+ Reply to Thread
Page 1 of 23
1 2 3 4 5 6 11 ... LastLast
Results 1 to 10 of 223

Thread: Kumpulan Umpan Galatama Bawal

  1. lucky10's Avatar
    lucky10 is offline RegularFishy lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future
    Real Name
    YOKA
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    Depok , Jawa Barat
    Posts
    1,097

    Kumpulan Umpan Galatama Bawal

    KUMPULAN UMPAN GALATAMA BAWAL


    Sebelumnya ane minta maaf sama suhu-suhu di FF kalau umpan yang ane coba kumpulin dari berbagai thread di FF dan info dr pemancing yg ditemuin di kolam GT Bawal digabung disini nggak lengkap , niatnya Cuma mau memudahkan aja bagi pemula GT Bawal seperti ane cari inspirasi bikin umpan buat ngegaet Bawal di Kolam Galatama.Karena umpan yang dimakan ikan bawal tergantung mood / musiman (tergantung suasana hati si Bawal……hehehe ) .

    Perlu diperhatikan di GT Bawal :
    - Cari info peraturan dan umpan yang dilarang di pemancingan tersebut
    - Lihat umpan yang sedang jalan / digemari ikan di kolam tersebut ( bisa dilihat dr sebagian besar pemancing di kolam tersebut pakai umpan apa )

    Umpan yang ane dah sering temuin di GT Bawal :

    1. Upil ngacir
    2. Tahu / Tempe
    3. Kue Cucur
    4. Roti tawar tanpa kulit
    5. Cacing Kalung
    6. Ikan Cere/ guppy Laut
    7. Anak ikan Mas
    8. Anak kodok
    9. Ulat Daun Pisang
    10. Yuyu/ Kepiting Sawah
    11. Laba-laba
    12. Jangkrik ( dibakar pakai korek gas sebelum dilempar ke kolam )
    13. Kepompong Capung
    14. Irisan Buah Pisang
    15. Irisan Buah Kelapa sawit (yang sdh matang )
    16. Irisan Buah Nangka
    17. Irisan Buah Jambu Biji Merah
    18. Irisan buah Mangga Kweni
    19. Irisan buah Kelapa Muda
    20. Potongan Daging ikan Salmon
    21. Keong Sawah (Cangkang dan Daging dibuang , ambil bagian kotoran / jeroannya saja )
    22. Kelomang / keong laut ( Cangkang dan Capit dibuang , ambil bagian jeroannya

    23. Resep Umpan : upil

    Creator : Bams Camar

    Cara buat dan pakai : Upil terbuat dari kacang mede atau mete cara buat : 1/2 kg kcaang mede,1/4 kacang kenari,1/4 kacang almond beli di toko bahan kue saja di tambah wisman 3 sndk makan dan ovalet 1/2 toples kecil tempat seperti blueband.semua kacang di sangrai lalu di blender hingga halus,lalu di ulek hingga dapat di buat seperti pelet lallu campur wisman dan ovalet tadi. bisa id tambahkan essen beef/tenggiri sedikit saja (5 s/d 7 tetes) lalu di buat bulat sebesar kc g sukro dan tancapkan di ujung mata kail.namun kita harus perlu jemper untuk mengumpulkan ikan dan jarak lempar.jemper terbuat dari kacang tanah yg di sangrai lalu blender kasar saja agar ketika di lempar cepat buyar dlm air.selamat menikmati gentak tiada henti.

    24. Resep Umpan : Sasak Ikan Mas

    Creator : Bams Camar
    Bahan : ikan mas yang berukuran 1kg 2ekor/ 3ekor, bersihkan dari sisiknya lalu kukus dengan daun salam dan daun pandan secukupnya. dan 1 batang sereh. kukus ikan selama 15 menit paling lama 25menit. lalu pisahkan daging dengan kulitnya,buang seluruh durinya. setelah daging terpisah usahakan menggunakan 2 baskom ketika akan memancing 1 utk tmpt ikan 1.untuk mencuci tangan . gunakan matakail no 5 s/d 6. tancapkan daging ikan di matakail dengan cara di sisir hingga mengumpul,bukan di pulung seperti pelet.makanya kita sebut sasak.gunakan benang ukuran 0,25 s/d 0,26 ini di perlukan agar
    lemparan dapat jauh hingga blower jika jarak lemparnya jauh.lemparan pertama dan ke dua harus anda buang untuk mengumpulkan ikan,nah lemparan ketiga tunggu sampai ada strike.jika sudah ada strike maka umpan ini akan membuat tetangga kiri kanan cuma menonton anda mancing dan kehebatan umpan ini ikan yang makan mulai dari yg kecil sampai babon impian pun bisa kita dapatkan. mohon jangan sampai terlambat menggentak karna sedikit gerakan benang ikan sudah makan umpan kita

    25.. Resep Umpan : Nasi bejek

    Creator : Bams Camar
    umpan babon bawal nasi bejek"
    jika pemancingan tidak melarang umpan nasi sama juga dengan umpan cendil. kita akan berlomba dengan meracik essen untuk umpan tersebut.

    ambil plastik ukuran setengah kilo lalu masukan nasi setengah saja dari ukuran plastik tersebut. usahakan nasi dalam keadaan hangat agar tidak lengket dan mudah di bejek masukan seperempat santan kara bungkus kecil ,setelah di bejek lembut hingga tidak ada butiran nasi lagi
    lau teteskan essen tenggiri min 3 tetes maximal 7 tetes jangan lebih karna jika baunya menyengat bawal babon tidak sempat makan
    setelah ramuan di bejek rata umpan siap di gunakan,usahakan menggunakan mata kail no 6 s/d 7 ,buatlah pulungan atau lontongan seperti membuat umpan pelet lalu benamkan mata kail hingga tidak terlihat,usahakn pemasangan tetap dalam plstik umpan tadi tanpa tersentuh tangan karna di takutkan anda merokok hingga umpan berbau rokok tentunya bawal tidak akan makan. selamat mencoba usahakan umpan di buat dalam pulungan besar tiap ingin di umpankan agar yang kita nanti adalah babon bukan ikan rame,seukuran jempol tangan minimal max jempol kaki. biasnya paling kecil ikan berukuran 9ons.
    ingat umpan jangan terlalu menyengat baunya jika memang anda bersabar menanti babon yg makan.

    26. Resep Umpan : 2 B (Babon atau Bagong)

    Creator : Bams Camar
    Umpan 2B sebetulnya lebih kepada singkatan Babon apa bagong. ini buat mereka yang punya mental juara karna memerlukan kesabaran ,anda berani? silahkan mencoba Resep 2B ini. beli roti tawar 1 bks .buang kulitnya dan tiap lembar potong menjadi 4 bagian,lalu letakan mata kail berukuran 6 atau 7 ( karna yg makan pasti ikan berukuran besar) di tengah roti tadi lalu anda bejek perlahan menjadi sebuah gulungan umpan celupkan ke air asal basah lalu tekan atau remas pada bagian yg bermata kail lalu lempar ke pancuran blower (biasa babon bermain di situ ) jika terjadi strike anda harus gentak agak kuat tapi jangan terlalu keras takut benang kita tidak kuat saat ikan fight dengan kita. namun jika tidak terjadi strike anda tunggu 5 hingga 10menit.dan ulangi lagi lemparan .jika umpan rontok anda ganti dengan yg baru.
    perlu kita ketahui bahwa ikan bawal adalah ikan jenis badan lebar yg kalau menurut pengamatan saya selalu bermain setengah air bukan di dasar.namun jika cuaca hujan lebat ikan ini akan berada di atas kita siasati dengan umpan ngambang ( tempe potong kotak atau anak ikan mas,mujair dan cere laut )
    jika umpan ngambang anda tidak boleh lengah karna sedikit gerakan benang berarti bawal sudah makan umpan kita. mudah2an bermanfaat buat anda yg ingin merasakan tarikan bawal babon masalah juara adalah hoki tapi yg pasti kita sudah menang strategi tempur kalau istilah perang.

    27 Resep Umpan Dasar Wajib


    Creator : Tom736
    1 botol pasta pisang ambon cap kupu2
    1/2 botol choya
    Dicampur 3 sendok makan munjung Sagu /aci ditambah air secukupnya , dimasak jadi cendil
    Kombinasikan kalau cuaca panas ditambah essence Lychee 5-10 tetes dan kalau cuaca dingin ditambah essence Almond 5-10 tetes

    28. Resep Umpan Pelet 781


    Creator : Aston
    UMPAN PELET 781
    Mau share umpan murmer buat GT bawal

    Pelet lele 781 di haluskan ( blender ), setelah halus bagi dua dan masukin ke dalam 2 kntong plastik kiloan,wisman 3 sendok teh di larutkan pake air panas dikit aja sampe larut tambah telor 2 butir aduk rata,campur larutan wisman dan telur ke 2 plastik tersebut,plastik 1 di buat agak kenyal buat di bikin upil,sementara plastik 2 di bikin awur jangan terlalu keras jadi bisa buat bemper dan ngumpulin umpan.

    Cara pakai,plastik 1 di buat kecil2 kayak umpan upil dan taro di ujung kail, untuk plastik 2 di pulung besar buat bemper.
    Last edited by gentur_blacklotus; 05-04-2011 at 10:25.
    Reply With Quote Reply With Quote   Share with Facebook

  2. lucky10's Avatar
    lucky10 is offline RegularFishy lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future
    Real Name
    YOKA
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    Depok , Jawa Barat
    Posts
    1,097

    sorry om moderator , tambahan (mau di edit loading lama nggak nge save )

    29. creator umpan : Sigit_Susilo

    Umpan Kacang Mete (I)

    Bahan-bahan :
    2 tongkol jagung manis (sweetcorn ) muda 0,5 sendok teh gula pasir
    1,5 ons ubi jalar manis 2 ons kacang mete
    1 ons singkong 1 ons kacang tanah
    0,5 ons keju Kraft 0,5 sendok garam
    2 kuning telur ayam kampung mentega secukupnya

    Cara membuat :
    Kacang mete dan kacang tanah digoreng dengan mentega, setelah matang keduanya kemudian diblender sampai benar-benar halus. Jagung muda, ubi jalar, dan singkong dikupas lalu diparut sampai halus demikian juga keju kraft dihaluskan, diaduk jadi satu dengan bahan-bahan yang lain, kemudian dibungkus, dikukus dengan api besar sampai matang. Pada saat digunakan, umpan jagung ini harus dicampur dulu dengan kroto atau daging belut.

    Umpan Kacang Mete ()II


    Bahan-bahan :
    150 gram ubi jalar 50 gram kacang tanah goreng
    50 gram kacang mete goreng 1,5 sendok garam halus
    100 gram singkong 2 kuning telur ayam kampung
    2 tongkol jagung manis 1,5 sendok makan gula
    50 gram keju

    Cara membuat :
    Kukus ubi jalar, singkong, dan jagung manis sampai setengah matang. Parut keju kemudian aduk rata bersama kuning telur. Giling kacang tanah dan mete dengan blender, sampai halus. Tambahkan ubi jalar, singkong, jagung yang telah dikukus, keju dicampur kuning telur, garam, dan gula. Blender sekali lagi hingga halus dan tercampur merata. Kukus adonan yang telah diblender diatas cetakan kue beralas daun pisang kurang lebih 30 menit. Campurkan kroto sewaktu akan digunakan.

    resep2 ini bisa di lihat di kumpulan umpan Umpan Kolam Harian dan Kiloan

    Atau coba:

    Umpan Galatama Bawal - BUSMAN 1

    • 1 pack pelet si Jempol - Amis Spesial (bungkus merah)
    • 1/2 pack pelet si Kumpay
    • 1 btr telur kocok
    • beberapa tetes essen tenggiri (secukupnya saja)

    Caranya: aduk semua bahan diatas, seduh dengan air panas mendidih. Siap dipakai.


    Umpan Galatama Bawal - BUSMAN 2

    • 1 pack pelet si Jempol - Amis Spesial (bungkus merah)
    • 1/2 pack pelet 313
    • Segenggam jangkrik (di blender)
    • beberapa tetes melati (secukupnya saja)

    Caranya: Campurkan pelet. Ambil jangkrik kira2 segenggaman tangan (kira2 30 ekor) lalu di blender. Seduh pake air panas mendidih, tetesi melati sedikit. Umpan siap dipakai.
    Last edited by gentur_blacklotus; 05-04-2011 at 10:28.
    Reply With Quote Reply With Quote   Share with Facebook

  3. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    9,852

    makasih Yoka aka lucky10... dah mau ngumpulin resep2 GT bawal yg ada di beberapa thread...
    bagus agar mudah mencarinya....
    silahkan di lanjutka... kami dukung.
    untuk yg lain bisa menambahkan juga... hasil dari report2 pancing GT bawal.

    good job.

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris
    Reply With Quote Reply With Quote   Share with Facebook

  4. 1818's Avatar
    1818 is offline RegularFishy 1818 is a glorious beacon of light 1818 is a glorious beacon of light 1818 is a glorious beacon of light 1818 is a glorious beacon of light 1818 is a glorious beacon of light
    Real Name
    Imam Gunawan Soetrowidjojo
    Join Date
    Feb 2010
    Location
    Pondok Kelapa - Jakarta Timur
    Posts
    755

    muantabbbsssssssss......neh.....
    mo mikut numpang belajar bawal om......boleh yah?
    salam,
    Goen
    YM: isgoen
    Brighten up fishing with......Datsun
    Reply With Quote Reply With Quote   Share with Facebook

  5. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    9,852

    nambah ya... boleh ya...!!!
    ini ada resep juga dari saya berbahan dasar pelet.

    30. Umpan Duren om BUSMAN
    - pelet tongkol/tuna satu bungkus
    - satu biji Duren monthong (cukup satu biji, jangan satu buah utuh... kalo buahnya yg satu utuh buat pemancingnya ajah)
    - 2 kuning telor asin (bekbek)

    Pelet tongkol/tuna di seduh air hangat, masukkan daging duren (satu biji ajah) + kuning telor... uleni biar kalis. selamat mencoba.


    31. Umpan Martabak Manis om BUSMAN
    - Pelet seduh Djempol Premium Amis Cristal (warna pack mirip sachet kopi... wkekekekek)
    - adunan martabak manis.... bisa beli atau minta ke tukang martabak manis saat tutupan lapak... karena ada adonan sisanya yg ngga kepake.

    cara buat:
    cara1 : Adonan martabak ini kita masukkan kedalam kantong plastik ukuran 1kg. masukkan bubuk pelet seduh kira-kira 2 sdm.... aduk/kocok rata bila terlalu kental bisa tambahkan air sedikit demi sedikit.... lalu dikukus.
    cara2 : Adonan martabak yg sudah di masukkan keplastik di kukus dahulu. setelah matang di lumat/uleni bersama bubuk pelet (tuangkan pelet sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan (ingat jangan terlalu banyak karena umpan akan jadi keras)... aduk sampai kalis atu kekenyalannya sudah sesuai keinginan.

    32. Umpan Ebi om BUSMAN
    - pelet merah butir besar (pakan ikan koi) kira2 1 gelas belimbing.
    - ebi 1 sdm

    caranya:
    garang ebi hingga matang (keluar aromanya) lalu gerus/tumbuk biar halus. Sementara itu rendam pelet merah dengan air panas secukupnya, lalu bejek hingga kalis.... lalu masukan bubuk ebi kedalam campuran pelet merah. Selamat mencoba.

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris
    Reply With Quote Reply With Quote   Share with Facebook

  6. lucky10's Avatar
    lucky10 is offline RegularFishy lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future
    Real Name
    YOKA
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    Depok , Jawa Barat
    Posts
    1,097

    @ om 18181: wah kl masih belajar mah saya ...kalau 1818 mah dah suhu
    @Om sigit : Monggo om ditambahin ...ajak sekalian suhu-suhu yang lain

    ane sendiri juga mo tambahin lagi :

    33.Umpan Merah

    - Pelet ikan Mas koki 1/2 gelas plastik kemasan Air mineral
    - Bloodworm 3 tetes / bisa diganti minyak ikan 5 tetes
    - bubuk cacing kalung ( jemur / sangrai 1 genggam cacing kalung sampai kering kemudian haluskan )
    - Essence Pisang Ambon 2 tetes

    cara buat :

    pelet ikan Mas koki diseduh pakai air panas /hangat ditambahkan blodworm dan esence pisang ambon ..uleni sampai umpan siap lempar

    Hasil uji coba umpan ini cocok di cuaca panas dan kondisi air kolam bagus tidak hijau pekat
    Reply With Quote Reply With Quote   Share with Facebook

  7. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    9,852

    Quote Originally Posted by lucky10 View Post
    @Om sigit : Monggo om ditambahin ...ajak sekalian suhu-suhu yang lain
    iya nih...
    mana yah si datuk Rushday dan Wongcerbon...??? yg biasa nongkrongin Bawal...
    apalagi si Rushday pernah nongkrong di kolam 18jam ngga pulang2... (kesian amat ya bininya...???) xixixixixi

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris
    Reply With Quote Reply With Quote   Share with Facebook

  8. joran kuning's Avatar
    joran kuning is offline RegularFishy joran kuning is a jewel in the rough joran kuning is a jewel in the rough joran kuning is a jewel in the rough joran kuning is a jewel in the rough
    Real Name
    Erri...
    Join Date
    Aug 2009
    Location
    Bogor Pinggir (Bumi Mutiara)...
    Posts
    314

    Om Lucky....

    Tambah semangat neh ke empang ...
    " Pemancing berjoran kuning"
    Reply With Quote Reply With Quote   Share with Facebook

  9. gentur_blacklotus's Avatar
    gentur_blacklotus is offline RegularFishy gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future gentur_blacklotus has a brilliant future
    Real Name
    Gentur
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Jatiwaringin..jakarta
    Posts
    6,674

    Quote Originally Posted by sigit_susilo View Post
    iya nih...
    mana yah si datuk Rushday dan Wongcerbon...??? yg biasa nongkrongin Bawal...
    apalagi si Rushday pernah nongkrong di kolam 18jam ngga pulang2... (kesian amat ya bininya...???) xixixixixi
    Ralat sedikit oms ... bukan nongkrong 18 jam di empang tetapi 3 hari 2 malem ... he3x
    08881901217
    Reply With Quote Reply With Quote   Share with Facebook

  10. lucky10's Avatar
    lucky10 is offline RegularFishy lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future lucky10 has a brilliant future
    Real Name
    YOKA
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    Depok , Jawa Barat
    Posts
    1,097

    Quote Originally Posted by joran kuning View Post
    Om Lucky....

    Tambah semangat neh ke empang ...
    @Om Joran Kuning : harus semangat om

    ane tambahin lagi ;

    34. ulet daun warna hijau tanpa bulu ( di pemancingan SS : 1 ekor ulat bisa buat narik ikan rame 4 dan 1 ekor ikan induk )
    35 .ulet pohon mengkudu / pace
    Reply With Quote Reply With Quote   Share with Facebook

+ Reply to Thread
Page 1 of 23
1 2 3 4 5 6 11 ... LastLast

Similar Threads

  1. Kumpulan Umpan Galatama Mas / Essen
    By kompeni in forum FishyBait
    Replies: 696
    Last Post: 07-04-2014, 15:03
  2. Replies: 356
    Last Post: 04-03-2014, 22:33
  3. galatama bawal umpan NON racik
    By kocu in forum FishyIntro
    Replies: 0
    Last Post: 06-05-2010, 23:29
  4. Ask: Umpan galatama bawal
    By bams camar in forum FishyBait
    Replies: 1
    Last Post: 26-03-2010, 11:41
  5. umpan galatama bawal
    By bams camar in forum FishyIntro
    Replies: 2
    Last Post: 26-03-2010, 01:51

Tags for this Thread

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts