Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: ikan mas dasar (lama)

  1. sofyan is offline RegularFishy sofyan is on a distinguished road
    Real Name
    rudi sofyan
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    bogor
    Posts
    43

    ikan mas dasar (lama)

    Assalamu alaikum wr wb

    Salam Bahagia para master FF saya mau tanya kemarin saya lihat empang yang biasa saya mancing lomba di kuras sama yg mpunya empang karena banyak komplain dari para pemancing mujaernya dah banyak n gede gede dan sangat menganggu pemancing ......saya lihat sendiri ikan dasar/lama yang gak ke angkat waktu lomba masih banyak sekali mencapai 68 ekor dan ikan super 5 ekor tidak terangkat, setelah di kuras n di isi air lagi ...ikan lama tersebut di lepas berikut dengan ikan super nya..cukup fair lah si mpunya empang nya

    pertanyaan nya : adakah cara/trik/tips...mungkin jenis umpan untuk mengakali ikan dasar/lama tersebut mengingat masih banyak juga sisa ikan nya ..??

    terima kasih untuk para suhu FF

    regards
    Sofyan

  2. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,226

    @Sofyan:

    Begini kang, memang agar empang itu bersih dan agar bisa makan bagus sebaiknya dilakukan nguras kolam berkala.

    Terus ikan yg tersisa:
    1. Kita tidak tahu apakah ikan itu betul2 ikan lama atau ikan yang 2 atau tiga hari lalu di ceburin. Karena ada kamungkinan ikan akan baru makan beberapa hari setelah ikan di ceburin apalagi kalo cara ceburin ikan pake di lempar, di jamin ikan masih stress dan kaget, jadi tidak akan langsung makan pada hari saat di ceburin.

    2. Kalo betul itu ikan lama yg lebih dari seminggu tidak bisa kepancing... pastinya si ikan dah mulai "makan tanah" kolam... ini yang susah. Coba pake umpan Amis yg agak kuat tapi kalem (coba umpan cuwek salem steam kang kompeni) resep bisa di search.

    3. Ikan yang sudah lama di kolam makannya tidak ngetrik (pelampung seperti mesin jahit), dan ikan makannya sangat halus. Biasanya ikan akan makan di tempat dan tidak kabur/bergerak. Coba gunakan rangkaian glosor atau kalo toh pake pelampung biarkan pelampung termakan dengan sempurna. Jangan terlalu bernafsu bila pelampung bergoyang... biarkan pelampung agak ngelem baru di tarik.

    ...Mungkin dari yg lain bisa menambahkan atau ada pendapat lain.....
    Yo silahkan di sharing pengalamannya

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  3. sofyan is offline RegularFishy sofyan is on a distinguished road
    Real Name
    rudi sofyan
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    bogor
    Posts
    43

    aduh terimakasih kang Sigit insya Alloh besok saya mau coba mancing harian di sana mudah mudahan bisa ke angkat tuh ikan lama nya ...saya mau coba terapkan tips dari kang Sigit n umpan steaming nya kang kompeni si cue salem
    regards
    sofyan

  4. Anto_313's Avatar
    Anto_313 is offline RegularFishy Anto_313 is on a distinguished road
    Real Name
    Kuswanto
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Bekasi
    Posts
    88

    Kang Sofyan tolong info kolamnya yg agak detail dikit, nama kolam & lokasinya,tiket harian & lomba brp ,ikan turun brp kg ??
    Dari infonya sih ikan sisa cukup banyak ada babonnya lagi..

    Thanks
    Anto 313

  5. bmoer's Avatar
    bmoer is offline RegularFishy bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute
    Real Name
    bara
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,331

    2. Kalo betul itu ikan lama yg lebih dari seminggu tidak bisa kepancing... pastinya si ikan dah mulai "makan tanah" kolam... ini yang susah. Coba pake umpan Amis yg agak kuat tapi kalem (coba umpan cuwek salem steam kang kompeni) resep bisa di search.

    Kang Sigit ikan udah mulai makan tanah kolam maksudnya apa ya...?, apa artinya dia sudah ngga mau makan umpan pelet lagi...?, bisa tolong di jelaskan...?

  6. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,226

    @bmoer:
    Kang Bara, yg di maksud ikan dah makan tanah kolam adalah ikan sudah terlalu lama di dalam kolam dan tak terpancing... Biasanya mereka sudah mulai makan lumut2 dan sisa makanan basi yg ada di dasar kolam. karena kebiasaan makan lumut jadi makannya pun sangat halus dan hati2. Ikan ini akan sangat sulit di pancing. Kata orang sih ikannya udah pinter. Penggunaan umpan pelet atau sejenis harus benar2 menyerupai kedua bentuk makanan mereka di dasar kolam.

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  7. opay7's Avatar
    opay7 is offline RegularFishy opay7 has a spectacular aura about opay7 has a spectacular aura about
    Real Name
    jhon opay
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    cilegon
    Posts
    1,449

    nah ini nih masalah yg agak susah2 gampang. di tmpt saya ada empang ikan mas besar2 ikannya, tapi ikannya tidak pernah di kasih makan..dia sudah terbiasa makan lumut / tanah dasar empang tsb. saya coba pake bau amis,wangi,semua gagal. pernah waktu itu saya pake pelet 33 tanpa saya campur dengan yg lain (murni pelet) saya cantolin ke pancing kecil sekali (mata pancing tidak tertutup semua) niatnya sih mau mancing mujair. eeeh...ternyata yg makan ikan mas 7.5kg dan 3.5 kg. (semua di release).
    klo untuk di empang kiloan/harian sih sy jugan yerah. om sigit tuh yg jago ngakalin ikan beginian.

    #saran saya : pergunakan mata pancing 1 pcs saja dan menggunakan timah sobek, pelampungnya juga kecil. seujung jari kelingking.
    apapun cara mancingnya...yang penting striikeeeeee...!!!!

  8. bmoer's Avatar
    bmoer is offline RegularFishy bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute
    Real Name
    bara
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,331

    Terimakasih Kang sigit dan kang opay, tapi kasus seperti ini cuma terjadi sama ikan mas saja, atau bisa pada ikan kolam lainnya...?, misalnya ikan Nila babon, atau Lele/bawal di kolam pemancingan...?

  9. opay7's Avatar
    opay7 is offline RegularFishy opay7 has a spectacular aura about opay7 has a spectacular aura about
    Real Name
    jhon opay
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    cilegon
    Posts
    1,449

    Quote Originally Posted by bmoer View Post
    Terimakasih Kang sigit dan kang opay, tapi kasus seperti ini cuma terjadi sama ikan mas saja, atau bisa pada ikan kolam lainnya...?, misalnya ikan Nila babon, atau Lele/bawal di kolam pemancingan...?
    setahu saya bisa ikan apa aja. karena ..bener kata om sigit..si ikan sudah terbiasa makan lumut/tanah di dasar kolam. disini juga masih jadi PR buat saya cara mancing ikan nila babon, lele, patin, emas. udah pake umpan apa aja tetep tidak mau. pernah sih ada yg dapet nila babon ukuran 1kg up, itu aja pake umpan lumut. udah 1 bln ini belum ada lagi yg bisa naikin ikan babon.
    apapun cara mancingnya...yang penting striikeeeeee...!!!!

  10. bmoer's Avatar
    bmoer is offline RegularFishy bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute
    Real Name
    bara
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,331

    Pantes kang, saya pernah mancing di pemancingan daerah cinangka, pake pancing lumut dan umpan lumut malah dapat nila babon 1,4 kg dan ikan emas 1 kg up juga......pancing no. 0,8 , kenur dan pelampungnya halus banget. Terima kasih informasinya kang Opay.....

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Replies: 38
    Last Post: 03-12-2007, 22:29
  2. Sembam Ikan
    By eddysoh in forum FishyDine
    Replies: 12
    Last Post: 05-07-2007, 17:43
  3. Budidaya Ikan Tuna
    By dwihartanto in forum FishyRonment
    Replies: 9
    Last Post: 29-12-2004, 09:21
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts