Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 15

Thread: Umpan Pelet

  1. doni suryantoro is offline RegularFishy doni suryantoro is on a distinguished road
    Real Name
    doni suryantoro
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Bojonggede Bogor
    Posts
    56

    Umpan Pelet

    Mo tanya nih... mungkinkah kita pake bahan dasar dari pelet yang bulet2 kecil2 itu? karena kan biasanya pelet digunakan oleh peternak ikan untuk ngasih makan ikan2nya. Nah bukan tidak mungkin ikan2 yang diberi pelet itu mampir di kolam tempat kita mancing..

    So, ada tidak resep dari pelet?

    Terima kasih buat petunjuk dari para suhu........

  2. bam_gdar's Avatar
    bam_gdar is offline RegularFishy bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all
    Real Name
    `*Bhembenk*
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Jkt Sltn
    Posts
    1,959

    Good Quation...!!!

    kalau ngomongin soal pelet kasar (pakan ikan mas kasar) ane jd inget dulu saat mancreng di daerah Sukabumi kebetulan ada kolam/empang ikan di sana...ane dulu masih mempergunakan pelet kasar buat acuan mancreng...dng modal beberapa bungkus kecil pelet kasar ane sudah bisa mancreng ikan mas + nila...!!!tuk ramuannya spt dibawah ini :
    Bahan2nya :
    - 5 bungkus pelet cap pak tani mancreng (tahu namanya apa cuma gambarnya begitu) or pelet campuran belut
    - 2 kuning telur ayam negeri
    - susu 1 sendok
    - Kinoy 1 bungkus
    Caranya :
    Ambil baskom...pelet kasar ditaruh di baskom...dicampurkan air panas sampai lembek..aduk2 sampai dingin...campurkan 2 telur (kuningnya saja) aduk sampai merata + campurkan 1 sendok susu bubuk...!!!aduk lagi sampai mencampur semua...baru pengerasnya di pake kinoy...umpan sudah jadi...!!dulu mah ngak pake acara campuran kroto segala...yg penting bisa mancreng and happy...!!

    Ane dulu sering pake nich ramuan buat mancreng ikan mas + nila di kolam...hasilnya lumayan banyak..!! tapi setelah mengenal banyak kolam pemacingan and tanya kiri-kanan pemacing...akhirnya penggunaan campuran pelet dach ane tinggalin..cuma kalau mau mancreng di kolam lagi ane bikin lagi spt ramuan diatas...!!!

    Begitu saja...mungkin teman2 ada yg mau nambahin..!!!
    .,,.uma Pmng Kt`.,,.
    ~~~~~~~ --------------------- ~~~~~~~

  3. Yusack is offline RegularFishy Yusack is on a distinguished road
    Real Name
    Yusack
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Majalengka
    Posts
    5

    napa ninggalin pelet bro... apa klu make dasarnya pelet umpannya kurang manjur??? sori nih nubie...

  4. bam_gdar's Avatar
    bam_gdar is offline RegularFishy bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all
    Real Name
    `*Bhembenk*
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Jkt Sltn
    Posts
    1,959

    Quote Originally Posted by Yusack View Post
    napa ninggalin pelet bro... apa klu make dasarnya pelet umpannya kurang manjur??? sori nih nubie...
    Sebenarnya itu dulu waktu ane buat umpan dadakan buat mancreng ikan kolam...tapi sering juga sich ane kreasi umpan2 dng penggunaan pelet..apalagi sekarang ada pelet Kang Ito yg bagus2 baget...kapan2 ane mau buat umpan2 dng penggunaan bahan dasar pelet kang Ito buat umpan2 baru...!! sebenarnya ane sring juga lihat di pemancingan lomba pemancing menggunakan bahan dasar dng pelet coklat...memang ikan makan juga...tapi aroma and pencampuran bahan2 dasar tambahan lain yg ane belum kreasikan...!!
    .,,.uma Pmng Kt`.,,.
    ~~~~~~~ --------------------- ~~~~~~~

  5. piery's Avatar
    piery is offline RegularFishy piery is a glorious beacon of light piery is a glorious beacon of light piery is a glorious beacon of light piery is a glorious beacon of light piery is a glorious beacon of light
    Real Name
    Piery
    Join Date
    May 2007
    Location
    Balikpapan
    Posts
    400

    Kalau saya dulu,selalu menggunakan pelet 781-2(klo gak salah,produknya caroen pokphan) sbg bahan dasar umpan. Tapi untuk mempermudah,biasanya pelet saya selep/giling dulu dipasar

  6. Didi Afandy's Avatar
    Didi Afandy is offline RegularFishy Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future
    Real Name
    DIDI AFANDY
    Join Date
    Dec 2005
    Location
    Cawang,Jak-Tim.
    Posts
    6,640

    Resep umpan pelet ane nih..

    Kalau umpan pelet saya spt ini neh:

    -Pelet bulat super/bagus yg kiloan( 1 kg Rp4000-5000)beli ditempat penjual makanan burung/ayam
    -Susu bubuk/sachet Dencow
    -Tuna Deho
    -Tuna oil/tenggiri/Choya/Sari laut
    -kinoy/mie instan diblender biar halus,sebagai pengeras,diperlukan jika umpan terlalu lembek
    -Plastik kiloan(ukuran disesuaikan dgn banyaknya pelet)
    -gak pakai telur,telur mentah bikin cepat basi umpan.

    cara buat:
    -ambil pelet secukupnya,seduh dgn air panas(perlu diingat pada saat penyeduhan air jangan terlalu banyak,sedikit demi sedikit dulu,untuk mengatur kekenyalan pelet)sebelum diaduk diamakan dulu beberapa saat,baru kemudian diaduk,biasanya pelet akan mengembang jika terkena air panas tsb,aduklah sampai pelet tidak berbentuk bulatan2 lagi dan halus serta kenyal.

    -Ambil deho,buang minyaknya(takaran disesuaikan dgn banyaknya pelet)lalu aduk sampai halus dan merata dgn pelet yg sdh diseduh tadi

    -Ambil susu bubuk(takaran juga disesuaikan dgn banyaknya pelet)aduk lagi hingga merata

    -Tambahkan tuna oil/tenggiri/choya dll pokoknya yg beraroma amis,secukupnya juga disesuaikan dgn banyaknya pelet

    -kemudian lihat kondisi umpan tsb,terlalu lembek atau tidak jika lembek bisa tambahkan kinoy sampai umpan tsb didapat kekenyalan yg dibutuhkan,jikan umpan sdh dirasa cukup kekenyalannya bisa langsung dimasukan kedalam plastik kiloan tadi,kemudian kukus/rebus selama 30-40 menit

    -pada saat pemakaian,bisa juga ditotol pakai kroto super bisa juga tidak dan umpan selalu ditutup serbet agar tidak mengundang lalat(biang kerok umpan cepat basi neh)

    demikian Pak selamat mencoba.

    thank's
    DIDI AFANDY

    Born to Fish Forced to Work!

  7. bam_gdar's Avatar
    bam_gdar is offline RegularFishy bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all
    Real Name
    `*Bhembenk*
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Jkt Sltn
    Posts
    1,959

    Nich umpan sudah di coba dimana aja kang didi??apa kemarin di MBAU dicoba juga yah?? hihihih...perolehan ikan kemarin dpt brapa ekor kang??ampe jam brapa ente mancrengnya??
    .,,.uma Pmng Kt`.,,.
    ~~~~~~~ --------------------- ~~~~~~~

  8. Didi Afandy's Avatar
    Didi Afandy is offline RegularFishy Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future
    Real Name
    DIDI AFANDY
    Join Date
    Dec 2005
    Location
    Cawang,Jak-Tim.
    Posts
    6,640

    Quote Originally Posted by bam_gdar View Post
    Nich umpan sudah di coba dimana aja kang didi??apa kemarin di MBAU dicoba juga yah?? hihihih...perolehan ikan kemarin dpt brapa ekor kang??ampe jam brapa ente mancrengnya??
    neh umpan sdh dicoba dikolam pemancingan ciomas, bogor, dgn hasil tajir,trus dikolam pemancingan bunga jaya,cawang kompor(sekarang dah tutup/diurug)belakang rumah saya,dgn hasil tajir,pemancingan asgar cawang(sekarang juga dah tutup/diurug barengan dgn bunga jaya)trus pemancingan bang bali samping BNN,cawang dgn hasil lumayan waktu itu air kolamnya masih lumayan bagus,kalau sekarang kayak cendol,hijau kental.
    kemarin gak sempat bikin buat nyoba umpan ini di MBAU,total cuma 4 e,pita 2,rame 2,putus 1x,sampai jam 17.00 sekalian nunggu hujan berhenti.

    thank's
    DIDI AFANDY

    Born to Fish Forced to Work!

  9. bam_gdar's Avatar
    bam_gdar is offline RegularFishy bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all
    Real Name
    `*Bhembenk*
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Jkt Sltn
    Posts
    1,959

    Weleh...lumayan juga kang didi 2 ekor pita...itu umpan yg kang deppi bawa ke lapak ente di pake gak (umpan kuning ane) ??
    .,,.uma Pmng Kt`.,,.
    ~~~~~~~ --------------------- ~~~~~~~

  10. b3j0 is offline RegularFishy b3j0 is a jewel in the rough b3j0 is a jewel in the rough b3j0 is a jewel in the rough
    Real Name
    Jatmiko
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    302

    Ikutan sharing nih Bang Doni..Resep mancing ane jaman dulu dengan bahan dasar pelet.
    1. Pelet kiloan secukupnya (k.l. cukup buat seharian) diseduh air panas, diamkan sebentar sampai mekar, baru diaduk/diadonin sampai halus en agak kenyal.
    2. Ikan sardines kalengan (yg bagus sih merk botan, ikannya gede2). Cuci sampai sausnya bersih, boleh pake air dingin atau air panas. Sudah bersih buang tulangnya dan haluskan.
    3. Telur asin matang 1 biji. Serut halus pake serutan keju (semuanya aja..putih dan kuningnya)
    4. Tahap akhir campur bahan 1 & 2 aduk sampai rata, baru bahan 3 masuk agar telur tidak terlalu halus dan masih tersisa butiran2 putihnya seperti kroto. Tambahkan pengeras bila terlalu lembek.

    Biasanya umpan ini jalan di empang air coklat atau empang air jalan..
    Sekedar berbagi..bukan menggurui..hehehe.Semoga bermanfaat ya Bro..

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Umpan Super "Penyerap Sukma (PS)"
    By bam_gdar in forum FishyBait
    Replies: 200
    Last Post: 24-01-2009, 00:03
  2. Kamus gaul mancingers
    By japra in forum FishyTalk
    Replies: 5
    Last Post: 21-10-2008, 22:26
  3. Kumpulan Resep Umpan Joss
    By b3j0 in forum FishyBait
    Replies: 109
    Last Post: 23-04-2008, 10:10
  4. Membina Umpan di Kolam Galatama
    By kakang in forum Kolam Galatama
    Replies: 55
    Last Post: 01-02-2008, 23:20

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts