Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Ask : Umpan Cenil

  1. handy_ang's Avatar
    handy_ang is offline RegularFishy handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold
    Real Name
    Handy Anggawidjaja
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Balikpapan
    Posts
    424

    Ask : Umpan Cenil

    Salam kenal,

    Para suhu fresh water, saya mohon beberapa petunjuk untuk umpan cenil galatama sbb ;

    1. Apa ada aturan penggabungan essen, misal "essen A" harus digabung dengan "essen B", atau "essen C" tidak boleh digabung dengan "essen D" ?, yg bisa bikin baunya jadi nggak karuan.

    2. Apa setiap oplosan harus terdiri dari essen dan pasta?

    3. Umpan apa yg bagus untuk kondisi kolam keruh dan kehijauan...?

    Sabtu kemarin, baru pertama kalinya saya mancing di galatama, itupun diajak teman dan umpan dibuatkan , mancing di galatama memang kayak raja (semua dilayani) gak spt mancing di laut (self service).
    Apa benar ada mitos (utk pemula), biasanya selalu menang pada awal2 ikut galatama, spt yg dialami beberapa teman saya, termasuk saya sendiri (cuma master no.2 sih), ini bisa jadi pertanyaan keempat

    thanks sebelumnya...
    Handy.
    08125857912

    [I][EMAIL="www.borneofishingclub.com"][URL="http://www.borneofishingclub.com/"][I]www.borneofishingclub.com[/I][/URL][URL="http://www.borneofishingclub.com"]
    [/URL][/I][/EMAIL]

  2. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    9,848

    1. Penggunaan essen atau pasta memang sudah seperti wajib untuk para mania mancing GT.
    Pencampuran essen/pasta dalam satu umpan pada dasarnya adalah intuisi/feeling dari yg membuatnya (kedi atau pemancing itu sendiri).
    kalo saya biasanya di usahakan tidak lebih dari 6 macam essen/pasta... kalo bisa lebih simpel itu lebi baik.
    Kenali karakateristik setiap essen sehingga saat mencampurnya tidak terjadi bentrok atau essen yg berkarakteristik sama/mirip.
    misal: choya = kerupuk, seafood = sarilaut, durian >< strowberi, sereh >< melati >< garlic, dll.

    Yang harus di cermati adalah hasil akhir.... apakah menjadi umpan wangi ; umpan amis ; atau amis wangi.

    2. Setahu saya oplosan itu tersdiri dari essen... sedangkan pasta hanya lebih kepada nuansa warna saja... karena aroma essen lebih kuat daripada pasta.

    3. info kolam kurang lengkap....(arus/siklus air (air mati atau mengalir, blower, sumber air (kali, mata air, air tanah, air limbah dll), kondisi air berminyak atau tidak, berbau atau tidak dll....????
    Dipakai di siang hari, sore atau malam hari...???
    Resep2 umpan sudah banyak di bahas di fishybait... silahkan Searching atau mampir.

    4. hehehehe.... itu mitos...!!! tergantung kita mencermatinya. Kalo saya pribadi sih lebih percaya dengan kehendak yang di Atas....

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  3. kompeni's Avatar
    kompeni is offline RegularFishy kompeni has a spectacular aura about kompeni has a spectacular aura about kompeni has a spectacular aura about
    Real Name
    sidoel ericsson
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Rotterdam - Belanda
    Posts
    2,388

    Emang ada benarnya juga tuh MITOS, biasanya buat orang yga baru mulai maancing GALATAMA di kasih juara dulu..... Fungsinya : agar itu orang menjadi ketagihan Galatama dan balik lagi untuk mancing galatama selanjutnya...
    Dan kalau sudah kecanduan Galatama baru dah BONCOS-nya datang dan bikin penasaran untuk terus mancing lagi dan lagi........

    Ngomong2 : Hati-hati dah kalau sudah kenal dengan yg namanya MANCING GALATAMA bisa Amblas duit.... apalagi kalau cuma jadi kuli dikantor.
    Jangan terlalu sering Galatamaan kalau modal pas-pasan........bisa-bisa tinggal celana kolor doang nanti......... jiakakakakakakkkk.

    Kalau kayak kang SIGIT_SUSILO, KANG ITO, KAKANG, M-BEI, MAY-CHAN mah wajar ikut Galatamaan, karena mereka duitnya gak abis-abis.

    Pesan : Gak ada seorangpun bisa kaya karena mancing (Galatama) TAPI yg bangrut karena mancing banyak. believe it or not....itu urusan anda.

    salam,
    sidoel
    Pemancing harian / kiloan.
    http://k0mpeni.webs.com
    It's all about Fishing Information

  4. May-Chan's Avatar
    May-Chan is offline RegularFishy May-Chan will become famous soon enough May-Chan will become famous soon enough
    Real Name
    Indra Rukmana
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    807

    Quote Originally Posted by kompeni View Post
    Emang ada benarnya juga tuh MITOS, biasanya buat orang yga baru mulai maancing GALATAMA di kasih juara dulu..... Fungsinya : agar itu orang menjadi ketagihan Galatama dan balik lagi untuk mancing galatama selanjutnya...
    Dan kalau sudah kecanduan Galatama baru dah BONCOS-nya datang dan bikin penasaran untuk terus mancing lagi dan lagi........

    Ngomong2 : Hati-hati dah kalau sudah kenal dengan yg namanya MANCING GALATAMA bisa Amblas duit.... apalagi kalau cuma jadi kuli dikantor.
    Jangan terlalu sering Galatamaan kalau modal pas-pasan........bisa-bisa tinggal celana kolor doang nanti......... jiakakakakakakkkk.

    Kalau kayak kang SIGIT_SUSILO, KANG ITO, KAKANG, M-BEI, MAY-CHAN mah wajar ikut Galatamaan, karena mereka duitnya gak abis-abis.

    Pesan : Gak ada seorangpun bisa kaya karena mancing (Galatama) TAPI yg bangrut karena mancing banyak. believe it or not....itu urusan anda.

    salam,
    sidoel
    Pemancing harian / kiloan.
    duit kgk abis2 lah krn lbh byk setor tunai drpd tarik tunainya. Hehehe..
    Gak mancing sehari hatiku terasa hampa.
    ...
    085780524353

  5. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    9,848

    Quote Originally Posted by kompeni View Post
    Kalau kayak kang SIGIT_SUSILO, KANG ITO, KAKANG, M-BEI, MAY-CHAN mah wajar ikut Galatamaan, karena mereka duitnya gak abis-abis.

    Pesan : Gak ada seorangpun bisa kaya karena mancing (Galatama) TAPI yg bangrut karena mancing banyak. believe it or not....itu urusan anda.

    salam,
    sidoel
    Pemancing harian / kiloan.
    wakakakaka.... paragraf 1, gue ngga termasuk kaleeee
    paragraf 2, setubuh bangeeeetttt....!!!

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  6. den_bagong is offline RegularFishy den_bagong is on a distinguished road
    Real Name
    eko sudharto
    Join Date
    Jul 2009
    Location
    pekanbaru
    Posts
    71

    Quote Originally Posted by kompeni View Post
    Emang ada benarnya juga tuh MITOS, biasanya buat orang yga baru mulai maancing GALATAMA di kasih juara dulu..... Fungsinya : agar itu orang menjadi ketagihan Galatama dan balik lagi untuk mancing galatama selanjutnya...
    Dan kalau sudah kecanduan Galatama baru dah BONCOS-nya datang dan bikin penasaran untuk terus mancing lagi dan lagi........

    salam,
    sidoel
    Pemancing harian / kiloan.
    wah oom ane kurang setuju neh, buktinya waktu ke jakarta sama mbah gentur ane diracunin galatamaan di arwana, kok gak juara.... hayoooo..... malah ane pada pegel2 nggentakin ikan babon mulu.... tapi emang sih bikin ketagihan pengen pegel2 lagi..... malah ane diancem kalo ke jakarta lg pengen diracunin galatamaan patin di TL.... hiiiiiiiii........ jadi pengen dunk...

  7. handy_ang's Avatar
    handy_ang is offline RegularFishy handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold
    Real Name
    Handy Anggawidjaja
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Balikpapan
    Posts
    424

    Quote Originally Posted by sigit_susilo View Post
    3. info kolam kurang lengkap....(arus/siklus air (air mati atau mengalir, blower, sumber air (kali, mata air, air tanah, air limbah dll), kondisi air berminyak atau tidak, berbau atau tidak dll....????
    Dipakai di siang hari, sore atau malam hari...???
    Resep2 umpan sudah banyak di bahas di fishybait... silahkan Searching atau mampir.
    Thanks atas infonya, namanya juga baru sekali2nya ke kolam, jadi gak terlalu perhatikan kondisi kolam, cuma yg bisa saya ingat ;
    1. Ukuran kolam sekitar 50 x 30 meter, dengan lapak 2 x 26
    2. Tidak ada aliran air keluar/masuk
    3. Pakai Blower 3.
    4. Sepertinya tampungan air hujan
    5. Air tidk berminyak dan tdk bau
    6. Warna air kehijauan dan agak keruh.
    7. Sesion I jam 16.30-20.30, sesion II 21.00-01.00

    sebelum sy buat thread ini, saya juga sudah baca semua thread di fishybait, khusus galatama, semua formula dr kang sigit, raja sereh dll.. sdh sy catat di kamus sy . Cuma saya minta saran aja dr kang Sigit dgn kondisi kolam ditempat saya..., thks
    Handy.
    08125857912

    [I][EMAIL="www.borneofishingclub.com"][URL="http://www.borneofishingclub.com/"][I]www.borneofishingclub.com[/I][/URL][URL="http://www.borneofishingclub.com"]
    [/URL][/I][/EMAIL]

  8. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    9,848

    opini pribadi ya:

    sirkulasi kurang baik karena kurang oksigen... blower pastinya hanya di gunakan saat bertanding... ikan akan banyak berkumpul dekat blower. ketika blower mati ikan akan enggan makan.

    coba pake umpan agak mneyengat, lebih mengarah ke amis wangi.
    ada beberapa resep yg diperkirakan akan jalan:
    - http://www.fishyforum.com/fishyfresh...-malam-ok.html (buat ikan rame)
    - http://www.fishyforum.com/fishyfresh...sa-dicoba.html (buat ikan babon)
    - http://www.fishyforum.com/fishyfresh...-galatama.html (ikan rame + ikan babon)

    .... mungkin rekan2 yg lain bisa sharring pengalamannya.
    Last edited by sigit_susilo; 06-10-2009 at 15:41.

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  9. handy_ang's Avatar
    handy_ang is offline RegularFishy handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold
    Real Name
    Handy Anggawidjaja
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Balikpapan
    Posts
    424

    Thanks kang Sigit,

    Ntar akan saya coba, dan saya modifikasi sendiri di lapangan, dan kalo bagus hasilnya akan saya post lagi.

    Satu hal lagi, untuk ikan merah apa ada ramuan tersendiri? thanks
    Handy.
    08125857912

    [I][EMAIL="www.borneofishingclub.com"][URL="http://www.borneofishingclub.com/"][I]www.borneofishingclub.com[/I][/URL][URL="http://www.borneofishingclub.com"]
    [/URL][/I][/EMAIL]

  10. metzad's Avatar
    metzad is offline RegularFishy metzad is a splendid one to behold metzad is a splendid one to behold metzad is a splendid one to behold metzad is a splendid one to behold metzad is a splendid one to behold metzad is a splendid one to behold metzad is a splendid one to behold
    Real Name
    SLAMET
    Join Date
    Oct 2005
    Location
    Tuban - Madura
    Posts
    913

    Quote Originally Posted by sigit_susilo View Post
    opini pribadi ya:

    sirkulasi kurang baik karena kurang oksigen... blower pastinya hanya di gunakan saat bertanding... ikan akan banyak berkumpul dekat blower. ketika blower mati ikan akan enggan makan.

    coba pake umpan agak mneyengat, lebih mengarah ke amis wangi.
    ada beberapa resep yg diperkirakan akan jalan:
    - http://www.fishyforum.com/fishyfresh...-malam-ok.html (buat ikan rame)
    - http://www.fishyforum.com/fishyfresh...sa-dicoba.html (buat ikan babon)
    - http://www.fishyforum.com/fishyfresh...-galatama.html (ikan rame + ikan babon)

    .... mungkin rekan2 yg lain bisa sharring pengalamannya.
    Kang Sigiiiiiittt........ada yang salah tuch.
    Description no.1 kebalik dengan yang no.2.....he3
    Health Body Is Important for Happy Fishing
    =================================
    Mancing Tetap Hobby, Bodybuilding Jalan Terus

    ---------- ooooo OOO ooooo ----------

    (Persahabatan Harus Selalu Terjalin, Meskipun Tidak Saling Temu Muka)



    The Really Striker at The World

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Kursus kilat membuat umpan jitu
    By bam_gdar in forum FishyBait
    Replies: 54
    Last Post: 15-01-2009, 20:01
  2. Umpan Kentang Bundar
    By bam_gdar in forum FishyBait
    Replies: 59
    Last Post: 01-01-2009, 21:07
  3. Umpan Putih "Tahu China"
    By bam_gdar in forum FishyBait
    Replies: 26
    Last Post: 19-12-2008, 21:53
  4. Report Umpan jagung vs ikan salem
    By awaludin_arif_sujatmoko in forum FishyReport
    Replies: 10
    Last Post: 04-12-2008, 15:38

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts