Closed Thread
Results 1 to 10 of 10

Thread: Bingung Dengan Takaran Essen Oplosan Untuk Umpan Aci Ikan Mas

  1. batavia's Avatar
    batavia is offline RegularFishy batavia is on a distinguished road
    Real Name
    billy
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    Surabaya
    Posts
    7

    Bingung Dengan Takaran Essen Oplosan Untuk Umpan Aci Ikan Mas

    sampai saat ini saya masih belum begitu paham
    penggunaan ukuran essen oplosan untuk umpan
    aci ikan tombro (Mas)....
    Bila kita menggunakan takaran ukuran Aci 30g...
    Air 170ml... sebaiknya... pada umumnya ikan
    tombro mau makan umpan Aci kita kira2 essen
    oplosan yg harus kita berikan sampai berapa cc
    ya ?
    Mohon petunjuk dan pencerahannya dari para
    suhu master galatama ikan mas (tombro)....
    Khususnya yg berada di kota surabaya.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak
    terima kasih.

  2. taqy's Avatar
    taqy is offline RegularFishy taqy is on a distinguished road
    Real Name
    adnan taqy
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    72

    kalo yang saya suka buat sih 2 sendok aci air 3/4 gelas aqua oplosan 2 tutup botol oplosan hehe
    dimana wae lah nu penting nguseup!

  3. batavia's Avatar
    batavia is offline RegularFishy batavia is on a distinguished road
    Real Name
    billy
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    Surabaya
    Posts
    7

    Quote Originally Posted by taqy View Post
    kalo yang saya suka buat sih 2 sendok aci air 3/4 gelas aqua oplosan 2 tutup botol oplosan hehe
    Ok Om Taqy...
    Nanti akan saya coba

    Terima Kasih

  4. rushday's Avatar
    rushday is offline Regular Fishy rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future
    Real Name
    Rushday
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Jatiwaringin, Pd.Gede, Bekasi
    Posts
    3,931

    Quote Originally Posted by taqy View Post
    kalo yang saya suka buat sih 2 sendok aci air 3/4 gelas aqua oplosan 2 tutup botol oplosan hehe
    idem bos..... gw juga biasanya begitu kalo lagi bikin umpan sendiri, cuma biasanya soal bikin umpan gw serahin ke kdi yg gw anggap lebih ngerti dari gw tentunya. hehehehehehehehe................

  5. anto's Avatar
    anto is offline RegularFishy anto is a splendid one to behold anto is a splendid one to behold anto is a splendid one to behold anto is a splendid one to behold anto is a splendid one to behold anto is a splendid one to behold anto is a splendid one to behold
    Real Name
    Anto Mbulet
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Magetan-Surabaya
    Posts
    830

    Quote Originally Posted by rushday View Post
    idem bos. biasanya soal bikin umpan gw serahin ke kdi yg gw anggap lebih ngerti dari gw tentunya. hehehehehehehehe................
    Nah..kalo saya sekarang sama seperti kang rushday hehehe....apa kata kedi lah..kita fokus aja di mancing nya..kalo ga makan pasti kedi yang bingung..seperti selasa kemaren..waktu aku nyamperin kang Batavia di lapaknya..satu jam msh narik 1...tapi kedi berkreasi hingga akhirnya total 37 ikan kemaren...hehehe
    Kalo di Surabaya mas..sharing aja...dulu saya pake perbandingan 2 : 3 : 7 (Essen : Kanji : Air )..banyak yang bilang itu tipikal aci an keras...
    Emang kalo di gram kan 1 tutup botol aqua setara 8ml..jadi kalo 2 16 hehehe....gimana ga maen keras wong airnya Hijau bangets kayak gitu...malah kalo pake pelet satu umpan bisa 20-25 ml oplosan hehehehe...itu dulu lo ya...kalo sekarang mah...manut sama kedi..hehe
    Nuwun....
    Salam Paseduluran...
    Yo Mancing yo....

  6. PemancingAmatir's Avatar
    PemancingAmatir is offline RegularFishy PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future
    Real Name
    Ulist
    Join Date
    Oct 2011
    Location
    Bandung - Indonesia
    Posts
    2,699

    Utk mencapai takaran yang bener2 mendekati Sempurna memang musti ribet2 dikit. Ada baiknya kalo emang kita menggunakan 1 Resep oplosan maka tuliskan dikertas harian (Catatan Mancing).
    Misal:
    1. Minggu pertama pake 1 tutup botol hasilnya Boncos.
    2. Minggu ke 2 pake 1 1/4 tutup hasilnya ada tarikan tapi sedikit.
    3. Minggu ke 3 pake 1 1/2 tutup hasilnya Lumayan.
    4. Minggu ke 4 pake 1 3/4 tutup hasilnya Neter.
    5. Pake 2 tutup hasilnya Neter Abis.

    Nah kalo udah Neter abis seperti point 5 maka kita perlu nambah porsi dikit misalnya jadi 2 tutup 10 tetes, kalo hasilnya kembali ke point 1 s/d 3 maka Takaran yg pas yaitu point 3 dan 5 (ini yg perlu kita Catat TebaL di Buku Harian Mancing). LaLu kenapa kalo udah ketauan hasilnya neter kenapa malah takaran kita tambahin menjadi 2 tutup 10 tetes...? Kan cupaya kita lebih tahu bahwa dikolam "A" maksimal takaran oplosan kita itu cuma sampe 2 tutup aja.

    *Langkah itu saya terapkan dalam membuat Umpan Mancing biasa dgn bahan2 Non Essen.
    "Damai Itu Indah"

  7. syahrini is offline RegularFishy syahrini is a splendid one to behold syahrini is a splendid one to behold syahrini is a splendid one to behold syahrini is a splendid one to behold syahrini is a splendid one to behold syahrini is a splendid one to behold syahrini is a splendid one to behold syahrini is a splendid one to behold
    Real Name
    iskandar
    Join Date
    Dec 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    926

    Quote Originally Posted by PemancingAmatir View Post

    *Langkah itu saya terapkan dalam membuat Umpan Mancing biasa dgn bahan2 Non Essen.
    Bener juga sih.. cuma kalo udah di minggu ke-5 tarikan masih sepi berarti OPLOSANNYA AMSIONG.. hehehe
    Ngacir.....

  8. PemancingAmatir's Avatar
    PemancingAmatir is offline RegularFishy PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future
    Real Name
    Ulist
    Join Date
    Oct 2011
    Location
    Bandung - Indonesia
    Posts
    2,699

    Quote Originally Posted by syahrini View Post
    Bener juga sih.. cuma kalo udah di minggu ke-5 tarikan masih sepi berarti OPLOSANNYA AMSIONG.. hehehe
    Betul.....

    Saya biasanya Bgitu Om. Saya tulis di kertas, takaran takarannya. Sampe ketemu takaran yg pas, gpp boncos berkali kali (namanya jg belajar meracik). Malahan setiap Saya bikin report di FishyReport (baik narik sedikit atau Neter) pasti saya tuliskan di NotePad (utk bahan evaluasi dan baca baca), jadi kalo mau mancing tinggal pilih menu yg mana, gitu. Tapi Selama ini saya cuma mancing di kolam KiLo Gebrus dan pake Bahan Non Essen, tp Teori yg saya tuliskan diatas sama aja dah utk Essen dan Non Essen (langkahnya)
    "Damai Itu Indah"

  9. syahrini is offline RegularFishy syahrini is a splendid one to behold syahrini is a splendid one to behold syahrini is a splendid one to behold syahrini is a splendid one to behold syahrini is a splendid one to behold syahrini is a splendid one to behold syahrini is a splendid one to behold syahrini is a splendid one to behold
    Real Name
    iskandar
    Join Date
    Dec 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    926

    Quote Originally Posted by PemancingAmatir View Post
    pasti saya tuliskan di NotePad (utk bahan evaluasi dan baca baca),
    Bener om... segala sesuatu perlu analisa bukan cuma ngandelin hoki doang xixixixi... nah kalo udah gitu ganti dong namanya bukan pemancing amatir lagi tapi pemancing profesional hehehehe..
    Ngacir.....

  10. PemancingAmatir's Avatar
    PemancingAmatir is offline RegularFishy PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future PemancingAmatir has a brilliant future
    Real Name
    Ulist
    Join Date
    Oct 2011
    Location
    Bandung - Indonesia
    Posts
    2,699

    Quote Originally Posted by syahrini View Post
    Bener om... segala sesuatu perlu analisa. nah kalo udah gitu ganti dong namanya bukan pemancing amatir lagi tapi pemancing profesional hehehehe..
    Kebetulan Saya berprofesi sebagai Dokter (Dokter Rongsokan hehehehe), jadi saya sangat senang menganalisa, corat coret, dan sebangsanya. Tapi Tetep Saya masih Amatiran hahahahhaha.
    "Damai Itu Indah"

Closed Thread

Similar Threads

  1. Replies: 12
    Last Post: 25-08-2012, 17:43
  2. Replies: 16
    Last Post: 30-06-2012, 11:13
  3. jual umpan mancing oplosan galatama ikan mas......
    By kembang goyang in forum Kolam Galatama
    Replies: 38
    Last Post: 26-07-2011, 11:25
  4. essen buah untuk ikan mas
    By NURDIN RZQ in forum FishyPond
    Replies: 19
    Last Post: 16-06-2011, 08:43
  5. Ask : Oplosan Essen Umpan Belut
    By Buntalak in forum FishyBait
    Replies: 3
    Last Post: 28-05-2011, 18:45

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts