Closed Thread
Page 3 of 6
FirstFirst 1 2 3 4 5 6 LastLast
Results 21 to 30 of 51

Thread: Ikan patin Sungai

  1. M.Antus's Avatar
    M.Antus is offline RegularFishy M.Antus is on a distinguished road
    Real Name
    m.antum
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Pkl. Kerinci
    Posts
    29

    Bung lutfi dalam sejarahnya ikan patin ini tidak pernah ada yang dapat pakai jaring, yang kena jaring hanya ikan toman,gabus,selais,sebarau dan ikan tapa para pencari ikan juga agak bingung kok engga bisa dijaring..........

  2. M.Antus's Avatar
    M.Antus is offline RegularFishy M.Antus is on a distinguished road
    Real Name
    m.antum
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Pkl. Kerinci
    Posts
    29

    Gps

    Quote Originally Posted by dayat11 View Post
    wah,problem nya sama nih,susah memancing patin sungai..saat skrg malah musim ikan juaro,lokasi mancing saya di sungai singingi,dominan ikan baung,kapiek dll..kmrn mancing malem ma temen,lumayan dpt patin 1ekor berat 3kg.umpannya roti manis mutiara (tanpa isi)di pres sampe tipis trus di potong kotak2 kira2 4x4cm,dikaitkan di kail 3-5pcs.
    sebenarnya itu umpan juaro

    bro Antus spt nya pehobi mancing nih,kasi koordinat GPS nya donk buat lubuk2 ikan yg berada di riau,btw itu koordinat GPS diatas lokasi danau sengkuang ato koordinat lokasi lubuknya?
    Iya bro itu nautikal position untuk lokasi angling saya dan team. untuk posisi danau tersebut saya belum mapping nautikal areanya

  3. tukang_unjun's Avatar
    tukang_unjun is offline RegularFishy tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all
    Real Name
    luthfi
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Tapos Depok
    Posts
    1,285

    Quote Originally Posted by M.Antus View Post
    Bung lutfi dalam sejarahnya ikan patin ini tidak pernah ada yang dapat pakai jaring, yang kena jaring hanya ikan toman,gabus,selais,sebarau dan ikan tapa para pencari ikan juga agak bingung kok engga bisa dijaring..........
    Setahu saya bisa bang, karena di Palangka Raya sering orang dapat patin dengan jaring (kebetulan, tp bisa sampai 30 kg), gini caranya : jaringnya sistim apung (pukat)jd dibentang disekitar dia muncul, jaring melebar dipermukaan bukan kedasar, kalo bisa ditaruh disekitar tempat patin biasa muncul

  4. M.Antus's Avatar
    M.Antus is offline RegularFishy M.Antus is on a distinguished road
    Real Name
    m.antum
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Pkl. Kerinci
    Posts
    29

    thans tas saranya, pi q maunya mancing aja

  5. lamun_lamun's Avatar
    lamun_lamun is offline RegularFishy lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future
    Real Name
    Syaiful rachman
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Kalimantan Selatan (South Borneo), Banjarbaru city
    Posts
    2,596

    Untuk umpan sih sudah sip aja, kalo masih belum mau makan, coba mancing malam, patin biasanya lebih aktif mancari makan saat malam hari, dan saat air mulai bergerak pasang atau air bergerak akan surut, kalo arus air sudah terlalu deras biasanya patin malas makan.
    Baru belajar memancing

  6. poe2ng is offline RegularFishy poe2ng is on a distinguished road
    Real Name
    Poe2ng
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jak-Pus , Jak-Tim , Bek-Bar
    Posts
    116

    salam Fishy...
    Bro M.Antus, ikan patin gampang2 susah yang penting umpan terasa gurih dan baux mencolok sehingga dapat menyebar dlm air (biasax manggunakan esense). Patin sebenarx tdk beda jauh dngan bawal, bedax hanya patin lbih sering b'gerak dan sering muncul d'permukaan air untk ambl udara dbnding bawal yang kuat b'lama2 d'dalam/dasar perairan. jadi lebih gampang t'tarik dngan bau. Dan apabila airx bening faktor warna dapat mempengaruhi jg...
    slamat m'coba.



    Poe2ng

  7. tukang_unjun's Avatar
    tukang_unjun is offline RegularFishy tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all
    Real Name
    luthfi
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Tapos Depok
    Posts
    1,285

    Setuju

    Quote Originally Posted by M.Antus View Post
    thans tas saranya, pi q maunya mancing aja
    Itu sekedar intermezo aja Bang Antus, tp saya setuju kalo ikan patinnya didapat dng pancing, kalo mau cari ikan kita cukup ke pasar aja, kalo mancingkan cari tarikannya. Kata orang seninya mancing adalah bagaimana caranya kita menipu ikan supaya mau makan. Dan bener kata Pak lamun2, patin lebih agresif pd waktu gelap. Saya belum pernah mancing patin di danau, tahunya cuma mancing di Sungai. Jd tekniknya mgk beda, mgkn tekniknya kayak mancing diempang, artinya ramuan umpan perlu diperhatikan. Bang, apa uda pernah coba pake kulit biji sawit?

  8. lamun_lamun's Avatar
    lamun_lamun is offline RegularFishy lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future
    Real Name
    Syaiful rachman
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Kalimantan Selatan (South Borneo), Banjarbaru city
    Posts
    2,596

    Quote Originally Posted by tukang_unjun View Post
    Dan bener kata Pak lamun2, patin lebih agresif pd waktu gelap. Saya belum pernah mancing patin di danau, tahunya cuma mancing di Sungai. Jd tekniknya mgk beda
    Iya betul sepertinya kalo mancing di sungai dan danau berbeda, karena kalo di danau airnya relatif tenangtidak ada arus dan kalo di sungai airnya berarus dan bisa di pengaruhi oleh pasang surut air, serta warna air kadang bisa berubah, kadang jernih tetapi bisa juga keruh kalo di hulu sedang banjir, tetapi menurut kata orang warna air yang baik untuk mancing patin sungai, airnya agak keruh kecoklatan.
    Baru belajar memancing

  9. tukang_unjun's Avatar
    tukang_unjun is offline RegularFishy tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all
    Real Name
    luthfi
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Tapos Depok
    Posts
    1,285

    Quote Originally Posted by lamun_lamun View Post
    Iya betul sepertinya kalo mancing di sungai dan danau berbeda, karena kalo di danau airnya relatif tenangtidak ada arus dan kalo di sungai airnya berarus dan bisa di pengaruhi oleh pasang surut air, serta warna air kadang bisa berubah, kadang jernih tetapi bisa juga keruh kalo di hulu sedang banjir, tetapi menurut kata orang warna air yang baik untuk mancing patin sungai, airnya agak keruh kecoklatan.
    Betul P.Syaiful, kalo sungai kita malah nunggu hujan lebat dan air paling tinggi, kemudian 2-3 hari lagi baru kita turun mancing, biasanya kita punya informan (cailee...) dari teman2 yg tinggal diujung2 sungai. Kalo mau mancing patin dikasongan, bisa hubungi teman saya P.Boby, dia termasuk hantu kasongan, karena tiap minggu pasti turun kesana. Beliau termasuk penggila Patin, rekor puncak patin 25 kg.

  10. Ayah's Avatar
    Ayah is offline RegularFishy Ayah is on a distinguished road
    Real Name
    arif achmadi
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Banjarmasin
    Posts
    242

    Quote Originally Posted by M.Antus View Post
    Saya tertarik sekali mancing ikan patin dan saya sudah mendapatkan spot/lubuk ikan patin di S. Kampar permasalahaannya sangat sulit sekali di pancing. saya sudah mencoba tip dan trik di forum ini :

    1. Jenis pancing no. 7 Gamakatsu
    2. Rangkain pancing mulai pakai pelampung dan mancing dasar (Stopper, Sinker, Kili, Lader lalu hooknya dan juga memakai singker yang kecil kareana kalau yang besar ikan akan lari
    3. Umpan : Cacing,Pisang, sabun, cacing,roti, kucur...
    pokoknya saya sudah mencoba semuanya sampe stress bab ini spotnya benar. Mungkin di forum ini ada yang dapat membantu saya bagaimana sebaiknya.
    Sudah pernah menggunakan ulat didaun kaca piring pak...???untuk ikan patin di sungai barito (banjarmasin / marabahan) umpan ulat didaun kaca piring sangat ok,...atau pake ulat yg di batang sagu rumbia...ulatnya berwarna putih besar mudahan dapat membantu....selamat mencoba...

Closed Thread
Page 3 of 6
FirstFirst 1 2 3 4 5 6 LastLast

Similar Threads

  1. Kamus gaul mancingers
    By japra in forum FishyTalk
    Replies: 5
    Last Post: 21-10-2008, 22:26
  2. Populasi Ikan Danau Sentarum Menurun
    By innoth in forum FishyRonment
    Replies: 5
    Last Post: 28-05-2008, 09:17
  3. Mancing Ikan Sepat Siam di pinggir jalan kota
    By innal in forum FishyWild
    Replies: 5
    Last Post: 12-05-2008, 15:09
  4. Replies: 38
    Last Post: 03-12-2007, 22:29
  5. Budidaya Ikan Tuna
    By dwihartanto in forum FishyRonment
    Replies: 9
    Last Post: 29-12-2004, 09:21

Tags for this Thread

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts