Closed Thread
Results 1 to 9 of 9

Thread: cara mancing mujaer nila babon (2kg)

  1. iponk73's Avatar
    iponk73 is offline RegularFishy iponk73 is a name known to all iponk73 is a name known to all iponk73 is a name known to all iponk73 is a name known to all iponk73 is a name known to all iponk73 is a name known to all
    Real Name
    Irvan
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Jatijajar Depok - Jl. Raya Empang Bogor
    Posts
    323

    cara mancing mujaer nila babon (2kg)

    sebelumnya perkenalkan sy iponk member baru FF, dan juga baru mencoba mancing.
    di setu (danau) dekat rmh saya tinggal ada (mungkin) banyak mujair nila babon (1 - 2 Kg beratnya) tapi kl dipancing ngk pernah dapat. bagaimana cara mancingnya ya.

  2. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,226

    Salam kenal juga mas iponk. Mas iponk lokasi mancing dimana? sy jg suka mancing mujaer/nila. Sy pernah narik jaer/nila cukup gede di tj burung. size 1kg,3ons. awalnya ngira narik gurame ternyata nila. Sy waktu itu pake anak kodok, tapi kayanya sih pas spoting sarangnya dia, jadi langsung di catok. Kalo jaer/nila yang gede biasanya ngendok disarang. Jadi kita mesti filling kira2 sarangnya dimana. Kalo yang seliweran sih gedenya cuma 4 ataw 5 jari.sigits

  3. Ryan_Timika's Avatar
    Ryan_Timika is offline RegularFishy Ryan_Timika will become famous soon enough Ryan_Timika will become famous soon enough
    Real Name
    Iryantho Ronaldo Sibarani
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Indonesia
    Posts
    72

    salam kenal Mas Iponk,
    saya Ryan posisi di Timika, Papua... kalo mancing Mujaer/Nila Babon bagusnya pake umpan "lumut ijo" atau udang yg kecil... sini (Papua) byk juga Mujaer/nila Babonnya... malah ada yg lebih 2 kg... kalo saya pernah dapet kira2 1 kg lebih... tapi teman saya sering naikkan yang 2-3 Kg... selamat mencoba mas...

    salam dari ujung timur Indonesia....
    Best Regards,

    Ryan
    "Strike Pertama Seperti Cinta Pertama...."

  4. Oka_1010's Avatar
    Oka_1010 is offline RegularFishy Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of
    Real Name
    Dusa Okami
    Join Date
    May 2007
    Location
    Jambi
    Posts
    805

    mohon memperkenalkan diri dulu di fishy intro sebelum membuat tread yang lain.
    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih
    Never Give Up Always Be Happy

  5. candra's Avatar
    candra is offline ArchAngler candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future
    Real Name
    Candra ArchAngler Son
    Join Date
    Jun 2005
    Location
    Bandung
    Posts
    2,863

    Quote Originally Posted by iponk73 View Post
    sebelumnya perkenalkan sy iponk member baru FF,
    Pak Iponk, selamat bergabung di Fishyforum.

    Sebaiknya bapak memperkenalkan diri dulu di fishyintro, agar teman2 tahu ada member baru.
    Saran saya bapak mencantumkan nama asli pada data FF, agar lbh akrab

  6. iponk73's Avatar
    iponk73 is offline RegularFishy iponk73 is a name known to all iponk73 is a name known to all iponk73 is a name known to all iponk73 is a name known to all iponk73 is a name known to all iponk73 is a name known to all
    Real Name
    Irvan
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Jatijajar Depok - Jl. Raya Empang Bogor
    Posts
    323

    thx to bp. Oka & Chandra.
    u/ bp sigit saya mancing di Setu jatijajar Cimanggis Depok.
    saya udah coba pake udang dan lumut tapi ngk mau makan. yang
    makan cuma ikan 4-5 jari aja.

  7. candra's Avatar
    candra is offline ArchAngler candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future
    Real Name
    Candra ArchAngler Son
    Join Date
    Jun 2005
    Location
    Bandung
    Posts
    2,863

    Mas Irvan,
    Setau saya nila babon biasanya lebih banyak maen di dasar air, coba saja bikin rangkaiannya agar umpan bisa sampai ke dasar air, cari spot yg agak dalem sekitar 3 s/d 4 mtran.

    Kecuali air sdg penuh, dan banyak tumbuhan yg terendam air, kail bisa digantung dgn kedalaman 1 mtran, posisikan kail di jarak terluar dekat2 tumbuhan yg terendam air tsb.

  8. abu_yoga's Avatar
    abu_yoga is offline RegularFishy abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold
    Real Name
    sarimun
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    1,214

    Cara "mancing lobang" mujaer nila babon.

    Salam kenal tuk semua..!

    Biasanya nila yang udah gede memang susah makan... dan dia mempunyai kebiasaan membuat sarang (lobang) di dasar empang berbentuk lingkaran.

    Yang saya tau, bisa di akalin dengan "mancing lobang" yaitu dengan mencari tempat sarangnya dia, dengan cara : rangkaian kail 3 seperti untuk ikan mas tanpa umpan (biasanya saya memakai gabus) stoper untuk pelampung disesuaikan dengan kedalaman air, timah memakai yang agak besar dengan maksud bila digantung, pelampung tersebut akan tenggelam.

    Carilah "lobang" tersebut dengan cara menarik pelan-pelan, bila
    pelampung kita tenggelam (harus keliatan ujung pelampungnya), nah nih dia lobang/sarang tersebut tunggulah sebentar... biasanya kalau ada orangnya (nila tersebut) pelampung akan bergetar naik....saat itulah strike).

    Demikian pengalaman saya semoga ada manfaatnya dan selamat mencoba..!

    Salam-

  9. kunamtoto's Avatar
    kunamtoto is offline RegularFishy kunamtoto is on a distinguished road
    Real Name
    tama
    Join Date
    Dec 2007
    Location
    malang
    Posts
    7

    Setuju.. pake teknik lobang aja pasti ikannya babon. Ada 2 cara yang saya biasa pake untuk teknik lobang : pertama, seperti yang p. abu sebutkan diatas atao yang kedua, anda bisa nyemplung ke danau tsb trus coba nyelem n raba pake kaki dasar danau tsb, ada dua jenis lobang sarang yang biasa nila buat, ada cekung spt penggorengan biasanya isi nila ukuran 0,5-1 kg klo model ceruk ukuran lebih 1 kg dan isinya sepasang kadang juga plus anak2 nya. Rangkaian bandul n 2 kail, juga pake pelampung (signal-nya tenggelam dikit trus naik langsung hentak) umpan pake lumut n ujung kail pake cacing lebih marem. Klo dah biasa n mahir anda bisa nyelem trus tenang n dengerin di dlm air ada bunyi thuk..thuk.. kayak suara gelembung udara so arah anda meraba dasar danau lebih mudah.. Joran pake tegeg lebih mantap panjang ideal 4,5m..

Closed Thread

Similar Threads

  1. gimana cara nya bawa peralatan mancing ke pesawat
    By seabass in forum FishyTackle
    Replies: 9
    Last Post: 04-05-2007, 08:37
  2. Diskusi, cara mancing sepat/sepat siem
    By candra in forum FishyWild
    Replies: 5
    Last Post: 22-10-2006, 23:25
  3. Cara mancing yg baik
    By kudalaut in forum FishyTalk
    Replies: 10
    Last Post: 22-09-2006, 11:16
  4. Replies: 7
    Last Post: 16-08-2006, 09:35
  5. Mancing Nila
    By ridwan in forum FishyWild
    Replies: 6
    Last Post: 27-04-2006, 16:48

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts