Closed Thread
Page 1 of 4
1 2 3 4 LastLast
Results 1 to 10 of 31

Thread: Mohon Pencerahan Mancing udang galah

  1. rianzona's Avatar
    rianzona is offline RegularFishy rianzona is on a distinguished road
    Real Name
    Ryan
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    samarinda Borneo
    Posts
    199

    Mohon Pencerahan Mancing udang galah

    Ada yang pernah mancing udang galah di sungai mohan pencerahannya, mulai dari joran, reel, mata kail umpan & sebagainya (maaf kalo udah pernah dibahas sebelumnya)
    Thanks............

  2. yuri is offline RegularFishy yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of
    Real Name
    Juri MunandarMar
    Join Date
    Sep 2006
    Location
    Serpong
    Posts
    784

    saya bukan ahlinya ..tapi kebetulan pernah mancing dan dapat , jadi boleh dong kasih input :
    1) Joran pake yang paling lentur ,terutama bagian ujung. ( bisa buat sendiri)
    2) Reel piranti ringan saja, tidak pakai reel juga bisa , kenur yang halus / kecil.
    3) Kail no : 9-12 ( kecil) , sebaiknya kail tidak ada "barbs"nya jadi seperti jarum melengkung saja , kalau maniak pemancing udang , biasanya bikin sendiri kailnya.
    4) setahu saya umpan favorit dan efektif adalah cacing tanah .

    Kalau ditarik udang jangan disentak seperti mancing ikan , tetapi dibiarkan saja dulu , ujung joran melengkung halus (ini sensasinya) , nah tarik atau lebih tepatnya angkat perlahan-lahan tuh joran , sampai tuh udang ikut naik kepermukaan . Idealnya sih posisi kenur tegak lurus dengan posisi udang , oleh karena itu penggunaan pole / tegeg atau perahu , sehingga posisi kenur tegak lurus sangat dianjurkan , sebaliknya reel tidak begitu perlu , karena jarang orang mancing udang dengan melontarkan jauh dari posisi mancingnya . Harus saya akui mancing udang ini membutuhkan perasaan yang lebih halus dari mancing ikan .nyuutnya itu lebih halus lho...tapi memang tidak cocok bagi mereka yang suka sensasinya fight yang keras....

  3. Arief Suryopranoto is offline Regular Fishy Arief Suryopranoto will become famous soon enough
    Real Name
    Cun 89
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Bekasi Barat, Indonesia
    Posts
    72

    Salam kenal Pak Ryan. Bapak tinggal di Samarinda pasti masih banyak Udang galah yah. Saya pernah mancing udang di Sintang ( Kal-Bar ) tapi masih harus naik sampan lagi ke hulu sungai. Saya ikut mereka mancing Udang galah biasanya pakai kail yang terbuat dari kawat ban luar Truck yang memang bisa dibentuk agak lebar karena mungkin kalau beli kail bentuk ini tidak ada. Bisa juga dibuat dari jarum tangan. Menurut mereka kalau dibuat dari jarum maka Udang yang terpancing lebih cepat mati. Disana mereka mengunakan joran yang lembut sekali.
    Cara memancingnya tunggu udang yang makan akan terasa lembut dan biarkan ulur jangan sekali-kali membuat kenur menjadi tegang sesudah kurang lebih 3 jengkal maka baru sentak berlawanan. Waktu fight jangan terlalu memaksakan tidak perlu tergesa-gesa. Ini yang saya lakukan hasilnya lumayan tetapi biasanya kami mancing tunggu surutnya air sungai. saya juga pernah mancing Udang di sana menggunakan teknik dari Taiwan dengan menggunakan pelampung memang lebih akurat karena kenur akan selalu tegang tapi ingat pelampung yang digunakan harus kecil. begitu Udang makan pancingan maka saya tunggu sampai pelampung saya tengelam tidak keliatan baru saya gentak hasilnya memuaskan.
    Selamat mencoba.

  4. rianzona's Avatar
    rianzona is offline RegularFishy rianzona is on a distinguished road
    Real Name
    Ryan
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    samarinda Borneo
    Posts
    199

    Thanks atas responnya
    bisa dijelaskan piranti arsenalnya mulai dari kenur kemata kail apa pake pemberat ato kili2 karena sungainya kadang berarus. apa warna air juga mempengaruhi thanks

  5. andowijaya's Avatar
    andowijaya is offline RegularFishy andowijaya is a jewel in the rough andowijaya is a jewel in the rough andowijaya is a jewel in the rough andowijaya is a jewel in the rough
    Real Name
    ando
    Join Date
    Dec 2007
    Location
    medan
    Posts
    196

    Wah asyik banget.....

    saya juga sering mancing Udang Galah di Sungai Wampu Sumatra Utara. dari tips diatas emang benar sekali.
    1. joran yang lentur banget ujungnya.
    2. kenur yang halus.
    3. mata kail yang melengkung.
    4. umpan cacing tanah, cacing air atau udang hidup juga Ok.

    Teknik memancing udang galah perlu feeling yang lembut tidak perlu ada sentakan.

    asyiknya bisa berbagi pengalaman dgn para senior.
    bravo mancing
    Sssttttt........
    Jangan Berisik lagi Mancing nih
    Dimana Ada Sungai disitu Saya Mancing

  6. rikok30 is offline RegularFishy rikok30 will become famous soon enough
    Real Name
    riko
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    pontianak
    Posts
    74

    Alo om, kalo sy seh lbh enak pake kail khusus udang tp yg ada ruit nya. Banyak koq di jual. Selama ini sy pake pemberat supaya tidak hanyut n dapat mencapai dasar. Hati2 waktu nariknya, pelan aja. N biasanya kalo udang kalo udah kena pancingan selalu berusaha meraih tempat untuk bertahan, kalo tuh udang berhasil meraih misal batang kayu, bakalan susah diangkat n kemungkinan putus lebih besar. Maaf kalo ada yg salah.

  7. rianzona's Avatar
    rianzona is offline RegularFishy rianzona is on a distinguished road
    Real Name
    Ryan
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    samarinda Borneo
    Posts
    199

    sorry nanya mmelulu nich
    gimana nentuin sungai itu ada udangnya apa ga, kondisi sungai yg bagaimana buat mancing udang. thank rekan2 yg merespon

  8. javano is offline RegularFishy javano is a jewel in the rough javano is a jewel in the rough javano is a jewel in the rough javano is a jewel in the rough
    Real Name
    c louis n
    Join Date
    Aug 2006
    Location
    Jakarta
    Posts
    151

    Halo konco2 semua...
    Aku jg bukan ahli mancing udang, tp pernah mancing udang. Sptnya di sini ada dua aliran cara mancing. Ada yg gak usah disentak, ada yg disentak ke arah belakang. Ada yg pake kail tanpa seruit (barbless); ada yg pake. Cuma sharing aja. Aku biasanya mancing udang makai pancing khusus udang yg tanpa seruit, banyak kok yg jual di toko pancing yg lumayan lengkap. Adapun caranya, sentak atau tidak, aku pikir tak usah disentak karena udang ngga makan pake mulut alias menggigit, ia mencuilnya sedikit demi sedikit dengan capit kecilnya, jd klo disentak mungkin malah gak nyantol atau kaki2nya potol.
    Tp mancing dengan menyentaknya ternyata terbukti berhasil spt pengalaman Pak Arief, dan perlu kita coba. Mungkin klo udangnya gede, bisa digentak.
    Soal sungai apakah ada udangnya atau engga, paling gampang tanya penduduk sekitar karena gak semua sungai ada udang galah atau satangnya. Atau pergi ke sungai yg jelas2 ada udangnya.
    Menurutku mancing udang paling bagus malem. Tp ati2 dgn ular.
    Iya, Mas Rikok benar. Klo udang dah berhasil megang sesuatu di dalam air, bakalan susah ngangkatnya, aku sering sekali putus senar. Jd tarik ulur perlahan-lahan sampai ke atas. Paling mudah klo tau dasar sungai adalah pasir, udang gak bisa gondelan.
    Salam mancing semuanyaah.

  9. TheTonkTech's Avatar
    TheTonkTech is offline RegularFishy TheTonkTech will become famous soon enough
    Real Name
    Ichsan
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Samarinda
    Posts
    334

    umpan joss buat udang galah adalah anak udang yang sering nempel didinding kolam, kalo pake cacing sampah yang suka disko juga bisa..
    tapi kalo emang inceran nya galah wajib pake umpan anak udang hidup galak lho samberan galah... wuenak banget dulu pernah dapet yang kepalanya kaya gelas duralex, mancing disamarinda dipelabuhan peti kemas syahbandar depan tempekong, mancing nya di lubang2 air pelabuhan, kalo aer sungai lagi merah nah manteb tuh... sekian moga bermanfaat hihihihi

  10. abu_yoga's Avatar
    abu_yoga is offline RegularFishy abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold
    Real Name
    sarimun
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    1,210

    Ikut nimbrung setahu pengalaman saya :
    Wah... asyik bener ngomongin tentang udang galah/satang seolah terkenang masa lalu waktu udang masih banyak (belom banyak kena limbah >>> khususnya di Jakarta dan sekitarnya).
    bro Eianzona....
    Rasanya semua sudah disharingkan dari rekan2 terutama bro Yuri yang telah mengupas tuntas (kayak acara tv....hehe) mulai dari arsenal /alat-alat, umpan hingga cara mengangkatnya...kalo ada perbedaan hanya tipis saja.
    1. Biasanya sungai yang ada udangnya (galah) termasuk didaerah hilir sungai.
    2. Spot udang biasa berkumpul di tempat-tempat kayu roboh yang sudah lapuk, tiang pancang, rumputan di tebing yang airnya dalam, tegongan air yang alirannya lambat.
    3. Waktu makan udang relatiplah bisa siang ataupun malam, penggunaan perahu sangatlah ideal karena bisa menjangkau daerah /medan yang sulit dibanding lewat darat (tepian sungai).
    4. Khusus mancing malam... jangan pas lagi terang bulan apalagi terang bulan penuh (purnama)... dari pengalaman saya dan teman2 wah... itu udang nggak napsu makan kalaupun ada yang makan biasanya hanya dipegangin doang...atau udang akan terlentang hingga sering sekali mocel.
    5. Keadaan lingkungan alam akan sangat berpengaruh terhadap makannya udang. Misalnya lagi banjir airnya sangat deras dan keruh, sungai tersebut sering kena pencemaran/racun (biasanya dari pabrik yang membuang limbahnya tanpa diolah terlebih dulu). Yang paling ideal adalah sungai itu dalam keadaan airnya bening, mengalir pelan... mantap oi....
    6. Pemberat diperlukan untuk mencapai dasar (-/+ sebesar melinjo atau lebih kecil sedikit) memakai hok (mata kail) tunggal (pancing sukabumi- atau bikinan sendiri menyerupai clurit tanpa ruit). Untuk pembatas bisa digunakan timah daun atau kili-kili sejengkal dari mata kail.
    7. Untuk umpan biasanya memakai cacing (terserah cacing apa.. tapi cacing susu keliatannya lebih dominan (cacing yang hidup di tumpukan sampah yang udah lama berwarna agak keputih2an-kalau terpotong diwaktu malam mengeluarkan fosfor (cahaya).
    8. Udang makan dengan cara dipegang dulu... ditarik...baru didekatkan ke mulutnya terus mundur... (ini berkaitan bila joran baru melengkung jangan buru-buru diangkat) tunggu dulu biar sampe ke mulut.

    Mungkin masih banyak yang perlu disharingkan... tapi itulah pengalaman saya, bagi para senior2 silahkan bila ada yang perlu dikoreksi atau ditambahkan. Mudah-mudahan dapat membantu dan selamat mencoba mancing udang.

    Salam-

Closed Thread
Page 1 of 4
1 2 3 4 LastLast

Similar Threads

  1. Mancing udang di Sungai
    By uhsirait in forum FishyWild
    Replies: 13
    Last Post: 01-09-2006, 09:13
  2. Frustasi mancing pake umpan udang hidup
    By Devisal in forum FishyTrick
    Replies: 5
    Last Post: 03-04-2006, 11:50
  3. Replies: 16
    Last Post: 08-03-2006, 13:48
  4. Replies: 8
    Last Post: 21-08-2005, 18:20
  5. tips mancing udang galah&lokasi?
    By oling in forum FishyTrick
    Replies: 3
    Last Post: 19-08-2005, 15:17

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts