Closed Thread
Page 1 of 6
1 2 3 4 5 6 LastLast
Results 1 to 10 of 55

Thread: Kursus kilat membuat umpan jitu

  1. bam_gdar's Avatar
    bam_gdar is offline RegularFishy bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all
    Real Name
    `*Bhembenk*
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Jkt Sltn
    Posts
    1,959

    Kursus kilat membuat umpan jitu

    Salam Gentak buat rekan2 forum Fishy Forum.com
    Sudah banyak kawan2 di forum ff ini yng mengusulkan tuk diadakan kursus kilat mengenai pembuatan umpan jitu...tapi memang realisasinya susah2 - gampang...mendingan kita buat saja kursus kilat ala kadarnya or dadakan walaupun prakteknya harus di terapkan langsung di lapangan...!!

    Kursus kilat umpan ini di prioritaskan kepada umpan2 yang sering dipergunakan di kolam harian or lomba saja..non galartama, dikarenakan penggunaan umpan di arena lomba or harian sering di jumpai walaupun umpan galatama juga banyak dipakai di forum ini.

    Langsung saja kepada topik pembicaraan pembuatan umpan :
    Sebelum kita membuat suatu umpan tuk jenis ikan mas...terlebih dahulu kita harus memilih bahan dasar apa saja yg akan kita buat dlm pembuatan umpan...aroma umpan...warna umpan...agar dlm pembuatan umpan diusahakan umpan yg kita buat lebih sempurna and menghasilkan ikan2 yang banyak kita dapat baik tuk lomba or harian. Usahakan tuk pemilihan bahan dasar umpan kita prioritaskan yg utama...!!
    1. Pemilihan bahan dasar pembuatan umpan, pemilihan bahan dasarnya kita bisa pakai dng menggunakan umbi2an sperti :
    - Kentang


    - Jagung

    - Talas

    - Ubi

    - Singkong


    Dan lain-lain...!! semuanya gambar diatas adalah pemilihan bahan2 dasar pembentukan umpan yg akan kita buat...tuk pembentukan warna bisa dihasilkan dr warna bahan dasar tsb, misalkan : jagung...bisa memberntuk warna umpan menjadi kuning...ubi,singkong,talas dan kentang akan membentuk warna umpan menjadi putih.

    2. Setelah kita menentukan bahan dasar pembentukan and warna umpan...kita harus menambahkan bahan2 dasar yang lain..bahan2 dasar lain adalah tuk pembentukan aroma umpan...seperti dlm gambar dibawah ini :
    - Telur

    - Keju

    - Terigu / rosebrand

    - Susu dancow

    - Wasjmen
    - Pak'Ikin or Jasun

    Dalam pembentukan aroma umpan yang kita inginkan baik tuk umpan amis or wangi..pemakaian bahan2 dasar pembentukan aroma wangi adalah :
    - Daun Pandan

    - Essen

    Tuk pembentukan aroma amis kita bisa ambil dr ikan2 laut, seperti :
    - Ikan pisang2an


    - Ikan tongkol

    - Ikan Salmon

    - Ikan Kakap

    - Deho and ikan laut lainnya

    Setelah menentukan bahan2 dasar pembentukan aroma umpan kita juga harus menyediakan kroto sebagai pelengkap umpan yg gunanya adalah tuk penambah protein di dalam umpan kita, spt gambar dibawah ini :



    Selain bahan2 utama diatas...tuk pengeras umpan kita pakai indomie blender
    - Indomoe

    - Kinoy / Kutulampa

    Semua bahan2 diatas adalah bahan2 dasar pembentukan umpan yang akan kita buat yang harus kita sediakan dlm membuat umpan yg kita inginkan.

    Pengkukusan :
    - Alumunium Foil

    - Plastik kiloan

    - Alat kukus

    - Blender


    Semua gambar and penjelasan diatas adalah segala bentuk bahan2 pembuatan and pembentukan aroma & warna umpan..sekalian peralatan buat mengkukus and segalanya...semoga kursus kilat ini dpt menjadi panduan kita dlm pembuatan umpan yg jitu..!!

    SEMOGA ADA MANFAATNYA...!!
    Last edited by bam_gdar; 04-12-2008 at 13:43.
    .,,.uma Pmng Kt`.,,.
    ~~~~~~~ --------------------- ~~~~~~~

  2. roel's Avatar
    roel is offline RegularFishy roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future
    Real Name
    rully
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Bogor
    Posts
    2,699

    mantaf....

    and when it's over
    i know how it's gonna be
    and true love will never die
    no...not fade away........
    (van halen/balance album )

  3. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,250

    wah mantabs... mas bams. Makasih atas pencerahannya... sangat bermanfaat bagi saya yg pemula ini. info yg berguna untuk pemancing dan anak cucu nya. terus cara membuatnya gimana mas....????
    Last edited by sigit_susilo; 04-12-2008 at 15:07.

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  4. Djaphu's Avatar
    Djaphu is offline RegularFishy Djaphu is on a distinguished road
    Real Name
    Tommy
    Join Date
    May 2008
    Location
    Jakarta-Semarang
    Posts
    22

    bro ... semua bahan & alat udah jelas banget dijabarkan .. tinggal prosesnya bagaimana yaa ??
    lebih mantaf klo sekalian prosesnya dan tip ato klu biar jadi umpan yg sekali lempar langsung strike ..
    btw makasih bro inponya ..

  5. bam_gdar's Avatar
    bam_gdar is offline RegularFishy bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all
    Real Name
    `*Bhembenk*
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Jkt Sltn
    Posts
    1,959

    Sebenarnya memang ada jilid ke-II nya nich...tapi berhubung td ngaso dulu nulisnya...jd besok saja yah di lanjut hihihihi..tanggung dach mau pulang gawe...!!
    .,,.uma Pmng Kt`.,,.
    ~~~~~~~ --------------------- ~~~~~~~

  6. Tonny-arexs'sby's Avatar
    Tonny-arexs'sby is offline RegularFishy Tonny-arexs'sby is on a distinguished road
    Real Name
    Tonny WK
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Depok-Kaltim-Kalbar-Indonesia
    Posts
    313

    Bravooooo....."ff"....!!!!

    Wah...Wah...Wah...emang ga salah and sungguh sangat beruntung bisa ikutan sharing di forum ini begitu cepat and gamblang cara para "SUHU" memberikan "ILMU AND PENGALAMAN" mereka kepada kita2 para pemancing pemula (cuma sayang nya ko ga di praktek kan langsung dgn cara bikin nya ya kan lebih siiib...hehehehe...maaf mas Bam canda) btw sungguh ini pun sudah sangat membantu mereka2 yg pingin jadi members tp ga bisa-bisa(krn emang ssh reg.nya/membingungkan) SALUT buat mas Bam yg dah mau repot2(mencet2 keybord...ati2 lho mas jgn ampe tangan keriting kecapean hehehe....) kasih resep JITU nya
    banyak amal (sering kasih resep umpan) banyak juga rejekinya mas Bam....
    oya kapan bisa mancing bareng ya mas...?(biar ketularan jenius nya gitu loh...)

  7. Tonny-arexs'sby's Avatar
    Tonny-arexs'sby is offline RegularFishy Tonny-arexs'sby is on a distinguished road
    Real Name
    Tonny WK
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Depok-Kaltim-Kalbar-Indonesia
    Posts
    313

    Tengkyu kang....

    Kang SIGIT thank's ya atas informasi nya yg waktu ntu by phone
    ternyata benar karena lupa pswrd nya jadi ga bisa ikutan...PM....
    1X lagi makasih kang

  8. myro_myth's Avatar
    myro_myth is offline RegularFishy myro_myth is on a distinguished road
    Real Name
    Myro Radhita
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Depok
    Posts
    227

    Om Bams, mohon pencerahannya juga nih dari pemula,
    Untuk menambahkan bahan tambahan ke umpan kita harus tahu dulu fungsi dan kegunaannya bahan tsb, misalkan;
    1. kita menambahkan wisman sebenarnya fungsi dari wisman itu sebagai apa...apakah sebagai penguat rasa wangi...atau....
    2. tepung terigu, untuk apa...apakah supaya umpan tidak terlalu pera (adonan tidak terlalu keras).
    3. trus perbedaan kita pake telor bebek sama telor ayam, mengapa kita pake telor putihnya saja, atau kuning saja. apakah putih telur lebih cenderung untuk umpan amis atau sebaliknya....
    4. Vanilli, apakah sebagai pengganti daun pandan
    5. santan kara...dll
    maaf klo kebanyakan nanya, maklum masih belajar bikin umpan...

  9. roel's Avatar
    roel is offline RegularFishy roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future
    Real Name
    rully
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Bogor
    Posts
    2,699

    Quote Originally Posted by myro_myth View Post
    Om Bams, mohon pencerahannya juga nih dari pemula,
    Untuk menambahkan bahan tambahan ke umpan kita harus tahu dulu fungsi dan kegunaannya bahan tsb, misalkan;
    1. kita menambahkan wisman sebenarnya fungsi dari wisman itu sebagai apa...apakah sebagai penguat rasa wangi...atau....
    2. tepung terigu, untuk apa...apakah supaya umpan tidak terlalu pera (adonan tidak terlalu keras).
    3. trus perbedaan kita pake telor bebek sama telor ayam, mengapa kita pake telor putihnya saja, atau kuning saja. apakah putih telur lebih cenderung untuk umpan amis atau sebaliknya....
    4. Vanilli, apakah sebagai pengganti daun pandan
    5. santan kara...dll
    maaf klo kebanyakan nanya, maklum masih belajar bikin umpan...
    yg ini nih master masih nanya aja...hayo...di jawab sendiri, gw tunggu jawaban nya ya

    and when it's over
    i know how it's gonna be
    and true love will never die
    no...not fade away........
    (van halen/balance album )

  10. Peterson's Avatar
    Peterson is offline RegularFishy Peterson is a jewel in the rough Peterson is a jewel in the rough Peterson is a jewel in the rough
    Real Name
    P.Rintanto Jaya
    Join Date
    Dec 2007
    Location
    Depok One
    Posts
    314

    edaaann....jiper ane.....!?!
    bang ipul kita pulang aja yuk....!

    jgn lupa cari klaras yg byk ya bang..... buat ngukus empan besok...!?!
    sarden, pelet, ama daon sugi msh ada kan.....?

    mana tegek ane patah lg.....!
    eh.... ada yg punya bambu bks kranda gak.....?

Closed Thread
Page 1 of 6
1 2 3 4 5 6 LastLast

Similar Threads

  1. Umpan Jagung Kuning Keju Import
    By bam_gdar in forum FishyBait
    Replies: 20
    Last Post: 28-11-2008, 10:43
  2. Kumpulan Resep Umpan Joss
    By b3j0 in forum FishyBait
    Replies: 109
    Last Post: 23-04-2008, 10:10
  3. siapa tahu umpan jitu utk ikan mubara
    By blangkon2007 in forum FishyTrick
    Replies: 5
    Last Post: 05-02-2008, 08:56
  4. Artificial Lures: Umpan Buatan
    By h4n9 n4dim in forum FishyJig
    Replies: 1
    Last Post: 16-07-2007, 10:49
  5. Postingkan Umpan Galatama Anda ...!!!
    By metzad in forum FishyPond
    Replies: 37
    Last Post: 16-03-2007, 08:36

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts