Closed Thread
Page 2 of 5
FirstFirst 1 2 3 4 5 LastLast
Results 11 to 20 of 45

Thread: Ask: Apakah analogi bumbu bisa disamakan juga untuk ongol2?

  1. PemancingAmatir's Avatar
    PemancingAmatir is offline RegularFishy PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future
    Real Name
    Ulist
    Join Date
    Oct 2011
    Location
    Bandung - Indonesia
    Posts
    2,758

    Quote Originally Posted by rushday View Post
    ampe skr gw bingung apakah rasa mempengaruhi pola makan ikan ataukah aroma yg menjadi faktor penentu ikan tertarik utk makan atau tidak ?
    Jawabannya adalah..... Aroma.
    *Ibarat Kita Mencium dgn Hidung, dan merasakan dgn Lidah. Berhubung Ikan kagak punya Indra pengecap maka Ikan hanya bisa menghirup Aroma yg dikeluarkan Oleh Umpan atau Aroma yg menyebar dan larut diair. Tapi mungkin jg kali yeee kalo Ikan itu bisa sedikit membedakan unsur manis dan pahit, sementara unsur itu kan susah dikenali dari aromanya sebelum merasakan rasanya. Seperti misalnya Kita mencium Bau Jamu, tentu kita tau rasanya pahit karena sebelumnya kita udah pernah mencium dan merasakan Jamu. Lalu Kita Cium Madu, sudah tentu kita tau kalo Madu Rasanya Manis karena sebelumnya kita juga pernah marasakan rasa madu dan pernah tahu aroma madu kayak gemana. Misalnya Glukosa: Mungkin Juga Ikan menghirup aroma dan jadi suka dgn aroma itu dan berusaha meendekati Aroma itu karena Ikan sedikit tau kalo rasanya Aroma GLukosa itu unsurnya manis. Mungkin gak yaa Ikan sedikit bisa merasakan Dari Aroma yg diciumnya? Menurut saya kayanya masih mungkin pola makan ikan itu dari situ, setelah dia tau Aroma dan unsur rasa yg dikandung oleh Aroma itu maka dia akan mencari Aroma itu dan makan Umpan yg mengandung Aroma tsb. Kalo ternyata bener adanya pola makan ikan seperti itu makannya, kayanya susah utk dijelaskan dgn kata kata hihihihihih.
    Last edited by PemancingAmatir; 30-04-2013 at 15:11. Reason: Tambahan dikit...
    "Damai Itu Indah"

  2. Rudy 007's Avatar
    Rudy 007 is offline Belajar mancing Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute
    Real Name
    Rudy Limansia
    Join Date
    Sep 2006
    Location
    Semarang
    Posts
    10,636

    Di kasih daging + bawang putih nanti bisa jadi semur/pindang, he3. Sori joking ah.
    Rgds,
    Rudy. EMAIL : Rudysen@fishyforum.com

    Link for the new FF member

    http://www.fishyforum.com/fishysalt/...khususnya.html

    If better is possible, so, good is not enough.

  3. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,212

    Quote Originally Posted by PemancingAmatir View Post
    Jawabannya adalah..... Aroma.
    *Ibarat Kita Mencium dgn Hidung, dan merasakan dgn Lidah. Berhubung Ikan kagak punya Indra pengecap maka Ikan hanya bisa menghirup Aroma yg dikeluarkan Oleh Umpan atau Aroma yg menyebar dan larut diair. Tapi mungkin jg kali yeee kalo Ikan itu bisa sedikit membedakan unsur manis dan pahit, sementara unsur itu kan susah dikenali dari aromanya sebelum merasakan rasanya. Seperti misalnya Kita mencium Bau Jamu, tentu kita tau rasanya pahit karena sebelumnya kita udah pernah mencium dan merasakan Jamu. Lalu Kita Cium Madu, sudah tentu kita tau kalo Madu Rasanya Manis karena sebelumnya kita juga pernah marasakan rasa madu dan pernah tahu aroma madu kayak gemana. Misalnya Glukosa: Mungkin Juga Ikan menghirup aroma dan jadi suka dgn aroma itu dan berusaha meendekati Aroma itu karena Ikan sedikit tau kalo rasanya Aroma GLukosa itu unsurnya manis. Mungkin gak yaa Ikan sedikit bisa merasakan Dari Aroma yg diciumnya? Menurut saya kayanya masih mungkin pola makan ikan itu dari situ, setelah dia tau Aroma dan unsur rasa yg dikandung oleh Aroma itu maka dia akan mencari Aroma itu dan makan Umpan yg mengandung Aroma tsb. Kalo ternyata bener adanya pola makan ikan seperti itu makannya, kayanya susah utk dijelaskan dgn kata kata hihihihihih.
    awalnya saya berasumsi ikan punya 3 indera untuk mengenali makanannya/umpan/mangsa yaitu : indra penlihatan, indera penciuman, dan indera sensorik...
    ternyata setelah banyak baca dan berdiskusi di FF... dan di dukung dgn literatur dari mbah Gogon eh Google... Ikan juga memiliki indera pengecap yg adanya di insang (bersatu dengan indera penciuman)... indera pengecap ini bisa membedakan rasa... manis, gurih, pedas dll.
    Young Naturalists: Fish Sense: Minnesota Conservation Volunteer: Minnesota DNR

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  4. PemancingAmatir's Avatar
    PemancingAmatir is offline RegularFishy PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future
    Real Name
    Ulist
    Join Date
    Oct 2011
    Location
    Bandung - Indonesia
    Posts
    2,758

    Om Sigit,
    Berarti Mencari atau mengenali aroma dulu kemudian disedotlah itu umpan. Lalu setelah dirasa enak, maka itu Nyimas akan mencari Aroma itu lagi. KAlo sudah bosan maka akan mencoba Aroma yg lain, dan disaat udah mengenali itu aroma dan tau rasa yg dikandung oleh itu Aroma maka Itu Nyimas Lagi lagi akan mencari Aroma itu lagi, bgituLah seterusnya. Apa bgitu yeeee polanya.....?

    *Maaf kalo OOT.
    "Damai Itu Indah"

  5. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,212

    Quote Originally Posted by PemancingAmatir View Post
    Om Sigit,
    Berarti Mencari atau mengenali aroma dulu kemudian disedotlah itu umpan. Lalu setelah dirasa enak, maka itu Nyimas akan mencari Aroma itu lagi. KAlo sudah bosan maka akan mencoba Aroma yg lain, dan disaat udah mengenali itu aroma dan tau rasa yg dikandung oleh itu Aroma maka Itu Nyimas Lagi lagi akan mencari Aroma itu lagi, bgituLah seterusnya. Apa bgitu yeeee polanya.....?

    *Maaf kalo OOT.
    betul.... makanya kalo kita main Galatama umpan juara hanya bisa bertahan 2 sampai 3 minggu... setelah itu bukan umpan juara lagi.
    Kita harus bikin resep baru agar mpan yg baru ini bisa di makan ikan.

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  6. burhanuddin's Avatar
    burhanuddin is offline RegularFishy burhanuddin has a brilliant future burhanuddin has a brilliant future burhanuddin has a brilliant future burhanuddin has a brilliant future burhanuddin has a brilliant future burhanuddin has a brilliant future burhanuddin has a brilliant future burhanuddin has a brilliant future burhanuddin has a brilliant future burhanuddin has a brilliant future burhanuddin has a brilliant future
    Real Name
    burhan
    Join Date
    Aug 2009
    Location
    bogor
    Posts
    1,611

    Mantapppp...nice info om Ulis
    Sok lah di Lanjut says Mau nyeduh Kopi dulu
    Salam, Pemancing AKAP



    Burhantea

  7. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,212

    Quote Originally Posted by burhanuddin View Post
    Mantapppp...nice info om Ulis
    Sok lah di Lanjut says Mau nyeduh Kopi dulu
    Eiittttss jangan ngopi mulu....!!!
    Nih salah satu suhu racik mpan.....!!! Sok atuh di sharing elmuna....

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  8. masaru_angler's Avatar
    masaru_angler is offline RegularFishy masaru_angler will become famous soon enough masaru_angler will become famous soon enough
    Real Name
    adrian
    Join Date
    May 2012
    Location
    kosambi baru, jakarta barat
    Posts
    261

    Nyimak dulu ahhhhh... para master berdebat bumbu.... hehehehe

  9. PemancingAmatir's Avatar
    PemancingAmatir is offline RegularFishy PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future
    Real Name
    Ulist
    Join Date
    Oct 2011
    Location
    Bandung - Indonesia
    Posts
    2,758

    Quote Originally Posted by burhanuddin View Post
    Mantapppp...nice info om Ulis
    Sok lah di Lanjut says Mau nyeduh Kopi dulu
    Ini Dia Master tp teriak Amatiran.... hadeuh, mangga sumbangsihnya sepatah dua patah eLmu.

    Nb OOT: SIM mah seLaLu Lancar, tp abis sakit Saminggon janten teu tiasa ngiringan CingReng. Kamari testing ehhhh rada tepar deui hehehehehehe. Ngan tiasa ngadu'a semoga Acaranya Lancar AMiiiiiin. Cakarannya via MBanking aja hihihih.
    "Damai Itu Indah"

  10. bmoer's Avatar
    bmoer is offline RegularFishy bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute
    Real Name
    bara
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,331

    Coba lihat video ikan mas di dasar danau ini..., beberapa kali umpan di sedot masuk ke mulut tapi di muntahkan lagi..., apakah ikan tidak suka dengan aromanya atau bentuknya...?

    Carp under water - YouTube

Closed Thread
Page 2 of 5
FirstFirst 1 2 3 4 5 LastLast

Similar Threads

  1. Apakah mba'wal bisa di popping???
    By Yadi Al Ghivary in forum FishyTalk
    Replies: 22
    Last Post: 25-10-2012, 05:59
  2. Apakah ikan bisa merasakan sakit?
    By fishy in forum FishyTalk
    Replies: 51
    Last Post: 21-10-2008, 19:17
  3. apakah ikan ini bisa di tipu pake JIG...?
    By wahyu_untung in forum FishyJig
    Replies: 15
    Last Post: 02-07-2008, 23:29
  4. Apakah ini bisa terjadi di Indonesia???
    By sixtysix in forum Off Topic
    Replies: 14
    Last Post: 30-05-2008, 10:57
  5. Replies: 9
    Last Post: 15-08-2007, 07:22

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts