Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 12

Thread: umpan Cianjur utk ikan susah makan dan malam hari..

  1. Ali's Avatar
    Ali
    Ali is offline RegularFishy Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of
    Real Name
    Ali jamaludin
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Bandung - Cianjur PP
    Posts
    497

    umpan Cianjur utk ikan susah makan dan malam hari..

    Di daerah cipanas, puncak,cianjur dan sekitarnya. Ada resep khusus untuk ikan - ikan yang sulit ditaklukkan dengan umpan biasa...
    dan para pemancing di daerah2 tsb seringkali menggunakan resep cadangan ini.saya telah mencobanya beberapa kali, dan hasilnya terbukti..
    pemancing daerah2 tsb banyak menyebutnya sbg rengginang atau tembleg..

    bahan:
    1-2 ons Kroto super yg putih,bersihkan dari semutnya
    tepung ketan putih Rosebrand secukupnya
    tepung pemutih kue (cari di toko kue) secukupnya
    santan kara
    daun pandan secukupnya

    cara membuat:

    didalam kantong plastik kiloan yg agak besar, masukkan kroto yg sudah bersih, lalu masukkan tepung ketan putih secukupnya (kira2 agar kroto dapat rekat di kail nantinya),masukkan tepung pemutih (secukupnya agar umpan menjadi putih),lalu siramkan kara secukupnya sampai cukup lekat dengan bahan lainnya.aduk hingga rata
    terakhir selipkan beberapa helai daun pandan.kukus didalam plastik tsb sampai matang(10-15 menit).
    (ingat: semua pencampuran dan pengadukkan dilakukan didalam plastik, karena tepung ketan sangat lengket, dan banyaknya kroto harus mendominasi umpan dibanding tepung ketan yg hanya berfungsi sebagai perekat).

    hasilnya memang agak lengket...oleh karenanya tangan kita harus basah untuk menempelkan umpan tsb.
    selamat mencoba..mudah2an ada manfaatnya.thx

  2. b3j0 is offline RegularFishy b3j0 is a jewel in the rough b3j0 is a jewel in the rough b3j0 is a jewel in the rough
    Real Name
    Jatmiko
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    302

    Makasih Kang Ali...sudah berbagi umpan andalannya, mudah2an nih umpan jodoh ama saya dan yg laen...



    Salam..

  3. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,278

    wah haturnuhun kang Ali....
    sepertinya saya pernah lihat di umpan waktu saya masih nontot leho di daerah megamendung.... saya pegang kok lengket kayak dodol/wajit.... tapi saya ngga berani nanya... soalnya masih anak bawang.

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  4. Tabek's's Avatar
    Tabek's is offline Keep fishin' but family is no1 Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future
    Real Name
    Prianca
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Bekasi
    Posts
    3,764

    Quote Originally Posted by Ali View Post
    Di daerah cipanas, puncak,cianjur dan sekitarnya. Ada resep khusus untuk ikan - ikan yang sulit ditaklukkan dengan umpan biasa...
    dan para pemancing di daerah2 tsb seringkali menggunakan resep cadangan ini.saya telah mencobanya beberapa kali, dan hasilnya terbukti..
    Salam kenal Kang Ali. Terima kasih atas sharingnya nih. Kalo boleh info kolamnya itu air jalan atau tidak (sumber air sumur + sirkulasi blower).

  5. jumper maker is offline RegularFishy jumper maker is on a distinguished road
    Real Name
    januar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    tangerang
    Posts
    114

    coba coba bantu

    coba pake umpan yang 1 ini :
    1. Tepung roti 2 onc
    2. Deho 1 kaleng
    3. Keju kraft 1 lbr
    4. Telur bebek 5 butir
    5. Daun pandan 4 lbr
    6. Kroto beras 2 onc

    cara pembuatan :
    1. haluskan deho dan keju kraft dalam baskom setelah halus tambahkan kuning telor bebek ( putihnya di goreng buat makan numayan)
    2. aduk rata,setelah rata masukan kroto super aduk sampe rata kemudian tambahkan tepung roti aduk sampe rata.
    3. setelah siap potong potong daun pandan dan masukan dalam adonan tadi
    4. bagi rata adonan tersebut ke dalam plastik ukuran 1 kg sebanyak 4 lembar dan kukus selama lebih kurang 30 - 1 jam dan umpan siap digunakan.
    umpan ini bisa di simpan dalam kulkas tidak sekali pakai cukup repot bikinnya tapi bisa disebut umpan hemat karena tidak sekali pakai habizzz, di tempat saya umpan ini di sebut umpan "Sodong".

  6. kompeni's Avatar
    kompeni is offline RegularFishy kompeni has a spectacular aura about kompeni has a spectacular aura about kompeni has a spectacular aura about
    Real Name
    sidoel ericsson
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Rotterdam - Belanda
    Posts
    2,388

    Quote Originally Posted by Ali View Post
    bahan:
    1-2 ons Kroto super yg putih,bersihkan dari semutnya
    tepung ketan putih Rosebrand secukupnya
    tepung pemutih kue (cari di toko kue) secukupnya
    santan kara
    daun pandan secukupnya
    Tepung pemutih kue (cari di toko kue) secukupnya ---> Namanya apa yah??
    Biar gampang dicari dan nanya-nya di Toko kue gitu...... Misalnya : Ada tepung Rosebrand gak..?? nah kan enak gitu ada namanya (rosebrand).
    http://k0mpeni.webs.com
    It's all about Fishing Information

  7. Ali's Avatar
    Ali
    Ali is offline RegularFishy Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of
    Real Name
    Ali jamaludin
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Bandung - Cianjur PP
    Posts
    497

    untuk tepung pemutih, biasanya saya nyebutnya pemutih ajah...tapi nanti kalo ada nama/istilahnya akan saya postingkan...trims

  8. Ali's Avatar
    Ali
    Ali is offline RegularFishy Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of Ali has much to be proud of
    Real Name
    Ali jamaludin
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Bandung - Cianjur PP
    Posts
    497

    daerah cianjur dsktrnya pastilah air bening dan jalan,karena masih sejalur ama puncak...tapi klo dari bahan2nya sich, di air apapun saya pikir pasti bisa..mengingat kroto dicintai para ikan mas...hehehe, yah silahkan dicoba mudah2an bermanfaat.saran saya sich selama umpan yg biasa anda pakai masih jalan, maksimalkan saja penggunaan umpan anda tsb,mengingat umpan ketan ini sedikit beribet menggunakannya(lengket2 gitu..).bgitu

  9. Tabek's's Avatar
    Tabek's is offline Keep fishin' but family is no1 Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future Tabek's has a brilliant future
    Real Name
    Prianca
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Bekasi
    Posts
    3,764

    Quote Originally Posted by Ali View Post
    daerah cianjur dsktrnya pastilah air bening dan jalan,karena masih sejalur ama puncak...tapi klo dari bahan2nya sich, di air apapun saya pikir pasti bisa..mengingat kroto dicintai para ikan mas...hehehe, yah silahkan dicoba mudah2an bermanfaat.saran saya sich selama umpan yg biasa anda pakai masih jalan, maksimalkan saja penggunaan umpan anda tsb,mengingat umpan ketan ini sedikit beribet menggunakannya(lengket2 gitu..).bgitu
    Ok thanks kang atas infonya. Mo nyoba ni umpan ketan kali bisa jalan di kolam yg gak jalan (ngandelin blower doang). Lagian kan biasanya yg lengket2 gitu yg dicari hehehehe...

  10. Tonny-arexs'sby's Avatar
    Tonny-arexs'sby is offline RegularFishy Tonny-arexs'sby is on a distinguished road
    Real Name
    Tonny WK
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Depok-Kaltim-Kalbar-Indonesia
    Posts
    313

    Quote Originally Posted by Ali View Post
    Di daerah cipanas, puncak,cianjur dan sekitarnya. Ada resep khusus untuk ikan - ikan yang sulit ditaklukkan dengan umpan biasa...
    dan para pemancing di daerah2 tsb seringkali menggunakan resep cadangan ini.saya telah mencobanya beberapa kali, dan hasilnya terbukti..
    pemancing daerah2 tsb banyak menyebutnya sbg rengginang atau tembleg..

    bahan:
    1-2 ons Kroto super yg putih,bersihkan dari semutnya
    tepung ketan putih Rosebrand secukupnya
    tepung pemutih kue (cari di toko kue) secukupnya
    santan kara
    daun pandan secukupnya

    selamat mencoba..mudah2an ada manfaatnya.thx
    Ane dulu sering juga pake umpan ini dan teman2 di daerah ane namain umpan ini "UMPAN PEPES" ......kakakakakss...karena emang cara ngukus nya dibungkus pake daun pisang dan bahan nya juga cuma : Kroto + tepung beras Rosebrand ato bisa juga : Kroto + sagu , ato juga : Kroto + Susu bubuk Dancow
    dan emang umpan ini bagus untuk alternatif,biasa nya klo pake umpan ini ane selalu penggunakan kail 1 yg diikat langsung ke line tanpa kili kili tetapi untuk pemberat timah daun(biar bisa lempar jauh ke blower)tetap harus ada dan usahakan kira2 20cm jarak nya dari mata kail...

    salam gentak..."AREX'S"
    0813-1144-0530

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Replies: 4
    Last Post: 02-03-2009, 17:01
  2. Cerpen : Kisah JA dan Ksatria Bertegeg
    By anakpantai in forum FishyReport
    Replies: 108
    Last Post: 03-02-2009, 03:30
  3. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  4. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts