Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 14

Thread: Mancing udang di Sungai

  1. uhsirait is offline RegularFishy uhsirait is on a distinguished road
    Real Name
    Untung h. Sirait
    Join Date
    Jan 2005
    Location
    Bontang. Kaltim
    Posts
    27

    Mancing udang di Sungai

    Buat bos-bos fishy forum ini terlebih dahulu saya ingin ngasih pendapat bahwa site ini cool banget.
    saya ada sedikit pertanyaan nih:
    1. Kalau mancing udang di sungai biasanya pakai rangkaian yang bagaimana yang cocok ya?
    2. Trus umpannya apa yang muannteb buat udang.
    3. Tanda-tanda kalo umpan di makan sama udang ini joran kita jadi gimana? trus cara nariknya gimana ya?

    wah baru perkenalan sudah nanya banyak ya... Terimakasih dulu deh sebelumnya.
    Untung. H. S.

  2. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    salam kenal om , are you sure mau mancing udang, setau saya udang itu di jaring bukan di pancing, atau anda pernah bisa mancing udang ceritain dong , kalau dulu waktu saya masih di denpasar saya hanya pernah nangkep lobster itupun dengan ditombak sambil nyelem

  3. uhsirait is offline RegularFishy uhsirait is on a distinguished road
    Real Name
    Untung h. Sirait
    Join Date
    Jan 2005
    Location
    Bontang. Kaltim
    Posts
    27

    bener nih bos saya pernah lihat waktu di Palembang nelayannya mancing pake perahu di sungai. Cuma ngak sempet naya gimana caranya sama umpannya apa.
    Untung. H. S.

  4. yellowfin is offline Moderator yellowfin is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    446

    Wilkomen..

    Mancing udang bisa ! apalagi udang galah yang gede dan galak nariknya. Kalo udang sungai; sejak SD udah biasa tuh, mancing pake joran/walesan tegeg ukuran kecil, kenur lembut 1 lbs max, mata kail lembut no. lupa .. pokoknya yg paling kecil/untuk mancing ikan wader... umpannya cacing sawah/lur, rangkaian pancingnya single. Tanda-tanda umpan kita dimakan udang sama seperti halnya pada saat kita mancing ikan, tap..tap..tap ngaciiiir..... Nah kunci keberhasilan mancing udang itu terletak diteknik nariknya, karena mulut udang imut banget alhasil pada waktu doi gigit umpannya dan ngacir jangan kaget dan reflek hentak joran, hook-up harus selembut mungkin dan tidak dihentak; udang akan nurut/nempel di umpan/cacing, kalau anda hentak pasti deh lepas

    Kalo udangnya untuk umpan hidup, lebih baik pake jebakan, alatnya jaring/waring yg ada pegangan segi empat di atasnya, umpannya tulang sapi dibakar trus ditaruh di tengah waring/perangkap....diamkan 10 menit kemudian angkat, lakukan berulang-ulang sampai udang anda cukup untuk umpan hari itu...

    Semoga membantu dan Terima Kasih kembali

    Tony

  5. uhsirait is offline RegularFishy uhsirait is on a distinguished road
    Real Name
    Untung h. Sirait
    Join Date
    Jan 2005
    Location
    Bontang. Kaltim
    Posts
    27

    Oooh jadi begitu ya cara mancingnya, kalo sudah hooks up pelan2 nariknya. Oke deh nanti kalo ada kesempatan mesti saya coba praktekkan. Trims atas informasinya. God I love this Site... keep up the good works
    Untung. H. S.

  6. spongebob's Avatar
    spongebob is offline RegularFishy spongebob is on a distinguished road
    Real Name
    arief
    Join Date
    Feb 2005
    Location
    Bikini Bottom
    Posts
    327

    hook

    Mas Untung
    cuma mo nabahin ...efektifnya mancing udang dgn menggunakan circle hook ukuran tergantung target undang
    Attached Images
    regards - Arief

  7. Budi_Armyn is offline RegularFishy Budi_Armyn is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2004
    Posts
    32

    Mau sharing sedikit mengenai mancing udang. Saya pernah lihat orang mancing udang galah di sungai di tepi jalan raya Serang-Pandeglang sekitar tahun 80-an. Umpannya memang cacing tanah. Di Palembang saya juga tahu ada kebiasaan mancing udang di sungai Musi.
    Di Banjarmasin, umpan yang digunakan adalah telur kumbang/tawon yang seperti kroto makanan burung.
    Kalau saya dengar dari mereka (saya sendiri belum pernah sich!), memang tidak boleh digentak, tapi harus perlahan-lahan.


    regards,


    budi armyn

  8. darwinlin is offline RegularFishy darwinlin is a jewel in the rough darwinlin is a jewel in the rough darwinlin is a jewel in the rough darwinlin is a jewel in the rough
    Real Name
    darwinlim
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    jakarta
    Posts
    214

    kalau dikampung halaman saya sih banyak yg mancing udang di Tanjung Balai Asahan. sungainya sangat lebar dan panjang. kalau dulu mau mancing ikan tinggal buka pintu belakang rumah uda bisa mancing ikan. kalau mau cari udang kecil turun kesungai pakai serokan kadang2 pakai jala. dan kadang2 ada org yg mancing penyu.

  9. javano is offline RegularFishy javano is a jewel in the rough javano is a jewel in the rough javano is a jewel in the rough javano is a jewel in the rough
    Real Name
    c louis n
    Join Date
    Aug 2006
    Location
    Jakarta
    Posts
    151

    Mancing Udang

    SALAM KENAL YA ABANG2...
    Wah! Forum yang asyik punya, ne. Moga2 punya banyak waktu ngikutin.
    Soal mancing udang, yah, temen2 dah pada betul2 pendapatnya. Joran yang lentur banget. Senar disesuaikan jenis udang. Semakin halus, semakin asyik. Mata kail khusus udang ada yang jual. Khusus krn gak pake mata kait. Jd kayak jarum untuk sunat .
    Stlh ada umpannya ya kita cemplungin aja ke air, sampai ke dasar. Tunggu bbrp menit, coba angkat pelan2 jorannya. Klo agak berat n ada tarikan ke belakang SEDUT SEDUT, nah itu udang yang makan. Gulung senar pelan2. Jgn disentak.
    Aku pernah mancing udang di sungai musi. Sayang blm beruntung walau penduduk setempat dapatnya segede pergelangan tangan orang dewasa. Makan satu aja dah kenyang, kali. Ternyata aku salah posisi. Aku mancing dekat napal, jd klo udangnya makan, udangnya pegangan napal n gak bisa dikerek ke atas.
    Tp saat mancing di yogya, sukses. Tp udangnya gak segede udang sungai musi. Paling gede sejempol tangan. Tp huenak banget rasa dagingnya dibanding ikan.

  10. bonito's Avatar
    bonito is offline RAFAC member bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future
    Real Name
    Jerry L.
    Join Date
    Apr 2006
    Location
    Jakarta
    Posts
    5,098

    Hi Guys,
    Kalau saya boleh tambahkan,
    • Joran: antenna/sambung 2 yg halus dgn ujung/tip sectionnya lentur agar sensitive kelas 2-6 lbs, panjang antara 1.3-1.8m
    • Reel : spinning utk kolam ukuran 2-8 lbs/100 m.
    • Kail : Kail khusus udang, ukuran 2-8 terbuat dari carbon dan barbless(tanpa kait diujungnya) biasanya berbentuk seperti circle hook.
    • Kenur: 2-8 lbs utk mainline pd reel dan leader ukuran 1-2 lbs
    • Timah: model telur/lonjong ukuran 5-20 gram tergantung kekuatan arus.
    • Rangkaian: glosor, 1 kail diikat ke leader ukuran 1-2lbs sepanjang 30-50cm lalu disambung ke main line menggunakan kili-kili/swivel.Tempatkan timah glosor(berlubang ditengahnya) di mainline sebelum kili-kili tanpa pelampung.
    • Umpan : Cacing Susu/cacing tanah.
    Udang galah yang besar disebut cokong di daerah Tanggerang dan Bekasi.
    Udang ini mempunyai cara makan yg unik dimana umpan akan diputar dgn menggunakan capitnya sehingga sejajar dgn panjang tubuhnya.
    Selain itu udang akan menghenjut ke belakang dengan membengkokkan tubuhnya apabila terkena pancing, oleh sebab itu joran hendaknya diangkat perlahan-lahan sambil menggulung kenur utk menghindarkan udang terlepas dikarenakan sobek mulutnya.

    Udang ini mempunyai 3 pola makan.
    1. Apabila udang galah besar > 300gr maka umpan akan langsung dilarikan dan ujung joran akan langsung menukik.
    2. Umumnya utk udang ukuran sedang sewaktu umpan dimakan leader akan dipegang dan ditarik-tarik menggunakan capitnya sehingga ujung joran akan terangguk-angguk seperti ikan kecil yg makan.
    3. Utk udang yg berukuran kecil biasanya pola makannya hampir tdk terdeteksi oleh kita, utk itu kita harus sering mengecek dengan menaikkan ujung joran dan apabila terasa berat atau ada tarikan maka umpan sedang dimakan.
    Mungkin dari teman-teman ada yg ingin menambahkan?

    Thanks
    Tight lines!
    FF id. 766

    email:
    dogol22@yahoo.com
    bonito@rafac.fishyforum.com

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Trip Mancing Di Sungai Musi Palembang
    By Najam in forum FishyTrip
    Replies: 26
    Last Post: 05-03-2007, 07:50
  2. Mancing Udang Galah
    By Didi Afandy in forum FishyTalk
    Replies: 0
    Last Post: 17-04-2006, 10:24
  3. Frustasi mancing pake umpan udang hidup
    By Devisal in forum FishyTrick
    Replies: 5
    Last Post: 03-04-2006, 11:50
  4. Mancing Baung dan Patin Di Sungai berarus
    By Chavunx in forum FishyWild
    Replies: 16
    Last Post: 01-04-2006, 09:54
  5. NAVIGASI SUNGAI
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 04-08-2005, 11:37

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts