Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast
Results 1 to 10 of 22

Thread: Permasalahan-permasalahan pada kolam pemancingan

  1. sorko_ho's Avatar
    sorko_ho is offline RegularFishy sorko_ho is on a distinguished road
    Real Name
    Wien
    Join Date
    May 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    108

    Permasalahan-permasalahan pada kolam pemancingan

    Sebelumnya saya mohon maaf untuk Om Mod, jika judul dan isi dari thread ini sudah pernah dibahas sebelumnya...
    Jadi... saya ingin sharing, tukar pendapat, komentar dari teman-teman semua...dan saya rasa semuanya juga pernah merasakan ataupun mendengar masalah2 yang ada pada saat kita mancing....misalnya..."ikannya ngga makan, mungkin ikannya jelek"..."airnya kurang bagus, udah kotor, jadi ikannya ngga mau makan"...."airnya kurang dalem"....bla..bla.bla...mungkin masih banyak ladi dah...
    Nah mungkin dari para Mancingers semua nih ada komen ngga tentang hal ini, ataukah solusi mungkin.....

    Thanks

  2. ikuaku1's Avatar
    ikuaku1 is offline RegularFishy ikuaku1 is on a distinguished road
    Real Name
    IKU
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Balikpapan
    Posts
    101

    ikutan nimbrung ah, sekedar pendapat aja.

    Arahnya sepertinya yaitu siapa yg akan bertanggung jawab / atau yg berkompeten memberikan solusi pada setiap permasalahan.

    Pengelola / Siempunya = Yang "memberi" Services dan Policies.
    Pemancing = Mancing sesuai ketentuan si pemberi Services dan Policies.
    Kedi / Asset pengelola = Meladeni pemancing sesuai ketentuan si pemberi Services dan Policies.

    Kedi , Ikan, Kolam, beserta kelengkapan2 lainya = Asset Pengelola / siempunya.

    Kesimpulannya Sipengelola lebih dominan Pemegang Responsibility.
    Sorry pendapatnya sedikit ngawur.
    Don't blame Yourself for trying all those other lures

  3. saiful's Avatar
    saiful is offline RegularFishy saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future
    Real Name
    saiful
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    depok
    Posts
    3,326

    Om Wien punya pemancingan yach?????....

    Kl menurut ane yg masih rada oon.. permasalahan tersebut dpt teratasi jika pengelola mau mendengarkan masukan2 dr pemancing.. terutama utk keadaan kolam yach bukan peraturan, kl peraturan mutlak ditangan pengelola..
    dan lebih baik lg jika pengelola tersebut adalah pemancing juga (suka & ngerti mancing), kl cuma punya modal doang trus ga ngerti sama sekali ttg permancingan ga akan ada jln keluarnya masalah diatas, ikan ngambang diantepin aja....

    Gitu aja dl...namanya juga masih oon, jd pendapetnya rada2 aneh...mbacanya kudu pake imajinasi tinggi, kl ga...yach ga nyambung...heheheheh

  4. b3j0 is offline RegularFishy b3j0 is a jewel in the rough b3j0 is a jewel in the rough b3j0 is a jewel in the rough
    Real Name
    Jatmiko
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    302

    Iya Bro...mungkin masalah2 yang pernah anda temui diempang bisa diungkapin disini ya..kali aja ada FFers yang mau bikin empang bsa jadi acuan, biar lebih nyaman buat konsumen/pemancing..
    Misal...yang ane pernah alamin :
    1. Atap saung yang terlalu pendek.
    Jd tiap kali nggentak mentok mulu. Pernah matahin joran kesayangan soalnya..hiks hiks...
    Monggo rekan2 yg lain nambahin..

  5. HardiDidiDito's Avatar
    HardiDidiDito is offline RegularFishy HardiDidiDito is a jewel in the rough HardiDidiDito is a jewel in the rough HardiDidiDito is a jewel in the rough HardiDidiDito is a jewel in the rough
    Real Name
    Hardi Pramundito
    Join Date
    May 2009
    Location
    Jakarta - Tangerang
    Posts
    1,207

    cuma mengasih saran nih
    menurut saya sih dalem tidaknya kolam itu tergantung dari jenis ikannya..misalnya ikan mas kedaleman kolam seberapa..ikan bawal kedalemannya seberapa.
    dan masalah air kotor..kan tiap kolam ada pompa yang terus menyedot air dan mengisi kolam dengan air lagi..sehingga air berputar dan tidak kotor.
    dan masalah kenyamanan tmpt mancing..itu jg harus diperhatikan untuk kepuasan pelanggan(atau pemancing)..karena kepuasan pelanggan adalah segalanya..istilah pepatah..anda puas..kami lemas..hehehee
    sekian saran dari saya..kurang lebihnya tolong dilebihkan saja
    Last edited by sigit_susilo; 29-05-2009 at 13:05.

  6. sorko_ho's Avatar
    sorko_ho is offline RegularFishy sorko_ho is on a distinguished road
    Real Name
    Wien
    Join Date
    May 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    108

    secara pribadi sih saya ngga punya pemancingan....timbulnya uneg2 atau pertanyaan ini sih berasal dari temen2 pemilik pemancingan yang suka curhat sama saya...Nah kalau pendapat2 yang seperti Bang Saiful dan Bang Iku utarakan itupun juga sudah saya utarakan ke mereka dan merekapun sudah sering mendengarnya.
    Menurut ceritanya, mereka sepertinya justru kurang paham dengan kondisi air, bagaimana caranya mereka untuk tau kalau airnya kurang oksigen, air yang bagus seperti apa, trus sirkulasi air harus seperti apa,,,,paling yang mereka tau kalo kondisi air lagi kurang bersahabat, mereka kasih garam, itupun kadang2 berhasil kadang2 tidak......akhirnya mereka bingung sendiri..ha..ha..ha
    Ada komentar atau saran dengan hal ini.........
    Thanks

  7. saiful's Avatar
    saiful is offline RegularFishy saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future
    Real Name
    saiful
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    depok
    Posts
    3,326

    Emang sich kl dah bicara masalah air emang rada susah...kita ga tau kapan kondisi air lagi bagus dan kapan kondisi air jelek..krn kadang secara kasat mata warna air tdk berubah...tp kondisi ikan berubah total..yg kemarinnya makannya sangat bagus tiba2 hari ini tdk makan sama sekali...kl sudah seperti ini mungkin pemancing bisa mengukur kondisi air dgn kertas pengukur ph air (ga pernah lihat dipemancingan manapun)...plg banter cumen dikasih garem aja.

    Bisa juga ikan2 tdk makan padahal kualitas air pemancingan bagus, kendalanya bisa saja krn saat dipenampungan sementara kualitas airnya jelek, krn air dipenampungan sementara biasanya lebih sedikit & jumlah ikan yg banyak membuat ikan berhimpit2an dan membuat ikan menjadi lemas krn kekurangan oksigen.

    Pengelola pemancingan juga bisa melihat sumber air pemancingannya, kl dr air yg mengalir (kali yg airnya bersih) empang bisa dikuras total 2 bulan sekali & 1 bln sebelumnya air cukup dikurangi separonya aja.
    Jika sumber airnya dr mata air/ntuk atau hanya mengandalkan blower aja...pengurasan empang harus lebih sering lg, plg tidak 1 bln sekali....

    dan yg paling penting adalah jgn menguras empang dr pagi menuju siang, krn ikan sisa yg diempang akan kekurangan oksigen krn cuaca yg panas, kl bisa menguras empang saat siang menuju sore..ikan yg tersisa diempang tdk terlalu mabok, krn cuaca tdk terlalu panas lg....ini pengalaman dr tetangga yg suka nguras empang yg mo dijual kembali ikannya...kl salah mohon maaf & semoga bermanfaat

    satu lg, usahakan agar pemancing tdk membuang sisa umpan kedalam empang jika selesai mancing /ngebom terlalu banyak,,,krn sisa umpan yg tdk termakan akan membusuk dan akan merusak kwalitas air......Sotoy dikiiit...heheheheh

  8. sorko_ho's Avatar
    sorko_ho is offline RegularFishy sorko_ho is on a distinguished road
    Real Name
    Wien
    Join Date
    May 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    108

    Wah ada Pak Hardi sm Pak Jatmiko nih...maksih atas masukannya, mungkin ada lagi masukkannya...................

  9. b3j0 is offline RegularFishy b3j0 is a jewel in the rough b3j0 is a jewel in the rough b3j0 is a jewel in the rough
    Real Name
    Jatmiko
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    302

    Untuk membahas masalah air jelek yang bikin ikan kurang atau bahkan gak mau mkn..saya rasa byk faktor ya bro..mungkin dari
    1. kandungan oksigen yg berkaitan dgn sirkulasi air bgs apa kagak,
    2. sumber air dimana air empang berasal bersih apa kagak/tercemar limbah
    3. ada istilah air dah tua..krn udah kelamaan gak diganti/dikuras yg mungkin berhubungan ama PH air..
    4. biar rekan laen yg nambahin..
    Maap yak kalo ane lg rada sotoy..mohon koreksi kalo rada bener..hehehe..
    Nah, utk point ke4 saya ada cerita yg kyknya relevan nih....(tp dah lama kejadianya)
    Temen/tepatnya tetangga deh...ceritanya doi borong empang tp hanya boleh dipancing seharian, gak boleh dijaring/dikuras. harganya lumayan mahal 400k, tp krn temen liat ikan byk bgt..doi lsg se7 aja. singkatnya seharian doi boncos markocos gak dpt ikan krn ikan gak mau mkn sm sekali..ktnya tuh air emang dah kelewat kental campuran lumpur ama lumut kali, krn gak pernah diganti airnya.
    Terus doi cerita ama temennya yg bs dibilang seniornya dah..dan lsg tuh seniornya ngajak balik lg dan doi berani jamin ikan bakal disikat habis. Setelah deal dgn yg punya empang dan harganya msh sama 400k, acara mancing mulai. Dengan kondisi air yg msh sama ikan msh blm mau makan sampai yg punya empang pamit mo ngebun..Nah setelah si empunya pergi inilah cerita sesungguhnya dimulai..
    Ternyata doi bawa resep rahasia utk mengatasi ikan gak makan krn kondisi air kyk gini..tahu gak?????..... doi bawa ASAM CUKA.

    Tuh cuka diplastikin kecil2 byk..trus ditusukin/dibocorin baru dicemplung2in ke empang/disebar...efeknya Bro2 sekalian...tuh ikan seisi empang pada kesetanan makannya..bs dibilang gak kesisa tuh ikan diempang. Ampe yg punya empang sepulang ngebun linglung liat ikannya abis..
    Nah gitu Bro2 sekalian...mungkin cerita ini bs jd pelajaran buat kita
    Maaf kalo kepanjangan dan ada yg kurang berkenan..

  10. saiful's Avatar
    saiful is offline RegularFishy saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future
    Real Name
    saiful
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    depok
    Posts
    3,326

    Wawww...ilmu br nich.....mungkin utk teman2 yg punya pemancingan bisa di coba cara yg diatas...tp cukanya cuka apaan, apakah cuka warung yg botol2an atawa cuka lain?????

Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast

Similar Threads

  1. Kiat Popping di Kolam yang Ruame
    By hampala in forum FishyPond
    Replies: 17
    Last Post: 06-11-2007, 10:48
  2. Kolam Bawah Jembatan Krasak
    By hampala in forum FishyPond
    Replies: 7
    Last Post: 03-07-2007, 18:36
  3. Replies: 26
    Last Post: 12-03-2007, 13:05
  4. Kolam Pemancingan Ikan Laut
    By kudalaut in forum FishyTalk
    Replies: 35
    Last Post: 04-11-2006, 23:05
  5. BILA TUNA MASUK KOLAM
    By iim in forum FishyRonment
    Replies: 4
    Last Post: 03-09-2005, 11:22

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts