Closed Thread
Page 1 of 4
1 2 3 4 LastLast
Results 1 to 10 of 34

Thread: Ada yang tahu gak bahan dasar dr umpan jadi Pak'Ikin yg tersohor itu??

  1. bam_gdar's Avatar
    bam_gdar is offline RegularFishy bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all
    Real Name
    `*Bhembenk*
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Jkt Sltn
    Posts
    1,959

    Ada yang tahu gak bahan dasar dr umpan jadi Pak'Ikin yg tersohor itu??

    Rekan2 and pakar pancing di forum tercinta ini...kita sering and pasti mengenal umpan jadi yg sering kita beli di tempat pemancing yaitu umpan putih or kuning Pak'Ikin...apakah anda pernah menelusuri umpan pak'ikin itu terbuat dr bahan dasar apa????adakah info yg bisa memberitahukan and pencerahan soal umpan ini????

    Yang saya tahu sedikit berdasarkan beberapa referensi...umpan ini bahan dasarnya adalah talas and ramuan bahan2 yg lain...!!! and satu yg ak belum mengerti dr umpan ini...pekamaian kroto di umpan ini sangat halus sekali...apa benar yah??? ada yg tahu soal umpan Pak'Ikin???!!!!!
    .,,.uma Pmng Kt`.,,.
    ~~~~~~~ --------------------- ~~~~~~~

  2. kakang's Avatar
    kakang is offline RegularFishy kakang has a brilliant future kakang has a brilliant future kakang has a brilliant future kakang has a brilliant future kakang has a brilliant future kakang has a brilliant future kakang has a brilliant future kakang has a brilliant future kakang has a brilliant future kakang has a brilliant future kakang has a brilliant future
    Real Name
    Wawan Kurniawan
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Pondok Kelapa, Jakarta
    Posts
    6,024

    Kita tunggu pencerahan dari Kang Ito
    Pasti ngerti he.. he..

    Semoga Kang Ito sempat mampir kesini

  3. Kang Ito's Avatar
    Kang Ito is offline RegularFishy Kang Ito has much to be proud of Kang Ito has much to be proud of Kang Ito has much to be proud of Kang Ito has much to be proud of Kang Ito has much to be proud of Kang Ito has much to be proud of Kang Ito has much to be proud of Kang Ito has much to be proud of Kang Ito has much to be proud of
    Real Name
    Ito
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    955

    Quote Originally Posted by kakang View Post
    Kita tunggu pencerahan dari Kang Ito
    Pasti ngerti he.. he..

    Semoga Kang Ito sempat mampir kesini
    Sepanjang yang saya tahu dan info yang saya dapat.., bahan dasar umpan pak ikin adalah talas yg di campur dengan essen amis plus bahan pengawet (yg dirahasiakan)....Sedikit info kalau talas di giling memang akan menjadi halus dan lembut sekali..., apalagi di tambah sedikit tepung sagu........

    Untuk pencampuran kroto adalah relatif...tergantung pemancing sendiri.....
    Dari hasil ngobrol dan praktek dengan beberapa temen..., umpan pak ikin sebenarnya hanya bahan dasar campuran umpan...., karena hasil wangi, amis dsb pada umpan.., biasanya di dapat dari..,deho, keju, susu, atau katulampa....., jadi fungsi pak ikin disini hanya sebagai pengeras/penggumpal/pelengket dari semua bahan tersebut diatas..., yang sebetulnya bisa kita ganti dengan tepung mie instan yang di seduh dengan air panas...yang hasilnya menurut saya akan lebih kenyal dan lembut..., serta tidak gampang lepas saat di lempar maupun di dalam air yg cukup lama...(tidak memudar di dalam air)....
    Mohon maaf kalau saya salah..semoga dapat menambah info bagi temen-temen FF, ......ini hanya berdasarkan pengamatan dan hasil ngobrol dengan banyak pemancing yang sudah pro

  4. bam_gdar's Avatar
    bam_gdar is offline RegularFishy bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all
    Real Name
    `*Bhembenk*
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Jkt Sltn
    Posts
    1,959

    Hebat Kang Ito pencerahannya..makasih kang...dach dapet ilmu dr pakar umpan...sekali lagi terima kasih buat Kang Ito and Kang Wawan...info ini sangat berharga bagi kami yg masih awam dalam mengenai and ilmu dr pembuatan umpan...!!Tan'ks!!

    Satu hal lagi nich Kang Ito mau tanya maklum masih OOT..ak pernah bikin satu thread mengenai umpan dengan penggunaan talas ini...cuma hasil akhir dr umpan bikinan ak ini sedikit merekat sekali...
    Pertanyaan aku :
    Apakah penggunaan umpan tales yg ak kreasikan mengalami kendala dlm kerekatan itu karena kurang ditambah dengan sagu???

    Mohon sekali lagi Kang Ito pencerahannya..sebelumnya maturnuhun kang!!
    Last edited by bam_gdar; 14-05-2008 at 09:29.
    .,,.uma Pmng Kt`.,,.
    ~~~~~~~ --------------------- ~~~~~~~

  5. monyet's Avatar
    monyet is online now RegularFishy monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute
    Real Name
    ferry
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Sunter deket danau
    Posts
    9,435

    bahan pengawet (yg dirahasiakan)>> Kang Ito

    Rahasia opone Kang?? aku ngerti kok, namanya natrium / sodium benzoate ; pengawet kueh. Sebotol kecil palingan 4rebong, beli ajah di toko kueh. 1 adukan resep, kasih aja 1/2 sendok teh. Ciri benzoate : tanpa bau, tanpa rasa (netral).

    Pengawet lain : citric acid (asam sitrat): gak bisa dipake buat umpan, sesuai dengan namanya 'acid' = sifatnya asam.

    Kalo tipa pengawet laen ; mahal - gak bakal kenal di harga umpan. 3rebong kok pengen macem macem??

    Seperi apa kata Bozz Ito, umpan Pa Ikin mah lebih berfungsi sebagai 'pengikat' dari preparat utama umpan seperti deho, daging ikan, keju parut, sardencis, etc etc.... sedangkan 'pengeras' mah pake yg tipe bubuk seperti : katulampa, unyil, etc etc Begonoo lhooh pengalaman sayah, mangapin kalo salah....
    BAN MARINE AQUARIUM OWNERSHIP AND TRADING !!!

  6. bam_gdar's Avatar
    bam_gdar is offline RegularFishy bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all
    Real Name
    `*Bhembenk*
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Jkt Sltn
    Posts
    1,959

    Aplosss 10x buat Kang Ferry...ternyata selain jago gentak di GT kemarin...pengetahuan soal umpan ini bisa diandalkan....!!!Tank's Kang Ferry!!
    .,,.uma Pmng Kt`.,,.
    ~~~~~~~ --------------------- ~~~~~~~

  7. hariku19's Avatar
    hariku19 is offline RegularFishy hariku19 is a jewel in the rough hariku19 is a jewel in the rough hariku19 is a jewel in the rough hariku19 is a jewel in the rough
    Real Name
    Hariku k Pamungkas
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Bambu Apus
    Posts
    1,257

    betul kata pak ferry, sy yakin kalo pak'ikin itu menggunakan bahan pengawet sbb setiap sy ke toko pancing itu pak'ikin cuma di geletakin di wadah aja enggak dimasukkin ke lemari es ( walau ada sebagian ditarus disana ) tp menurut sy pengawet yg murah krn yg makan ikan jd enggak perlu pake pengawet yg mahal ntar harga jual si ikin itu jg mahal atuh.... hanya sy enggak tahu resep pak ikin itu,
    tp kalo perbedaan pak'ikin label merah dan ijo itu apa isinya jg beda ya ? gimana menurut pak Ito, pak ferry dan pak bambang ???

  8. monyet's Avatar
    monyet is online now RegularFishy monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute
    Real Name
    ferry
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Sunter deket danau
    Posts
    9,435

    yg label merah mahalan (4000?) yg ijo murahan dikit (3000), beda wanginya doank. Yg ijo lebih ke amis, merah lebih ke gurih. Mana yg lebih bagus?? relatif, tergantung pelbagai kondisi.

    Lagian beda ceceng ajah pengen beda jauh??.... mana mungkin?....... tapi kayaknya yg ijo lebih laku dech.

    sorry OOT : ada yg bisa bedain Katulampa asli / palsu??? GW BISAAAA!!!!
    BAN MARINE AQUARIUM OWNERSHIP AND TRADING !!!

  9. bam_gdar's Avatar
    bam_gdar is offline RegularFishy bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all bam_gdar is a name known to all
    Real Name
    `*Bhembenk*
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Jkt Sltn
    Posts
    1,959

    Setahu ak sich umpan jadi pak'ikin tuk lebel merah itu kombinasi warnanya kuning berarti pencampuran bahan2nya selain talas juga menggunakan bahan umbi2an + bahan2 yang mengacu pd umpan amis...sedangkan warna hijau itu cenderung tuk warna putih!!!
    .,,.uma Pmng Kt`.,,.
    ~~~~~~~ --------------------- ~~~~~~~

  10. Lucky Man's Avatar
    Lucky Man is offline RegularFishy Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of
    Real Name
    AGUS WIJAYA
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Cikarang, Bekasi
    Posts
    1,262

    Mo ikut nimbrung dikit ah............. saya pake umpan P'Ikin dan selama itu juga lumayan sampe beberapa kali bisa juara kalo lomba, menurut saya ( P'Ikin Biru ) adalah sebagai bahan dasar umpan yang akan kita buat ( bahan dasarnya kalo ngga salah talas sama umbi putih + sedikit ikan dll ) sedangkan bahan lainnya hanya pelengkap saja ( deho, susu, keju, telor dll ) dan saya biasanya pake P'Ikin ini tanpa bahan pengeras seperti kinoy kristal, katulampa, ato supermie.... karena pernah di coba hasilnya kurang baik... kenapa p'Ikin saya bilang sebagai bahan dasar karena seperti deho,susu, keju bisa di pake dengan bahan dasar umpan yang laen seperti Atang, jeos dll, sedangkan P'Ikin sendiri kalo di campur dengan bahan dasar yang laen kurang bagus juga ( saya pernah coba P'Ikin dengan atang, juga dengan yg lain ).dan setiap umpan ngga selalu klop ato cocok dengan bahan tambahannya ( deho dll ), contoh P'Ikin pake deho... ikan makannya bagus, sedangkan pake ikan mujaer...kurang bagus..... ini pengalaman saya he3..... maaf kalo beda pendapat ya..... buat semua master FF, Om Kakang, Om Ferry, Om Ito , juga Om Bambang juga yang laennya maaf ya
    Tetap Semangat

    [SIGPIC][/SIGPIC]


    DaPet IkAn SemanGat, gA daPeT iKan TaMbah SeManGat

    Lucky Man

    0817 6448534

Closed Thread
Page 1 of 4
1 2 3 4 LastLast

Similar Threads

  1. Kumpulan Resep Umpan Joss
    By b3j0 in forum FishyBait
    Replies: 109
    Last Post: 23-04-2008, 10:10
  2. Rod Type ?
    By Lucky Man in forum FishyTackle
    Replies: 9
    Last Post: 27-11-2007, 13:48
  3. Artificial Lures: Umpan Buatan
    By h4n9 n4dim in forum FishyJig
    Replies: 1
    Last Post: 16-07-2007, 10:49
  4. Marlin Pertamaku
    By Torani in forum FishyReport
    Replies: 47
    Last Post: 06-06-2007, 01:20
  5. Postingkan Umpan Galatama Anda ...!!!
    By metzad in forum FishyPond
    Replies: 37
    Last Post: 16-03-2007, 08:36

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts