Closed Thread
Results 1 to 10 of 10

Thread: ASK: Campuran Essen; Apakah ada perbedaan oplos essen dadakan & lama?

  1. hans28 is offline RegularFishy hans28 is on a distinguished road
    Real Name
    Fransiskus Boli W
    Join Date
    May 2011
    Location
    Kotabambu Selatan
    Posts
    33

    ASK: Campuran Essen; Apakah ada perbedaan oplos essen dadakan & lama?

    Guys,
    Saya mau bertanya mengenai oplosan untuk kolam galatama ikan mas. Mohon pencerahannya dari teman2:
    1. Pasti ada perbedaan antara oplosan dadakan dan oplosan lama. Kalau boleh sharing pengalaman sebetulnya yang lebih bagus (kemungkinan neter lebih besar) itu oplosan dadakan atau yang lama?
    2. Apakah setiap oplosan harus diberikan essen choya atau tenggiri?

    Itu aja pertanyaan dari saya, hehehe. Sekalian report dikit ya ,Pas hari sabtu 10/11 ikut galatamaan ikan mas acara kantor di MBAU cuma narik 9 ekor, main siang jam 9-13.00 , cuaca panas berawan, air hijau kaya cendol, umpan ongol2 essen pala dari caddy. Essen dadakan yang buat di rumah gatot (kurang mateng & ancur). Kata caddy bagusan kalau essen yang oplosan bukan dadakan.

    Mohon pencerahan. Om moderator kalau sdh pernah dibahas mohon bantuan link-nya.
    Tk.

  2. gentur_blacklotus's Avatar
    gentur_blacklotus is offline RegularFishy gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future
    Real Name
    Gentur
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Jatiwaringin..jakarta
    Posts
    7,006

    Menurut ane sama bagusnya ...

    Kl masalah oplosan dadakan yang Gatot itu mah cuma di masalah terburu2 aja bikin umpannya jadi hasilnya berantakan ...
    08881901217

  3. wongcerbon's Avatar
    wongcerbon is offline Wayahanu wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute
    Real Name
    Agung - ID 2137
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Tomang
    Posts
    3,920

    Setuju dengan mbah Gentur, tidak ada perbedaan antara oplosan lama dengan oplosan dadakan secara logikanya.
    Mungkin hanya feeling aja, kalau oplosan lama sudah lebih yakin atau berasa mantep.
    Jadi saran sih coba sediakan aja oplosan siap saji om. Dan kalau kita terburu2 untuk bikin umpan nanti tinggal tuang saja ga perlu mikir berapa cc masing2 esennya.
    ---------Wong Cerbon---------
    **wejangan sesepuh yang bikin adem ati**


  4. innoth's Avatar
    innoth is offline RegularFishy innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute
    Real Name
    -= andrie =-
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Bueitenzorg..Paris van Java
    Posts
    3,476

    Quote Originally Posted by hans28 View Post
    1. Pasti ada perbedaan antara oplosan dadakan dan oplosan lama. Kalau boleh sharing pengalaman sebetulnya yang lebih bagus (kemungkinan neter lebih besar) itu oplosan dadakan atau yang lama?
    IMO : Oplosan dadakan akan kurang homogen.. Sedang Oplosan yg lama akan lebih tercampur..
    Thread mengenai tehnikcampur menyampur Oplosan : Teknik Nyampur Essen antara Oil base, Water base, Alkohol base

    Quote Originally Posted by hans28 View Post
    2. Apakah setiap oplosan harus diberikan essen choya atau tenggiri?
    .
    Ga tuh.. Oplosan sy banyak yg ga pake..
    -= www.mixobsession.blogspot.com =-

  5. hans28 is offline RegularFishy hans28 is on a distinguished road
    Real Name
    Fransiskus Boli W
    Join Date
    May 2011
    Location
    Kotabambu Selatan
    Posts
    33

    Tk Pak Gentur,
    Btw, setelah baca-baca thread mengenai ongol2 maka saya mencoba buat.
    Urutan saya membuat ongol2 (Pake Plastik) adalah sbb:
    1. oplosan essen masukkan ke gelas air kemasan 240 cc
    2. berikan air kurang lebih 3/4 gelas
    3. berikan sagu (beli di supermarket, kelihatan masih bagus) 2 sendok makan munjung
    4. aduk-aduk, masukkan ke kantong plastik
    5. rebus sampai setengah matang sambil ditekan-tekan kurang lebih 5 menit , dengan posisi plastik bagian atas tetap terbuka
    6. setelah kental/mulai mengeras di angkat terus dipenyet2 pakai lap
    7. rebus kembali kurang lebih 5 menit
    Pas di rumah "sepertinya" tuh ongol2 sdh ok, eh pas sampai di kolam kata caddy belum matang. Kata dia kalau sdh matang sagu + plastik akan ngambang. Memang saya rebus tidak lama2 takut jadi dodol.
    Kalau memang ada langkah saya yang kurang mohon bantuan pencerahan dari teman2 hehehe. Btw nanti mau coba lagi ...


    PS. Sebetulnya sdh contact2 & mau belajar sama Mas Agung Wong Cerbon, cuma minggu lalu pulang malem terus jadi gak sempat deh.

  6. hans28 is offline RegularFishy hans28 is on a distinguished road
    Real Name
    Fransiskus Boli W
    Join Date
    May 2011
    Location
    Kotabambu Selatan
    Posts
    33

    Quote Originally Posted by wongcerbon View Post
    Setuju dengan mbah Gentur, tidak ada perbedaan antara oplosan lama dengan oplosan dadakan secara logikanya.
    Mungkin hanya feeling aja, kalau oplosan lama sudah lebih yakin atau berasa mantep.
    Jadi saran sih coba sediakan aja oplosan siap saji om. Dan kalau kita terburu2 untuk bikin umpan nanti tinggal tuang saja ga perlu mikir berapa cc masing2 esennya.
    Mas Agung, iya gak sempet kursus tuh hehehe. Btw, nanti kalau pas waktunya boleh coba oplosan saya di galatama patin SMU 63 petukangan. Thanks sarannya.

  7. hans28 is offline RegularFishy hans28 is on a distinguished road
    Real Name
    Fransiskus Boli W
    Join Date
    May 2011
    Location
    Kotabambu Selatan
    Posts
    33

    Quote Originally Posted by innoth View Post
    IMO : Oplosan dadakan akan kurang homogen.. Sedang Oplosan yg lama akan lebih tercampur..
    Thread mengenai tehnikcampur menyampur Oplosan : Teknik Nyampur Essen antara Oil base, Water base, Alkohol base

    Ga tuh.. Oplosan sy banyak yg ga pake..
    Om andrie tk yah,
    @mengenai campuran yang lebih homogen, iya saya setuju dari penciuman saya memang yang sdh lama campur kok lebih halus aromanya ya.
    @Yang mengenai choya or tenggiri, saya kok cium dia jadi mendominasi aroma jadi amis, padahal cuma 1 or 2 cc dibandingkan dengan aroma yang utama. Jadi aroma (e.g. pandan, strawberry) jd kaya kalah gitu. (apa mungkin karena oplosan dadakan ya?)

  8. gentur_blacklotus's Avatar
    gentur_blacklotus is offline RegularFishy gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future
    Real Name
    Gentur
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Jatiwaringin..jakarta
    Posts
    7,006

    Karena masaknya kurang lama itu lah makanya belum jadi umpan ongol2nya ..
    Tata caranya sich sudah benar,tinggal masaknya aja
    08881901217

  9. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,216

    mungkin ketika ngaduk waktu masaknya ngga rata jadi masih ada gumpalan keputihan.......
    harus sering di aduk2 biar rata panasnya/masakknya.

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  10. Batman's Avatar
    Batman is offline CIDEC Batman has a brilliant future Batman has a brilliant future Batman has a brilliant future Batman has a brilliant future Batman has a brilliant future Batman has a brilliant future Batman has a brilliant future Batman has a brilliant future Batman has a brilliant future Batman has a brilliant future Batman has a brilliant future
    Real Name
    Ricky Irmansyah
    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Depok
    Posts
    4,545

    Mantab-mantab ulasan sesepuh...ijin gelar tiker and nyimak.
    Salam,
    Ricky Irmansyah

Closed Thread

Similar Threads

  1. Tanya campuran essen untuk upil mete
    By tonydermawan in forum FishyBait
    Replies: 6
    Last Post: 06-12-2012, 15:56
  2. Replies: 23
    Last Post: 19-09-2011, 17:04
  3. Perbedaan shimano scimitar lama vs baru
    By Ipras in forum FishyTackle
    Replies: 7
    Last Post: 14-02-2011, 22:25
  4. Tanya: Apakah oplosan essen bisa basi?
    By hazet in forum FishyBait
    Replies: 10
    Last Post: 28-11-2010, 18:42
  5. Replies: 0
    Last Post: 12-05-2008, 09:49

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts