Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast
Results 1 to 10 of 25

Thread: Ikan Gabus dan Parasit

  1. Real Name
    Achmad S. Ruki
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Pondok Indah - Jakarta Selatan
    Posts
    2,544

    Ikan Gabus dan Parasit

    Ada info dari seorang adik saya yang dia peroleh dari Lembaga Parasitologi bahwa ikan Gabus mengandung sejenis parasit yang bila masuk ke tubuh kita dan berkembang biak dapat merusak organ tubuh. Parasit tersebut (Spargamun Manzoni?) sebenarnya biasa ditemukan di tubuh katak tetapi mungkin karena kebiasaan gabus memangsa katak maka parasit tersebut ikut pindah. Sebenarnya bila diketahui sejak dini parasit tersebut bisa segera "dibunuh" dan kita tidak perlu dirawat (mirip cacing biasa) tapi bila larva sudah berubah menjadi cacing hakus dan masuk kedalam mata dapat menimbulkan buta. Bila masuk ke otak hanya bisa di lumpuhkan melalui operasi otak, Menurut informasi tadi kasus penyakit tersebut banyak ditemukan didaerah Samatera Selatan dimana ikan Gabus dan Toman masih banyak dirawa-rawa dan danau. Oleh karena itu, bila kita masih ingin tetap makan ikan gabus dan sejenisnya (ikan malas, bloso, dsbg.) sebaiknya dimasak cukup lama dalam temperatur yang tinggi sehingga dagingnya yang putih bersih itu dapat kita nikmati dengan aman!

  2. dwihartanto's Avatar
    dwihartanto is offline RegularFishy dwihartanto is on a distinguished road
    Real Name
    Dwi Hartanto
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    BSD Tangerang
    Posts
    306

    Good info Pak,
    Pengetahuan seperti ini yang selayaknya diupdate bagi semua angler, atau bahkan untuk semua penggemar ikan. Dengan demikian kita tahu bagaimana seharusnya memasak ikan terutama gabus agar terhindar dari larva berbahaya yang berasal dari katak.
    Thanks
    Fishing is always in my mind

    Visit my blog at:
    http://www.senengmancing.blogspot.com/

  3. poets is offline RegularFishy poets is on a distinguished road
    Real Name
    poetoets
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    45

    info penting tuh om...
    thanks,,jd ngerti

  4. martinez's Avatar
    martinez is offline RegularFishy martinez will become famous soon enough
    Real Name
    martin
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    dJakarta , indonesiazzzz
    Posts
    285

    Mampus dah gw

    Padahal tadi pagi gw biss makan ikan Gabus goreng Pecak lagi

    Dibawain ma tmn gw waduh ... Moga2 kagak kenapa2 dah

    gw jadi merinding makannya lagi
    regards


    Martin

  5. Harjonos's Avatar
    Harjonos is offline RegularFishy Harjonos is a name known to all Harjonos is a name known to all Harjonos is a name known to all Harjonos is a name known to all Harjonos is a name known to all Harjonos is a name known to all
    Real Name
    Harjono Soesilo
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    902

    Quote Originally Posted by The Old Man and the Sea View Post
    Ada info dari seorang adik saya yang dia peroleh dari Lembaga Parasitologi bahwa ikan Gabus mengandung sejenis parasit yang bila masuk ke tubuh kita dan berkembang biak dapat merusak organ tubuh. Parasit tersebut (Spargamun Manzoni?) sebenarnya biasa ditemukan di tubuh katak tetapi mungkin karena kebiasaan gabus memangsa katak maka parasit tersebut ikut pindah. Sebenarnya bila diketahui sejak dini parasit tersebut bisa segera "dibunuh" dan kita tidak perlu dirawat (mirip cacing biasa) tapi bila larva sudah berubah menjadi cacing hakus dan masuk kedalam mata dapat menimbulkan buta. Bila masuk ke otak hanya bisa di lumpuhkan melalui operasi otak, Menurut informasi tadi kasus penyakit tersebut banyak ditemukan didaerah Samatera Selatan dimana ikan Gabus dan Toman masih banyak dirawa-rawa dan danau. Oleh karena itu, bila kita masih ingin tetap makan ikan gabus dan sejenisnya (ikan malas, bloso, dsbg.) sebaiknya dimasak cukup lama dalam temperatur yang tinggi sehingga dagingnya yang putih bersih itu dapat kita nikmati dengan aman!
    Wah, batal deh piara ikan gabus diempang................

  6. Real Name
    Achmad S. Ruki
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Pondok Indah - Jakarta Selatan
    Posts
    2,544

    Quote Originally Posted by Harjonos View Post
    Wah, batal deh piara ikan gabus diempang................
    Kelihatannya begitu Pak. Terpaksa makan ikan asin gabus saja. Ha, ha, ha.

  7. Real Name
    Achmad S. Ruki
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Pondok Indah - Jakarta Selatan
    Posts
    2,544

    Quote Originally Posted by dwihartanto View Post
    Good info Pak,
    Pengetahuan seperti ini yang selayaknya diupdate bagi semua angler, atau bahkan untuk semua penggemar ikan. Dengan demikian kita tahu bagaimana seharusnya memasak ikan terutama gabus agar terhindar dari larva berbahaya yang berasal dari katak.
    Thanks
    Barangkali ada yang bertanya tanya kok adik saya "iseng" cari informasi ttg parasit itu? Ceriteranya karena putranya yang tadinya bekerja di Brussel-Belgia baru 1 tahun di alih tugaskan ke Shanghai dan 2 bulan lalu jatuh sakit. Tim dokter yang memeriksanya menjelaskan bahwa salah satu penyebab sakitnya adalah parasit tersebut. Menurut dokter2 itu parasit tersebut sering ditemukan pada katak. Keponakan saya bingung sekali karena dia tidak pernah makan swike tapi dia penggemar sashimi. Rupanya sashimi yang di Shanghai ada yang berasal dari ikan yang sudah mengandung parasit. Keponakan saya sudah sembuh dan aktif kembali tapi ayahnya (adik saya) penasaran dan minta info ttg parasit tersebut dan itulah info yang diperolehnya dari para ahli!

  8. poets is offline RegularFishy poets is on a distinguished road
    Real Name
    poetoets
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    45

    Quote Originally Posted by The Old Man and the Sea View Post
    Barangkali ada yang bertanya tanya kok adik saya "iseng" cari informasi ttg parasit itu? Ceriteranya karena putranya yang tadinya bekerja di Brussel-Belgia baru 1 tahun di alih tugaskan ke Shanghai dan 2 bulan lalu jatuh sakit. Tim dokter yang memeriksanya menjelaskan bahwa salah satu penyebab sakitnya adalah parasit tersebut. Menurut dokter2 itu parasit tersebut sering ditemukan pada katak. Keponakan saya bingung sekali karena dia tidak pernah makan swike tapi dia penggemar sashimi. Rupanya sashimi yang di Shanghai ada yang berasal dari ikan yang sudah mengandung parasit. Keponakan saya sudah sembuh dan aktif kembali tapi ayahnya (adik saya) penasaran dan minta info ttg parasit tersebut dan itulah info yang diperolehnya dari para ahli!
    ohh..jd karena sering makan sashimi toh..bukannya itu makanan mentah..
    saya pernah dapet e'mail dari kawan tentang akibat makan ikan & seafood mentah.ternyata di dalam tubuh para makanan itu terdapat parasit,dan dapat mengakibatkan timbulnya ulat di dalam tubuh.
    nih gambar dari penyakit itu,mudah2an menjadi pertimbangan kalo mo makan mbok ya' yg udah mateng!!
    Attached Images

  9. hampala's Avatar
    hampala is offline Hampala Hunter hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute
    Real Name
    Soni / Adi Wisaksono
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Magelang
    Posts
    4,598

    Quote Originally Posted by The Old Man and the Sea View Post
    Barangkali ada yang bertanya tanya kok adik saya "iseng" cari informasi ttg parasit itu? Ceriteranya karena putranya yang tadinya bekerja di Brussel-Belgia baru 1 tahun di alih tugaskan ke Shanghai dan 2 bulan lalu jatuh sakit. Tim dokter yang memeriksanya menjelaskan bahwa salah satu penyebab sakitnya adalah parasit tersebut. Menurut dokter2 itu parasit tersebut sering ditemukan pada katak. Keponakan saya bingung sekali karena dia tidak pernah makan swike tapi dia penggemar sashimi. Rupanya sashimi yang di Shanghai ada yang berasal dari ikan yang sudah mengandung parasit. Keponakan saya sudah sembuh dan aktif kembali tapi ayahnya (adik saya) penasaran dan minta info ttg parasit tersebut dan itulah info yang diperolehnya dari para ahli!
    Warning buat penyuka sweeke juga nih.. selain haram.. ternyata ada penyakitnya.. hiiii....
    Soni
    dian_wiryatmo@yahoo.co.id
    08562910578
    ym id : super_hampala

    When there is water.... there will be fish....



  10. isnaeni is offline RegularFishy isnaeni is a name known to all isnaeni is a name known to all isnaeni is a name known to all isnaeni is a name known to all isnaeni is a name known to all isnaeni is a name known to all
    Real Name
    Isnaeni
    Join Date
    Sep 2005
    Location
    Jakarta - Jogja
    Posts
    1,587

    Wah sayur gabus pucung asli betawi bisa tamat deh harus ati2 jg nih

Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast

Similar Threads

  1. Ikan Lou Han atau Nyamuk Demam Berdarah...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 5
    Last Post: 12-04-2007, 22:13
  2. Kekayaan Ikan Lokal dalam Proses Kepunahan
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 11-04-2007, 19:57
  3. Spesies Ikan Endemis Makin Langka
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 6
    Last Post: 11-04-2007, 08:34
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts