Closed Thread
Results 1 to 8 of 8

Thread: Umpan Putih Vs Umpan kuning

  1. saiful's Avatar
    saiful is offline RegularFishy saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future
    Real Name
    saiful
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    depok
    Posts
    3,326

    Umpan Putih Vs Umpan kuning

    Buat rekan2 di forum ini bisakah memberikan perbandingan tingkat keberhasilan dan perolehan saat mancing baik lomba ataupun mancing harian dengan menggunakan umpan yang berwarna putih atau kuning....umpan warna apakah yang lebih sering membawa rekan2 keluar sebagai juara/ perolehan yg memuaskan....

    Thread ini saya tujukan supaya kita bisa lebih yakin dalam memilih warna umpan (walaupun dengan bahan yg berbeda2)...ini diluar faktor tekhnik mancing & keberuntungan...

    please yach rekan2 semua....terimakasih sebelumnya atas masukan2nya

    umpan putih/umpan kuning yg lebih sering membawa kita pada keberhasilan dalam memancing????

  2. adam luthfi's Avatar
    adam luthfi is offline RegularFishy adam luthfi is a jewel in the rough adam luthfi is a jewel in the rough adam luthfi is a jewel in the rough adam luthfi is a jewel in the rough
    Real Name
    Adam Luthfi
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    403

    Nimbrung ah...
    dua minggu yang lalu gw mancing lomba pita di daerah Rawabelong sih, yang paling banyak makan korban sih empang kuning..gw bikin 3 macam umpan ( umpan kuning, putih ma coklat ) dengan hasil :
    - Umpan kuning ( campuran ubi kuning ma tuna ) : Ikan makan bagus, berkali2 gw strike cuma ga dapet yang pita...
    - Umpan putih ( pake kinoy ma katulampa ) : Frekuensi sambaran kurang tapi gw dapet 2 pita pake umpan ini ( lumayan )
    - Umpan coklat ( pake pelet "48" udang ) : Minta ampyunnn.. ga ditoel - toel sama sekali, rugi bikin umpan coklat...
    Tapi ini cuma analisis gw pribadi, lain empang lain juga umpannya..

    Salam mancinggggg

  3. innoth's Avatar
    innoth is offline RegularFishy innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute
    Real Name
    -= andrie =-
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Bueitenzorg..Paris van Java
    Posts
    3,476

    Memang Ikan Mas itu ngerti Warna apa yaa..??

    Kalau ada yang tahu, apa sih perbedaan-perbedaan Umpan Kuning & Putih ini secara spesifik ?

    Menurut Saya, yang penting dari wangi umpan nya.. bener ga?

    Thanx atas pencerahan nya..
    -= www.mixobsession.blogspot.com =-

  4. innoth's Avatar
    innoth is offline RegularFishy innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute
    Real Name
    -= andrie =-
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Bueitenzorg..Paris van Java
    Posts
    3,476

    Duh, kok blom ada yg nanggapin ya ?

    Para PAKAR dsini.. plis dounk..

    -= www.mixobsession.blogspot.com =-

  5. adam luthfi's Avatar
    adam luthfi is offline RegularFishy adam luthfi is a jewel in the rough adam luthfi is a jewel in the rough adam luthfi is a jewel in the rough adam luthfi is a jewel in the rough
    Real Name
    Adam Luthfi
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    403

    Pakarnya pada kemana nich..

    Lhaaa,, koq belum ada tanggapan nich..
    Gimana pak / om / mas, bagusan umpan kuning, putih ma coklat??
    biar bisa dijadikan bahan perbandingan??

    Salam mancing selalu dari dulu

  6. bam_gdar's Avatar
    bam_gdar is offline RegularFishy bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all
    Real Name
    `·*»Bhembenk®«*·´
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    ‹•Jåkå®tå Sêlåtån•›
    Posts
    1,959

    Quote Originally Posted by saiful View Post
    Buat rekan2 di forum ini bisakah memberikan perbandingan tingkat keberhasilan dan perolehan saat mancing baik lomba ataupun mancing harian dengan menggunakan umpan yang berwarna putih atau kuning....umpan warna apakah yang lebih sering membawa rekan2 keluar sebagai juara/ perolehan yg memuaskan....
    sedikit info buat om saiful...ini berdasarkan pengalaman ak yah waktu memancing lomba...kl ikan2 diatas 1 kg lebih or super or babon...cenderung menyukai umpan yang berwarna kuning...warna kuning biasanya penggunaan umpan dng menggunakan umbi2an...spt ubi warna kuning...or penambahan kuning telur...kl umpan putih...ikan mas cenderung memakan umpan ini dibawah 1kg...tp itu semua gak bisa kita katakan bahwa ikan2 babon/super tidak suka makan umpan putih...yah tergantung hoki kita lah...bgt aja penjelasan singkat saya mudah2an ada manfaatnya
    Last edited by kakang; 12-02-2008 at 19:32. Reason: maaf bro.. quotenya kepanjangan

  7. b3j0 is offline RegularFishy b3j0 is a jewel in the rough b3j0 is a jewel in the rough b3j0 is a jewel in the rough
    Real Name
    Jatmiko
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    302

    Kalo menurut saya yg msh oyoy ini..dulu sekali saya pernah baca satu artikel yg mengulas kebiasaan dan kesukaan makan ikan emas ini, dan kurang lebihnya begini.. pada dasarnya ikan ini termasuk ikan yg sangat doyan umpan yg berprotein tinggi..entah doi bisa membedakan umpan yg berprotein ama yg enggak itu dari warna atau dari bau, tp mungkin protein ini bisa menyebarkan aroma yg khas setelah bersenyawa dgn air dan ini yg menuntun si ikan mengenali umpan.
    Tapi kalo saya perhatikan, memang semua ramuan umpan yg saya tahu semuanya menyuguhkan makanan yg kaya protein. sebagai contoh : jagung/ubi, telur, susu, keju, mentega, kacang mete, plus kroto yg komposisinya hampir 70% protein. Kebayang khan kandungan protein dari umpan yg kita bikin?!!!!
    Nah dari sini kita bisa ambil kesimpulan sederhana untuk pedoman kita dalam membuat umpan. "Usahakan komposisi umpan kita mengandung byk protein"
    Begitu kira2..tp maaf yach, ini cuma sekedar opini dan bukan menggurui. Jadi mohon koreksi kalo salah..

  8. koyokkoyok's Avatar
    koyokkoyok is offline RegularFishy koyokkoyok is on a distinguished road
    Real Name
    ardi
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    bogor
    Posts
    35

    lha, warna umpan khan ditentukan dari bahan dasarnya, setau saya kl umpan putih itu bahan dasarnya dari yang berasal dari susu atau mie misalnya katullampa kinoy dll sedangkan yang kuning dari jagung. malah kalau pelet jelas2 coklat [pelet coklat ya kalau pelet yang merah ya jadinya merah]

    nah untuk penggunaannya biasanya untuk kolam dengan sirkulasi yang bagus, umpan putih sangat jalan, sedangkan yang entuk alias sirkulasinya pake pompa biasanya umpan kuning alias jagung.

    sedikit bocoran, misalnya di kabeda [depok] harus pake umpan kuning, kl pake umpan putih mah bisa bonjos.

    ada juga yang bilang kl air dingin pake pellet.

    nah semuanya harus pake percobaan dan pengalaman.

Closed Thread

Similar Threads

  1. Kumpulan Resep Umpan Joss
    By b3j0 in forum FishyBait
    Replies: 109
    Last Post: 23-04-2008, 10:10
  2. Membina Umpan di Kolam Galatama
    By kakang in forum Kolam Galatama
    Replies: 55
    Last Post: 01-02-2008, 23:20
  3. Jenis Umpan untuk Memancing Kakap Putih
    By Bara_fisher in forum FishyTrick
    Replies: 44
    Last Post: 29-09-2007, 22:22
  4. Postingkan Umpan Galatama Anda ...!!!
    By metzad in forum FishyPond
    Replies: 37
    Last Post: 16-03-2007, 08:36
  5. Umpan Udang Putih Vs Hitam
    By k1llingt1m3 in forum FishyTalk
    Replies: 6
    Last Post: 18-10-2005, 21:58

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts