Closed Thread
Results 1 to 10 of 10

Thread: (maaf) masih bingung soal umpan ikan mas

  1. ariefaja's Avatar
    ariefaja is offline RegularFishy ariefaja is on a distinguished road
    Real Name
    arief
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    110

    (maaf) masih bingung soal umpan ikan mas

    alo master2 fishypond, sesuai judulnya..masih bingung soal umpan khususnya utk umpan ikan mas..dari sekian banyak umpan yg telah di post disini, apakah ada umpan dasar (tanpa rasa dan aroma, tanpa melihat kondisi air/cuaca) jadi hanya merupakan umpan dasar(base bait), dan dari bahan apa saja bahan dasar tsb?(kalo yg saya baca disini, ada yg menggunakan kentang, singkong, ubi, dll) nanti tinggal ditambah berbagai bahan yg disesuaikan dengan kondisi air/cuaca/lain-lain.
    Satu lagi mengenai ttg sasaran/target dari umpan tsb...apa yg membedakan antara umpan utk ikan rame dengan ikan babon..? kalo difikir2, ikannya kan sama aja...(bener gak ya?) hanya ukuran dari ikan2 tsb yg berbeda. apa dengan berbedanya ukuran ikan2 tsb, berbeda pula selera dari ikan2 itu? dan hal itu memang terbukti dari report rekan2 disini...yg sudah membuktikan bahwa memang umpan2 tsb jitu utk ikan2 besar....
    (mohon maaf kalo penjelasan utk pertanyaan saya telah dipost disini..saya sembari nyari2 juga..hehhe..abis banyak banget booo...)

    btw, salut sekali lg utk master2 fishybait, yg bisa menggabungkan berbagai macam disiplin ilmu...saya yakin utk membuat umpan2 tsb bukan hanya sekedarnya saja, tapi melalui berbagai macam proses dan penelitian...

    keep inovative dan uptodate..

    salam,

    arief

  2. bam_gdar's Avatar
    bam_gdar is offline RegularFishy bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all
    Real Name
    `*Bhembenk*
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Jkt Sltn
    Posts
    1,959

    Sebelumnya salam kenal buat Kang Arif...walaupun ane masih newbie nich ane usahakan jawab sebisa and sewajar2nya yah hihihihi...!!!

    Ane mau cerita sedikit bagaimana asal - usul umpan dibuat
    Dahulu kala ikan mas hanya bisa dikonsumsi buat makan sehari2 saja...maka sesuai perkembangan waktu..ikan mas di budidayakan tuk kolam pemacingan. Ikan yang berada dlm kolam penakaran (spt di Cirata dll) hanya diberi makanan seadanya saja...bahkan hanya pelet doank...gunanya pelet disini tuk membuat ikan lekas besar and bisa dijual ke konsumennya...sampai2 dijual ke pihak pengelola pemacingan. Terciptanya umpan2 ikan mas tuk lomba or galatama ini hasil maha karya dr pemacing2 yg sering bereksperimen thd cara makan ikan mas and kegemaran ikan mas itu apa sich??? usut punya usut...ternyata ikan mas tuk kalangan lomba / harian sangat menggemari umpan2 yg berprotein tinggi..semakin bagus protein yg dikandung dlm umpan..semakin banyak ikan yg akan terangkat ke korangan kita...!! disini ada 2 (dua) perbedaan umpan...tuk kalangan lomba/harian..umpan biasanya di prioritaskan dng menggunakan pelet, umpan umbi2an dll..sedangkan tuk acara Galatama...prioritas umpan hanya dibolehkan dng umpan cendil saja...!!!
    Umpan tuk acara lomba/harian...pemacing sering membuat umpan dng 3 jenis umpan, yaitu :
    1. Umpan aroma wangi
    2. Umpan Amis
    3. Umpan Netral

    Ane jabarin nich jenis2 umpan diatas :

    Sebelum pemancing membuat umpan tuk acara lomba/harian..pemacing harus menentukan bahan dasar apa yg akan digunakan...bahan dasar tu umpan bisa didapat dari jenis2 umbi2an, spt : ubi, singkong, jagung, talas, dll. Setelah menentukan bahan dasarnya...pemacing menentukan bahan2 penambah aroma, bisa digunakan keju, susu, wajsmen, kara dll...setelah bahan penambahan aroma di tentukan...penambahan umpan yg ber protein lain..spt kroto...setelah kroto di dapat..makan umpan akan di hasilkan...bila umpan dipakai lembek..maka pemacing harus menambahkan lagi dng bahan pengeras umpan..bisa di dapat dr : kinoy, kutulampa or blenderan indomie.

    Setelah bahan2 dasar semua diatas sudah ditentukan and diperolah maka pemacing harus menentukan juga aroma umpan, warna umpan yg semuanya bisa dihasilkan dr pembuatan dari pembentukan umpan yg akan kita buat, maka terciptalah umpan2 tuk acara lomba/harian dng variasi and jenis umpan sebagai berikut :

    1. Umpan aroma wangi...umpan wangi dibentuk dr pemilihan bahan dasar dr jagung, ubi, singkong, tales dll dng penambahan bahan2 keju, susu, wasjmen, terigu, kuning/putih telur, kroto dll yang ditambahkan dng daun pandan and essense wangi lain yang setelah masa pengkukusan...umpan akan menghasilkan aroma wangi.

    2. Umpan aroma amis..umpan amis dibentuk dr pemilihan bahan dasar dr jagung, ubi, singkong, tales dll dng penambahan bahan2 keju, susu, wasjmen, terigu, kuning/putih telur, kroto dll yang ditambahkan dengan campuran amis dr ikan laut, deho dll setelah proses pegkukusan akan menghasilkan aroma amis.

    3. Umpan aroma netral...umpan ini hanya menggunakan bahan dasarnya saja tanpa menambahkan aroma wangi and aroma amis.

    Dari keterangan umpan diatas...banyak faktor2 menentukan apakah umpan yg kita punya bisa jalan/manjur di empang...!!
    Apa saja yg sangat berpengaruh thd umpan kita??

    1. Faktor Cuaca
    Faktor cuaca sangat berpengaruh sekali thp umpan yg kita buat..disaat hujan (air menjadi dingin) umpan favorit yg sering digunakan adalah umpan beraroma wangi. Cuaca sangat terik / panas umpan favorit yg sering digunakan oleh pemacing adalah umpan yg beraroma amis.

    2. Faktor keadaan air kolam (warna air)
    Faktor warna air kolam juga sangat mendukung apakah umpan kita bisa dimakan ikan or ngak...tuk air hijau or coklat...semua umpan biasanya ikan mas suka makan...cuma perbedaan air yg berwarna hijau and coklat adalah : bila air kolam berwarna hijau..berarti air jarang dikuras...umpan sisa bekas pemancing masih banyak yg tersisa di dasar kolam...kebanyakan ikan di air hijau makannya kurang bagus..umpan yg sering digunakan adalah umpan wangi and umpan amis juga bisa...bila air berwarna coklat...air yg berada di kolam sangat bagus...dikarenakan pengelola pemancingan sering mengganti air kolampemacingan...makan ikan sangat rakus sekali...umpan yg sering dipakai adalah umpan amis..!!

    3. Faktor Blower di pemacingan... blower sangat mendukung sekali dlm acara makan ikan...semakin bagus blower..umpan yg kita punya semakin banyak dimakan ikan.

    Sedangkan tuk acara lomba kolam galatama...umpan yg mengandung umbi2an spt diatas sekali tidk diperbolehkan...biasanya pengelola empang menganjurkan umpan yg terbuat dr cendil..di kolam galatama umpan cendil banyak menggunakan formula tambahan spt essense dll...!!

    Target ikan rame and ikan super / babon
    Didalam suatu acara lomba...kita menginginkan mengangkat ikan super/babon...kalau ikan rame dng penggunaan umpan diatas bisa kita dapat..ikan rame sangat rakus sekali makannya..sedangkan ikan super/babon selera makannya sangat feminim sekali...kadang2 cuma senggol spt angin...kadang2 plampung bergetar spt orng mabok saja..!!!

    Kalau kita mau menargetkan ikan super/babon..umpan yg sanhat digemari oleh ikan2 besar adalah umpan yg terbuat dr pemilihan bahan2 dasar dng menggunakan jagung..sering sekali pemacing mengangkat ikan besar/babon menggunakan umpan jagung...tapi itu semua tergantung dari kita mendapatkan lapak bagus yang terpenting adalah hokky or keberuntungan kita..!!

    Demikian penjelasan dr ane semoga puas..buat suhu2 mancreng yg lain bisa menambahkannya...bila ada kata yg salah mohon dimaafkan..!!
    Last edited by bam_gdar; 28-11-2008 at 14:00.
    .,,.uma Pmng Kt`.,,.
    ~~~~~~~ --------------------- ~~~~~~~

  3. ariefaja's Avatar
    ariefaja is offline RegularFishy ariefaja is on a distinguished road
    Real Name
    arief
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    110

    beeh...beeh...mantabb!! yg begini masih newbie... penjelasan yg sangat jelas sekali...trima kasih banyak mas bams..smoga tidak bosan2 memberikan pencerahan buat saya dan rekan2 yg masih newbie ini...btw, mancing dimana minggu ini..?


    salam..
    arief
    02191371723

  4. M-BEI's Avatar
    M-BEI is offline RegularFishy M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future
    Real Name
    Ki Demang Suraksomino
    Join Date
    Dec 2005
    Location
    Jakarta
    Posts
    5,474

    wah bos arief tidak salah tuh berguru sama bos gandar... saya aja ampe bingung mo komentar apa.... pokoke hanya kasih jempol aja buat beliau!!!

  5. bam_gdar's Avatar
    bam_gdar is offline RegularFishy bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all
    Real Name
    `*Bhembenk*
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Jkt Sltn
    Posts
    1,959

    Terima kasih kembali kanga arif..sebenarnya masih banyak pakar2 umpan di forum ini yg bisa menjelaskan lebih lengkapnya ane cuma memberikan penjelasan sesuai dng yg ane tahu saja...buat suhu2 mancreng and pembuat umpan yg handal spt kang mas m-bei, kang sigit, kang saiful, kang hari, kang arif, kang didi dll...bisa menjabarkan sesuai dng pengalaman and jam tempur di kalangan mancreng..apalagi kang mas m-bei..maestronya umpan and mancreng kawakan..ane saja berguru dr dia..muantab ramuan umpannya..!!! minggu ini ane ga tahu rencana mancreng dimana lagi nunggu gajian hihihihi...!!!!
    .,,.uma Pmng Kt`.,,.
    ~~~~~~~ --------------------- ~~~~~~~

  6. hariku19's Avatar
    hariku19 is offline RegularFishy hariku19 is a jewel in the rough hariku19 is a jewel in the rough hariku19 is a jewel in the rough hariku19 is a jewel in the rough
    Real Name
    Hariku k Pamungkas
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Bambu Apus
    Posts
    1,220

    Sy juga ..... kang arif mah baca sampe hafal betul penjelasan & penjabaran A-Z udah gitu print out resep umpan dari Pak bams ... sy aja udah berapa kali nih sy ngeprint out resep2 dari Pak bams,

    abis itu ajak Pak bams mancing bareng, traktir bareng dll ( jgn lupa ajak sy juga ).

    apapun yg diulas ama pak bams soal ikan mas, kolam, umpan dll percaya aja.......he...

    trus rencana kang arif mau mancing dimana sabtu/minggu ini, coba ke daerah TMII kali aja sy samperin plus se lapak bareng

  7. bam_gdar's Avatar
    bam_gdar is offline RegularFishy bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all
    Real Name
    `*Bhembenk*
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Jkt Sltn
    Posts
    1,959

    Quote Originally Posted by hariku19 View Post
    Sy juga ..... kang arif mah baca sampe hafal betul penjelasan & penjabaran A-Z udah gitu print out resep umpan dari Pak bams ... sy aja udah berapa kali nih sy ngeprint out resep2 dari Pak bams,

    abis itu ajak Pak bams mancing bareng, traktir bareng dll ( jgn lupa ajak sy juga ).

    apapun yg diulas ama pak bams soal ikan mas, kolam, umpan dll percaya aja.......he...

    trus rencana kang arif mau mancing dimana sabtu/minggu ini, coba ke daerah TMII kali aja sy samperin plus se lapak bareng
    trus rencana kang arif mau mancing dimana sabtu/minggu ini, coba ke daerah TMII kali aja sy samperin plus se lapak bareng <-- tapi kopi and makan siang gak bareng kan kang hari???wakakakak....(sorry guyon kang)..tapi kang arif bisa blajar dr kang hari ini...dia kalau sudah bikin umpan ampe ikan neter abizzzz...bizzz...bizzz tuch ikan di kolam...apalagi di kolam URINDO...tanya saja resep umpan yg dia biasa pakai..pasti dikasih dech (kl gak dikasih jng ajak kang hari buat mancreng bareng dlm 1 lapak tapi ajak ane saja yah kang wakakakak)
    .,,.uma Pmng Kt`.,,.
    ~~~~~~~ --------------------- ~~~~~~~

  8. ariefaja's Avatar
    ariefaja is offline RegularFishy ariefaja is on a distinguished road
    Real Name
    arief
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    110

    alo semua suhu2...

    @Kang M-BEI : jgn panggil saya bos dong kang...gak pantes..hehehe....wong saya kalo mancreng masih mikir2...(secara gak ada budgetnye dalam AD/ART)...

    @Kang Bams : Kalo suhu2 yg kang bams sebutkan itu emang gak perlu ditanya lg dah...masing2 punya ciri khasnya sendiri..ada yg sederhana tapi inovative, dan lain2.
    Sama kang...tar plg ngecheck ATM..hehehe..kalo dah keluar, sabtu/minggu maunya sih mancreng..(SIM bisa keluar gak ya?) ada kondangan juga lg..

    @kang Hariku19 : Bener kang hari, kalo perlu dibikin handbook..hehehe...
    itu dia kang...hehehe mo ngecheck tar pulang dah masuk belum ntu gaji...soalnya ada kondangan juga, temen merit...(nih org lg ane racunin mancreng jg neh..hehehe..waktu itu ampe ujan2an mancing di kabeda...)

    salam kompak selalu di udara....(hehehe)

    ariefaja

  9. dapp04's Avatar
    dapp04 is offline RegularFishy dapp04 has a spectacular aura about dapp04 has a spectacular aura about
    Real Name
    Dhafi Madalika
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Rawamangun, jak-tim
    Posts
    1,182

    Wellleeehhh... penjelasan dari mas Bam memang slalu bikin PUAS deh...
    Saya sampe Lemas... Nambah dong massss...
    Aduhhh... udah Horny nih ... Pengen Gentakkk
    Mesen Kroto dulu ahhh... mudah2an tukang sayur (langganan nyokap) bisa dapetin ikan pisang2....

    DaPp______

  10. 4dReNaLLiNe's Avatar
    4dReNaLLiNe is offline RegularFishy 4dReNaLLiNe is on a distinguished road
    Real Name
    Taufik
    Join Date
    May 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    53

    Mantaabbb ulasan umpanya mas bam...
    aye mau coba ah buat lomba tgl 7 nanti...
    mas bam, punya resep umpan jitu buat GT ikan mas di telaga mina atau di MBAU ga???
    Mohon diberi pencerahannya dunks...

    Thanks

Closed Thread

Similar Threads

  1. cara cara mancing di kolam
    By william in forum FishyPond
    Replies: 11
    Last Post: 07-08-2008, 09:03
  2. Spesies Ikan Endemis Makin Langka
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 6
    Last Post: 11-04-2007, 08:34
  3. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  4. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts