Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 18

Thread: tehnik mancing disungai

  1. zhao yun is offline RegularFishy zhao yun is on a distinguished road
    Real Name
    Frency Samuel
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Bandar Lampung
    Posts
    63

    tehnik mancing disungai

    pgn nanya nih master2 n suhu2....
    kira tekhnik apa y yg paling bgs n baik klo kita mo mancing ke sungai or danau...? trus spec reel + joran + n kenur minimal yg bgmn ?
    mohon pencerahan nya

    bstrgds

    slm strike

  2. tukang_unjun's Avatar
    tukang_unjun is offline RegularFishy tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all
    Real Name
    luthfi
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Tapos Depok
    Posts
    1,285

    Teknik mancing

    Salam kenal mas Frency, menurut saya mancing di sungai atau danau tergantung ikan yg kita incar. kalo mancingnya didanau, sebangsa ikan mujaer, sepat siam, ikan mas gak perlu peralatan yg berat maupun senar yg besar (lb maupun diameternya), tp jk png mancing ikan gabus, toman maupun sebangsa snakehead, kita harus menggunakan senar yg lebih besar. Kenapa? karena ikan2 seperti itu, mempny gigi yg tajam serta bersembunyi di bangkar2 kayu, sehingga ketika kita menariknya, senar akan bergesekan dng kayu2 didlm air. begitu jg dng ikan gurame, terkenal tukang mutusin senar, krn sisik dkt insangnya sangat tajam. Sedangkan jk kita mau mancing di sungai besar (kalo dulu saya bersama teman yg diincar adalah ikan patin), maka kita akan menggunakan peralatan yg besar, yg biasanya digunakan dilaut, karena kita mancingnya disekitar teluk yg beraliran agak deras (biasanya patin2 jumbo suka berdiam disini), selain kayu2 didalam air, sampah serta timah yg beukuran 1,5 ons lebih, sehingga sayang jika kita sering putus dikarenakan sangkut (maklum timah harganya mahal), aplg jika kena patin 10 kg keatas, karena pd tarikan pertama kita harus menariknya keluar dr sangkar2 kayu, krn patin jika telah kena pasti akan berenang ke sangkar2 kayu tsb.
    Begitulah sdkt pengalaman saya mancing di Kalteng, maaf bukan maksud menggurui hny sekedar berbagi pengalaman.

  3. RINTO_08's Avatar
    RINTO_08 is offline RegularFishy RINTO_08 is on a distinguished road
    Real Name
    RIANTO
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    palembang-lampung
    Posts
    74

    saya sependapat dngan Oom luthfi,klu di mau di danau tergantung ikan yang kita incer,klu ikan nya spt,muajaer sepeat siam, mas, knur nya jngan pake yang besar, mm nya,klu tu joran nya cari yang lentur.
    klu utk di sungai, ini pengalaman saya,pake kenur nya yang agak gede, bisanya gw pake yang paling kcil 20 lbs,s/d40 lbs,utk joran cari yang kaku, biar galk ter lalu melengkung saat timah nya udah di dasr, kan arus sungai biasa nya deres, itu saja sekedar info, itu pung dr pengalaman gw

    salam sterike

  4. tukang_unjun's Avatar
    tukang_unjun is offline RegularFishy tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all
    Real Name
    luthfi
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Tapos Depok
    Posts
    1,285

    Betul buat Bung Rinto

    Betul Bung Rinto (kayaknya ingat artis tahun 70an ha..ha, maaf hanya bercanda). Alat pancing patin di sungai haruslah cukup besar, maksudnya reel dan joran cukup untuk senar 20-40 lb, kalo kegedean senarnya jg gak enak, karena saya pernah pake senar 60 lb, wkt nyangkut kayu di dasar sungai gak bisa diputusin, trnyt nyangkut didahan kayu yg lentur, akhirnya terpaksa diputusin didekat reel saya kalo mancing gabus ato sebangsa snakehead, minimal pake 20 lb, itupun sering putus, kalo senar sampai ketelan, khususnya toman. tp jk pake senar yg lebih gede atau menggunakan perambut/senar sling (baja) ikannya jarang mau makan, kira2 bisa 1 : 5 dng senar yg lebih kecil. Kadang2 kalo ketemu sarang toman, kita sering menggunakan pentil sepeda (karet pentil/pip) yg telah direndam dalam tanah+air selama 2 hari, ini untuk menghilangkan bau karetnya (ikan biasanya gak mau/jarang makan, jk masih bau karet), penting dipotong sekitar 2 cm dan dimasukkan ke kail dan ditempatkan antara kail dengan senar (senar dkt kail dilindungi dengan pentil ini).

  5. TheTonkTech's Avatar
    TheTonkTech is offline RegularFishy TheTonkTech will become famous soon enough
    Real Name
    Ichsan
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Samarinda
    Posts
    334

    Jigging di sungai bisa gak pak ya? dengan target ikan baung pinggir? waktu itu di tenggarong ada yang mancing pake umpan anak ikan sepat dapetnya guede banget, apa ada kemungkinan bisa gi jig?

  6. candra's Avatar
    candra is offline ArchAngler candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future
    Real Name
    Candra ArchAngler Son
    Join Date
    Jun 2005
    Location
    Bandung
    Posts
    2,863

    @bro Ikhsan,
    Jigging di sungai agak sulit plikasinya, meski bukan suatu hal yg mustahil.
    Cara lain yg lebih sesuai mungkin bukan menggunakan metal jig yg biasa kita pakai di laut pada umumnya, gunakan jenis lure seperti spoon atau jighead.
    Kedua jenis lure ini bisa untuk aplikasi casting maupun jigging.
    Attached Images

  7. tukang_unjun's Avatar
    tukang_unjun is offline RegularFishy tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all
    Real Name
    luthfi
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Tapos Depok
    Posts
    1,285

    Mancing Baung dng jig

    Untuk mancing baung, memang banyak umpannya. Krn Ada baung yg dapat tumbuh besar (bisa diatas 3 kg lebih), umpan yg digunakan salah satunya dengan umpan hidup seperti sepat maupun udang. Saya dengan teman2 jika pingin mancing baung besar, kita akan mencari spot mancing di sekitar pohon yg tenggelam di pinggir sungai, dengan umpan udang yg dikupas kulitnya. Biasanya kalo kena pasti diatas 1 kg, tp kalo sial, pancing bisa habis karena sangkutan. Jika kita menggunakan jig untuk memancing baung yg berada disekitar pohon yg tumbang, maka akan beresiko jig akan nyangkut ke kayu yg berada didlm air. Apalagi retrivenya yg pendek (kedalaman plng 5 m) membuat kurang optimal. Tp boleh dicoba, dng asumsi jika harga jig Rp.40rb, maka kita akan dpt menghitung kerugian yg dicapai jika nyangkutnya keseringan he....he

  8. zhao yun is offline RegularFishy zhao yun is on a distinguished road
    Real Name
    Frency Samuel
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Bandar Lampung
    Posts
    63

    @ slm knl juga om
    targetnya emang ikan yg lumayan besar (bagong),klo yg kecil kasian
    tar dicariin "enyaknya" lg
    wah klo berbagi pengalaman mah bukan menggurui atuh kang,malah sy
    tengkyuu bgt dah dpt masukan lg.

    @ bro,klo joran yg kaku gw g punya.rencananya sih gw cuma mo pake
    joran eupro fortune doang trus reel cma pke liberty doang. emang klo
    "senjata" cuma itu g kualified y bro ? lagian klo pake yg lebih dari
    20lbs,apa kuat tuh ? mhn penjelsannya bro

    @ 4 all : btw,umpannya pake apa y ?

  9. tukang_unjun's Avatar
    tukang_unjun is offline RegularFishy tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all
    Real Name
    luthfi
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Tapos Depok
    Posts
    1,285

    Umpan mancing

    Umpan mancing disungai macam2, kita lihat targetnya apa. Umpan yg paling netral adalah cacing, apapun ikan akan diembatnya. Tp kurang efektif buat mancing Patin, kalo dulu saya sering menggunakan kue jajanan pasar. Biasanya kalo males bikin umpan, cukup tempe goreng yg digoreng 1/2 mateng dng minyak jelantah dan dibumbui bawang putinh (biar wangi). kadang2 pisang goreng, lumayan jd cemilan kalo ikan lg sepi. Tp semua daerah atau sungai pst ada umpan yg paling favorit (disukai ikan) tny aja ama orang2 yg tinggal di aliran sungai tsb. Kalo dulu saya paling suka pake roti goreng yg berisi inti kelapa (di kalimantan namanya untuk2). Roti tsb kalo mau dipake dipres ama papan, maksudnya biar awet, baru dipotong kyk dadu ukuran 1,5 cm. Tp kalo baung targetnya, bisa pake umpan yg baunya selangit, pake usus jg manteb. Tp kalo baung jenis tertentu (lupa namanya, warnanya agak abu2) umpan udang hidup yg dikupas pst dptnya gede.

  10. TheTonkTech's Avatar
    TheTonkTech is offline RegularFishy TheTonkTech will become famous soon enough
    Real Name
    Ichsan
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Samarinda
    Posts
    334

    patin sungai rata2 suka yang manis2 (bukan cewe manis lho) terutama jajanan seperti kata pak luthfi, kami disini suka mancing pake cakwe setengah mateng terbukti cukup ampuh untuk ikan patin sungai
    baung pinggir memang beda dengan baung tengah yang amis dan berlendir, rasanya juga lebih gurih kalau di goreng... coba kalo rekan2 ada yang dapet nanti coba rasakan hmmmm.... maknyussssssss........
    TERLAHIR UNTUK MANCING
    Tonk a.k.a Ichsan 08164575759

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Mancing Goblok di seputara ayer....1/12/07
    By Bagoes in forum FishyReport
    Replies: 34
    Last Post: 10-12-2007, 14:14
  2. Report mancing campursari
    By M-BEI in forum FishyReport
    Replies: 0
    Last Post: 10-12-2007, 11:13
  3. Mancing di Ghana
    By purwanto in forum FishyReport
    Replies: 30
    Last Post: 08-10-2007, 19:48
  4. Replies: 140
    Last Post: 08-10-2007, 14:50
  5. Sarasehan Mancing - Sabtu 24 September 2006
    By Ichang in forum FishyTalk
    Replies: 9
    Last Post: 26-09-2006, 09:56

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts