
    Maynard
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Cikarang
    Posts
    6

    Susah2 gampang

    Dari yang udah2, biasanya saya pake roti isi kelapa yg saya beli di warung deket empang, disobek sebesar jempol. yang masalah sih waktu nariknya, karena patin itu aktif jadi dia nyamber umpan. jadi seperti mancing garong .

Closed Thread
Page 1 of 6
1 2 3 4 5 6 LastLast

Similar Threads

  1. Kekayaan Ikan Lokal dalam Proses Kepunahan
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 11-04-2007, 19:57
  2. Spesies Ikan Endemis Makin Langka
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 6
    Last Post: 11-04-2007, 08:34
  3. Postingkan Umpan Galatama Anda ...!!!
    By metzad in forum FishyPond
    Replies: 37
    Last Post: 16-03-2007, 08:36
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts