Closed Thread
Page 2 of 4
FirstFirst 1 2 3 4 LastLast
Results 11 to 20 of 33

Thread: Umpan untuk ikan Bandeng

  1. juta's Avatar
    juta is offline RegularFishy juta is on a distinguished road
    Real Name
    jutahariadi
    Join Date
    May 2007
    Location
    Denpasar
    Posts
    35

    makasih atas masukannya p.indratoto dan p.pendi90. Akan saya coba entar kalau mancing lagi.Doain moga2 berhasil ya.

  2. neokia's Avatar
    neokia is offline RegularFishy neokia will become famous soon enough
    Real Name
    Martin
    Join Date
    Sep 2006
    Location
    Gorontalo
    Posts
    65

    ini sich cuma pengalaman saya dulu sekitar 2tahun lalu waktu masih aktif di kolam bandengan di surabaya, tepatnya di kolam Putri Kenjeran...
    Dulu umpan saya buat sendiri dari Pelet Apung yang bulat2 sama esen (terserah mau pake rasa apa, tapi saya paling suka rasa strawberry)
    cara buatnya gampang2 aja...
    kalo punya Tupperware lebih bagus...
    masukkan pelet di Tupperware 1/2 saja jangan penuh, soalnya nanti mengembang peletnya. abis itu masukkan air mendidih sampe rata pada peletnya. diamkan selama 15detik terus dibuang air nya, kemudian lekas tutup Tupperware nya. Diamkan hingga agak dingin (kalo saya biasanya sekitar 30menit), habis itu masukkan essen terus dikocok hingga merata...
    udah dech siap dipake...
    jadinya kan bulat2 agak keras dan kenyal2, jadi kalo masukkan ke mata pancing gampang....
    itu sich pengalaman saya...
    bisa dicoba...

  3. juta's Avatar
    juta is offline RegularFishy juta is on a distinguished road
    Real Name
    jutahariadi
    Join Date
    May 2007
    Location
    Denpasar
    Posts
    35

    thanks atas infonya NEOKIA. Mau saya coba saran Anda.

  4. kartono's Avatar
    kartono is offline RegularFishy kartono is a splendid one to behold kartono is a splendid one to behold kartono is a splendid one to behold kartono is a splendid one to behold kartono is a splendid one to behold kartono is a splendid one to behold kartono is a splendid one to behold
    Real Name
    Kartono
    Join Date
    Sep 2005
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,133

    Quote Originally Posted by neokia View Post
    ini sich cuma pengalaman saya dulu sekitar 2tahun lalu waktu masih aktif di kolam bandengan di surabaya, tepatnya di kolam Putri Kenjeran...
    Dulu umpan saya buat sendiri dari Pelet Apung yang bulat2 sama esen (terserah mau pake rasa apa, tapi saya paling suka rasa strawberry)
    cara buatnya gampang2 aja...
    kalo punya Tupperware lebih bagus...
    masukkan pelet di Tupperware 1/2 saja jangan penuh, soalnya nanti mengembang peletnya. abis itu masukkan air mendidih sampe rata pada peletnya. diamkan selama 15detik terus dibuang air nya, kemudian lekas tutup Tupperware nya. Diamkan hingga agak dingin (kalo saya biasanya sekitar 30menit), habis itu masukkan essen terus dikocok hingga merata...
    udah dech siap dipake...
    jadinya kan bulat2 agak keras dan kenyal2, jadi kalo masukkan ke mata pancing gampang....
    itu sich pengalaman saya...
    bisa dicoba...
    Itu peletnya untuk sekali pake atau bisa berulang ulang ? dikeringkan dulu apa dipake basah basah atau 1/2 kering
    Thanks atas infonya

  5. yomi's Avatar
    yomi is offline RegularFishy yomi is a jewel in the rough yomi is a jewel in the rough yomi is a jewel in the rough yomi is a jewel in the rough
    Real Name
    Yomi
    Join Date
    Sep 2006
    Location
    Indonesia
    Posts
    404

    mau nambahin dikit...
    kalo laut anginnya kenceng atau lagi males ke laut, tiap minggu saya biasanya ikut galatama bandeng di kampung laut semarang.. lumayan bandengnya sampe 2.8 kg... tarikannya maut..
    umpan yang dipake adalah roti tawar (saya suka merk Swiss - soalnya ulet sewaktu di dalam air dan nggak gampang ngeprul...) dan pelet (seperti pelet buat ikan koi)
    roti tawar dan pelet diberi esen. kalo yang pelet sih caranya sama dengan yang didescribe sama neokia.
    kalo roti tawar, cara buatnya gampang..
    roti tawar diberi esen (bermacam rasa ada pisang, strawberry, dll) seperti kalo kita membuat roti tawar pake mentega. biasanya saya buat rangkap 3. terus dipotong kotak2 ukuran kurang lebih 1 cm persegi. potongnya saya biasanya pake cutter biar rapi atau gunting...
    perlu juga kita buat semacam bom dari roti yang basi (biasanya disediakan panitia) dan kita tinggal pakai bomnya.
    nah pas mancing, biasanya pake kumis tiga, jarak antar kumis kira-kira 10 cm-15 cm. bandul bawah.
    cara masukin umpannya di kail, biasanya saya roti tawar dulu, terus ujungnya dikasih pelet... bom diletakkan tepat diatas bandul... (dikempal-kempal)
    bisa dicoba..manjur....terbukti beberapa kali menang..hehehe...
    Yomi
    yomi@indosat.blackberry.com


    “Give me a fish and you feed me for a day. Teach me to fish and i will sit on my boat drinking beer all day. Oh, I so wish somebody would teach me how to fish.”

  6. hendikch's Avatar
    hendikch is offline RegularFishy hendikch is on a distinguished road
    Real Name
    Hendi
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Perth, Australia
    Posts
    187

    setahu saya roti kering pak, atau roti tawar yang biasa juga bisa tapi belum pernah coba, cuma dari pengalaman kawan2 mancing aja

  7. TAWAH is offline RegularFishy TAWAH is on a distinguished road
    Real Name
    Dwi Saputra Ida Bagus
    Join Date
    May 2007
    Location
    Denpasar
    Posts
    17

    Mau nambahin juga nih....
    Kalau saya bikin umpan pakai pelet biasanya peletnya saya blender dulu sampai jadi tepung kemudian dicampur pakai telor kalu ada telor bebek ama essen (tdk pake air) spy gak gampang buyar kena air n mudah makenya.

  8. msukamto is offline RegularFishy msukamto is on a distinguished road
    Real Name
    Maulana Sukamto
    Join Date
    May 2007
    Location
    Bogor
    Posts
    57

    Hallo Bang Juta,

    Saya setuju dengan saran Bang Pendi, soalnya bandeng biasanya sih makan dari umpan yang biasanya ditebar ama yang punya empang dan kalau bisa sih ngambang.

  9. juta's Avatar
    juta is offline RegularFishy juta is on a distinguished road
    Real Name
    jutahariadi
    Join Date
    May 2007
    Location
    Denpasar
    Posts
    35

    Maksudnya ngambang itu umpannya ya? Udah saya coba pakai umpan pelet yang terapung malah tidak disenggol sama sekali tuh.

  10. neokia's Avatar
    neokia is offline RegularFishy neokia will become famous soon enough
    Real Name
    Martin
    Join Date
    Sep 2006
    Location
    Gorontalo
    Posts
    65

    Quote Originally Posted by kartono View Post
    Itu peletnya untuk sekali pake atau bisa berulang ulang ? dikeringkan dulu apa dipake basah basah atau 1/2 kering
    Thanks atas infonya
    nanti jadinya setengah kering...
    jadi biar gampang dimasukkan ke mata pancing..
    bisa dipake berulang2 asal disimpan di tupperware terus dimasukkan ke kulkas. jangan frezer..

Closed Thread
Page 2 of 4
FirstFirst 1 2 3 4 LastLast

Similar Threads

  1. Kekayaan Ikan Lokal dalam Proses Kepunahan
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 11-04-2007, 19:57
  2. Spesies Ikan Endemis Makin Langka
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 6
    Last Post: 11-04-2007, 08:34
  3. Postingkan Umpan Galatama Anda ...!!!
    By metzad in forum FishyPond
    Replies: 37
    Last Post: 16-03-2007, 08:36
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts